6 Cara Mengajarkan Anak Membuang Sampah Pada Tempatnya

(0)
15 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Jangan malas untuk mengajari anak membuang sampah pada tempatnya.Ajari anak membuang sampah pada tempatnya sejak dini.
Membuang sampah pada tempatnya adalah kewajiban setiap orang, termasuk anak-anak. Sebagai orangtua, Anda memiliki peran penting untuk melatih anak membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu, Si Kecil akan menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungannya.Untuk membantu melatih kebiasaan ini, mari kita simak tips untuk mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya secara efektif dan tidak membosankan.

Berbagai cara mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya

Anak membuang sampah pada tempatnya
Ajari anak membuang sampah pada tempatnya sejak dini
Saat anak kecil buang sampah sembarangan, Anda harus menegur dan mengingatkannya terhadap dampak buruk yang dapat dirasakan keluarga Anda dan masyarakat sekitar, seperti rusaknya pemandangan, datangnya bau tidak sedap, kebanjiran, hingga datangnya penyakit.Supaya berbagai dampak buruk ini tidak terjadi, ajarkan anak buang sampah pada tempatnya dengan tips berikut.

1. Menjadi panutan yang baik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan supaya anak membuang sampah pada tempatnya adalah menjadi panutan yang baik bagi mereka.Jika Anda tidak ingin anak membuang sampah sembarangan, maka Anda harus memperlihatkan kepada Si Kecil bagaimana cara membuang sampah yang baik dan benar.Beri tahu anak letak tempat sampah yang ada di dalam atau luar rumah. Kalau bisa, pungutlah sampah yang ada di sekitar dan tunjukkan pada anak bahwa Anda peduli dengan lingkungan sekitar.Dengan melihat Anda membuang sampah pada tempatnya, anak-anak diharapkan juga akan mengikuti perilaku baik itu.

2. Manfaatkan internet

Jika Anda mengizinkan anak-anak untuk mengakses internet lewat komputer atau ponselnya, cobalah minta mereka untuk mencari tahu cara membuang sampah yang baik dan benar di dunia maya.Terdapat banyak situs menarik yang bisa dicoba untuk membuat anak tertarik menjaga lingkungannya. Misalnya, situs yang menawarkan penjelasan tentang iklim dunia dan cara-cara peduli terhadap lingkungan khusus untuk anak-anak.

3. Melibatkan anak dalam acara gotong royong di lingkungannya

Acara gotong royong rutin di lingkungan perumahan untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakkan, dapat Anda manfaatkan untuk melibatkan anak dalam menjaga lingkungan sekitarnya.Dengan begitu, tetangga-tetangga Anda juga bisa membantu anak buang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini juga bisa membuat anak merasa terlibat dalam perubahan baik di lingkungannya.Acara gotong royong bersih-bersih lingkungan ini juga diharapkan bisa membuat anak terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan.

4. Membaca buku tentang kebersihan lingkungan

Saat pergi ke perpustakaan atau toko buku, Anda bisa mencari buku-buku yang mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya.Dengan gambar yang berwarna-warni dan tokoh kartun yang lucu, Si Kecil idealnya bisa lebih tertarik untuk membaca buku tentang kebersihan lingkungan.Anak-anak juga biasanya cenderung penasaran terhadap kisah yang ada di dalam buku tersebut. Pada akhirnya, ia akan menunjukkan ketertarikannya terhadap kebersihan lingkungan. Ini bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk menjelaskan cara membuang sampah yang benar.

5. Ajak anak berpiknik

Cara mengajarkan anak buang sampah pada tempatnya yang dianggap ampuh adalah mengajaknya berpiknik ke alam bebas.Saat Anda sedang mengemas barang-barang, minta anak untuk membawa tas kosong yang dapat dibawa. Nantinya, ajak anak untuk mengambil sampah-sampah yang berserakkan dan memasukkannya ke dalam tas tersebut.Setelah jam makan siang, ajak lagi anak untuk membersihkan sisa-sisa produk makanan yang habis dikonsumsi. Berbagai aktivitas ini dapat membantu anak untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

6. Ajari anak untuk mendaur ulang sampah

Selain mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya, Anda juga bisa mendidiknya untuk mendaur ulang sampah.Misalnya, ada plastik bekas belanja di swalayan. Ajarkan anak untuk tidak membuangnya dan menggunakannya lagi untuk tempat menaruh sampah.Selain itu, kertas karton bekas tempat menyimpan telur bisa dimanfaatkan sebagai tempat menaruh mainan anak atau wadah cat mewarnai.  Kebiasaan mendaur ulang ini juga bisa membuat anak menjadi kreatif.

Catatan dari SehatQ

Berbagai cara di atas dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak membuang sampah pada tempatnya dan menjadi individu yang lebih bertanggung jawab lagi terhadap lingkungannya.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
Multimedia Center Kalimantan Tengah. https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/1861/dampak-buang-sampah-sembarangan-cemari-lingkungan
Diakses pada 1 April 2021
Hometown Dumpster Rental. https://www.hometowndumpsterrental.com/blog/teach-kids-about-responsible-waste-removal
Diakses pada 1 April 2021
Happy School. http://happyschool.com.vn/en/teach-children-how-to-properly-dispose-of-garbage/
Diakses pada 1 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait