6 Cara Mengakali Sepatu Kebesaran untuk Mencegah Masalah pada Kaki Anda

0,0
01 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sepatu yang kebesaran dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kaki dan tubuh Anda secara keseluruhan. Jika Anda sudah terlanjur membeli sepatu yang kebesaran dan tidak bisa ditukar lagi, ada sejumlah cara mengakali sepatu kebesaran yang dapat dilakukan.Jika Anda sering menggunakan sepatu yang kebesaran, berikut adalah sejumlah risiko kesehatan yang bisa terjadi:
  • Jika kaki Anda terlalu banyak bergerak di dalam sepatu yang kebesaran, gesekan yang terjadi antara kaki dan sepatu dapat menyebabkan kapalan.
  • Kulit kaki Anda bisa melepuh sehingga menimbulkan rasa sakit dan kantong cairan yang berkembang di area yang teriritasi.
  • Jempol kaki Anda dapat sering bergeser dan terbentur dengan sepatu sehingga berpotensi menyebabkan cantengan
  • Anda bisa mengalami hammer toe, yakni kondisi kelainan jari kaki yang bengkok atau menekuk ke bawah
  • Risiko jatuh dan cedera juga dapat meningkat, misalnya pergelangan kaki Anda keselo karena ukuran sepatu yang terlalu besar.

6 cara mengakali sepatu kebesaran

Untuk mencegah berbagai bahaya sepatu kebesaran di atas, berikut adalah cara mengakali sepatu kebesaran yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan kaos kaki yang lebih tebal atau berlapis

Solusi sepatu kebesaran yang paling mudah adalah menggunakan kaus kaki yang lebih tebal atau beberapa lapis. Akan tetapi, cara mengatasi sepatu kebesaran dengan kaos kaki ini mungkin tidak sesuai untuk beberapa jenis sepatu yang Anda miliki.

2. Menggunakan insole

Anda dapat menggunakan tambahan insole (lapisan sol sepatu bagian dalam) sebagai pengganjal sepatu kebesaran. Cara mengakali sepatu kebesaran ini dapat mengurangi ruang kosong dalam sepatu secara merata dan menopang kaki secara keseluruhan.Pilihlah insole yang terbuat dari bahan Poron karena lebih tahan lama. Namun, cara mengatasi sepatu kebesaran ini mungkin tidak cocok jika sepatu Anda hanya sedikit kebesaran karena malah membuatnya menjadi lebih sempit.

3. Mengisi kelebihan ruang dalam sepatu

Mengatasi sepatu kebesaran juga bisa dilakukan dengan memberikan pengganjal pada ruangan kosong di dalam sepatu. Beberapa benda yang dapat digunakan sebagai pengganjal sepatu kebesaran, yaitu:
  • Tisu
  • Kapas
  • Kain lap
  • Kertas koran atau majalah.
Cara mengakali sepatu kebesaran dengan pengganjal ini bisa digunakan untuk model sepatu datar, tapi mungkin bisa menyebabkan ketidaknyamanan jika digunakan dalam waktu yang lama. Segera buang pengganjal setelah selesai digunakan untuk mencegah sepatu kotor dan berbau.

4. Menggunakan bantalan kaki

Anda juga bisa menggunakan bantalan kaki (foot cushion) sebagai pengganjal sepatu kebesaran. Dibandingkan dengan insole yang menopang seluruh telapak kaki, bantalan kaki berukuran lebih kecil sehingga tidak banyak mengurangi ukuran sepatu seperti insole.Cara mengakali sepatu kebesaran dengan bantalan kaki dapat diletakkan di bawah sebagian telapak kaki. Cara ini juga dianggap sangat cocok untuk sepatu datar atau hak tinggi.

5. Menggunakan strip

Cara mengakali sepatu kebesaran lainnya adalah menggunakan strip karet. Pengganjal sepatu kebesaran ini ditempelkan pada bagian tumit dalam sepatu.Cara mengatasi sepatu kebesaran ini dapat membuat ukuran sepatu menjadi lebih pas dan mencegah tumit sepatu terus bergerak sehingga tidak menyebabkan lecet.Karena ukurannya kecil, strip karet ini dapat ditempatkan di mana saja. Namun, cara mengakali sepaut kebesaran ini hanya sesuai jika ukuran sepatu hanya sedikit kebesaran.

6. Menambahkan karet

Kalau Anda bisa menjahit, cara mengakali sepatu kebesaran dapat dilakukan dengan menjahit karet di dalam bagian belakang sepatu. Karet dijahit dalam keadaan merenggang sehingga setelah dijahit dapat kembali ke ukuran semula dan membuat ukuran sepatu lebih kecil.Jika metode mengatasi sepatu kebesaran di atas tidak berhasil mengatasi masalah Anda, sebaiknya gunakan jasa tukang sepatu profesional. Cara ini mungkin lebih mahal, tapi Anda bisa mendapatkan ukuran sepatu yang pas dan nyaman.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kapalanpenyakit kakikuku
Boot Mood Foot. https://bootmoodfoot.com/make-your-big-shoes-fit/
Diakses 17 Juni 2021
Shoes Care Total. https://shoescaretotal.com/how-to-make-shoes-smaller/
Diakses 17 Juni 2021
Family Foot & Ankle Care. https://www.discontdpm.com/blog/post/family-foot--ankle-care-pc.html
Diakses 17 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait