logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Alasan dan Manfaat Membuang Sampah pada Tempatnya

open-summary

Membuang sampah pada tempatnya ternyata bisa membawa manfaat, seperti mencegah penyakit, menghindari bau tak sedap, hingga mempermudah daur ulang sampah.


close-summary

0

30 Nov 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya memiliki banyak manfaat yang sering kali disepelekan.

Table of Content

  • Apa manfaat membuang sampah pada tempatnya?
  • Cara membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya

Manfaat membuang sampah pada tempatnya lebih dari sekadar menjaga kebersihan saja. Masih banyak keuntungan yang dapat kita, keluarga, dan masyarakat rasakan saat tidak membuang sampah sembarangan.

Advertisement

Mulai dari menjaga kebersihan, mencegah banjir, menghindari bau tak sedap, hingga memudahkan daur ulang sampah. Simaklah berbagai manfaat dan alasan mengapa kita harus membuang sampah pada tempatnya.

Apa manfaat membuang sampah pada tempatnya?

Slogan buanglah sampah pada tempatnya mungkin sudah sering digembar-gemborkan oleh pihak kebersihan di sekitar lingkungan rumah Anda. Hal ini dilakukan agar masyarakat tetap termotivasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan kawasan rumahnya.

Slogan tersebut tentunya bertujuan baik karena berikut adalah manfaat buang sampah pada tempatnya yang bisa Anda dapatkan.

1. Menjaga kebersihan

Salah satu manfaat selalu membuang sampah pada tempatnya yaitu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Sebab, jika sampah dibuang tidak pada tempatnya, sampah-sampah ini bisa merusak pemandangan dan mengotori kawasan tempat tinggal Anda.

Maka dari itu, buanglah sampah pada tempatnya supaya keindahan dan keasrian lingkungan rumah Anda tetap terjaga.

2. Mencegah penyakit

no caption
Gambar buang sampah pada tempatnya.

Alasan membuang sampah pada tempatnya yang penting bagi Anda dan keluarga adalah mencegah penyakit.

Sampah yang dibuang sembarangan dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab penyakit. Selain itu sampah juga dapat menyebarkan virus dan parasit melalui kontak langsung, seperti kontak fisik dengan sampah.

Dikutip dari Smart City Bandung, sampah-sampah yang berserakan dan tidak dibersihkan bisa mengundang bibit-bibit penyakit yang bisa mengancam kesehatan Anda dan keluarga.

Jika Anda ingin keluarga terhindar dari penyakit, buanglah sampah pada tempatnya dan ajak anak-anak di rumah untuk membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan.

3. Mencegah banjir

Banjir adalah salah satu bencana alam yang bisa membawa penyakit dan merusak lingkungan. Jika tidak ingin lingkungan Anda terkena banjir, cobalah untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Perlu dipahami, membuang sampah tidak pada tempatnya dapat membuat saluran air menjadi mampet. Saat hujan turun, air yang seharusnya mengalir lewat saluran itu bisa meluap ke jalanan dan mengakibatkan banjir.

Oleh karena itu, selalu lakukan upaya membuang sampah pada tempatnya dan ajak masyarakat di sekitar untuk melakukannya juga.

4. Mencegah bau tidak sedap di lingkungan

Manfaat buang sampah pada tempatnya yang tak boleh dilupakan adalah mencegah bau tak sedap.

Sampah-sampah yang tidak dibuang di tempat sampah bisa mengundang bau tak sedap dan mengganggu kenyamanan, terutama jenis sampah organik dalam jumlah banyak.

5. Memudahkan daur ulang sampah

Jangan pikir bahwa sampah yang dibuang tidak ada manfaatnya bagi kita. Terdapat beberapa jenis sampah yang dapat didaur ulang dan 'disulap' menjadi barang yang bermanfaat.

Bahkan, daur ulang sampah dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan ekonomi jika produk yang dihasilkan mampu dijual kembali.

Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya karena bisa mendatangkan keuntungan ekonomi jika Anda mampu mendaur ulangnya menjadi barang yang dapat dijual kembali.

6. Menjadi teladan bagi orang lain

no caption
Gambar buang sampah pada tempatnya saat gotong royong.

Salah satu manfaat selalu membuang sampah pada tempatnya adalah menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Sebab, kebiasaan ini merupakan tindakan terpuji yang dapat ditiru oleh orang lain di sekitar lingkungan Anda.

Dengan begitu, semakin banyak orang yang membuat sampah pada tempatnya, semakin besar juga manfaat yang dapat Anda rasakan saat kebersihan lingkungan terjaga.

Cara membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya

Membuang sampah di tempatnya adalah kewajiban setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Untuk melatih diri membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, tak ada salahnya menyimak berbagai tips berikut ini.

1. Menjadi panutan yang baik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan supaya anak dan orang-orang di sekitar mau membuang sampah pada tempatnya adalah menjadi panutan yang baik bagi mereka.

Jika Anda tidak ingin anak atau orang lain membuang sampah sembarangan, maka Anda harus memperlihatkan kepada mereka bagaimana cara membuang sampah yang baik dan benar.

Beri tahu anak atau orang lain letak tempat sampah yang ada di dalam atau luar rumah. Kalau bisa, pungutlah sampah yang ada di sekitar dan tunjukkan pada mereka  bahwa Anda peduli dengan lingkungan sekitar.

Dengan melihat Anda membuang sampah pada tempatnya, anak-anak dan orang lain diharapkan juga akan mengikuti perilaku baik itu.

2. Manfaatkan internet

Bagi orangtua yang sedang ingin mengajarkan membuang sampah pada tempatnya untuk anak-anak, cobalah manfaatkan internet atau dunia maya.

Jika Anda mengizinkan anak-anak untuk mengakses internet lewat komputer atau ponselnya, cobalah minta mereka untuk mencari tahu cara membuang sampah yang baik dan benar di dunia maya.

Terdapat banyak situs menarik yang bisa dicoba untuk membuat anak tertarik menjaga lingkungannya. Misalnya, situs National Aeronautics and Space Administration (NASA) yang menawarkan penjelasan tentang iklim dunia dan cara-cara peduli terhadap lingkungan khusus untuk anak-anak.

3. Terlibat dalam acara gotong royong di lingkungan

Acara gotong royong rutin di lingkungan perumahan untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan, dapat Anda manfaatkan untuk membiasakan diri untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Dengan begitu, tetangga-tetangga Anda juga bisa membantu anak buang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini juga bisa membuat Anda merasa terlibat dalam perubahan baik di lingkungan.

Acara gotong royong ini juga diharapkan bisa membuat Anda terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan.

4. Membaca buku tentang kebersihan lingkungan

Saat pergi ke perpustakaan atau toko buku, Anda bisa mencari buku-buku terkait pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Ini juga dapat menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mengajak anak membaca buku-buku tersebut.

Dengan gambar yang berwarna-warni dan tokoh kartun yang lucu, si kecil idealnya bisa lebih tertarik untuk membaca buku tentang kebersihan lingkungan.

Anak-anak juga biasanya cenderung penasaran terhadap kisah yang ada di dalam buku tersebut. Pada akhirnya, ia akan menunjukkan ketertarikannya terhadap kebersihan lingkungan.

Hal ini diharapkan mampu membuat diri Anda dan anak lebih giat lagi dalam membuang sampah pada tempatnya.

5. Berpiknik  

Cara membiasakan diri untuk buang sampah pada tempatnya yang dianggap ampuh adalah jalan-jalan ke alam bebas.

Saat Anda sedang mengemas barang-barang, jangan lupa untuk membawa tas kosong. Nantinya, saat Anda sampai di tempat tujuan, pungutlah sampah-sampah yang berserakkan dan masukkan ke dalam tas tersebut.

Setelah jam makan siang, jangan lupa untuk memungut produk sisa makanan yang mungkin berserakkan. Berbagai aktivitas ini dapat membantu Anda untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

6. Ajari anak untuk mendaur ulang sampah

Daur ulang sampah adalah hal yang penting guna mengurangi jumlah sampah yang berserakkan di lingkungan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk bisa membiasakan diri dalam mendaur ulang sampah.

Misalnya, ada plastik bekas belanja di swalayan. Cobalah untuk tidak membuangnya dan menggunakannya lagi untuk tempat menaruh sampah.

Selain itu, kertas karton bekas tempat menyimpan telur bisa dimanfaatkan sebagai tempat menaruh mainan anak atau wadah cat mewarnai. Kebiasaan mendaur ulang ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingparenting stressgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved