Jadikan Permainan Seru, Ini 7 Cara Mengajarkan Anak Berbuat Baik


Cara mengajari anak berbuat baik dapat dimulai dengan mengajak mereka melakukan donasi, mencintai hewan, membantu urusan rumah, dan banyak lagi.

0,0
20 May 2021|Azelia Trifiana
Ajarkan anak berbuat baik sejak diniAjarkan anak berbuat baik sejak dini
Bagaikan kanvas kosong, orangtua punya keleluasaan untuk mengajari anak berbuat baik sedini mungkin. Sayangnya, mengajarkan kebaikan seperti menolong orang lain tidak semudah memperkenalkan angka dan huruf. Perlu ada contoh nyata dari kedua orangtuanya.Namun, jangan menyerah karena manfaat dari memperkenalkan kebaikan ini sangat nyata. Selain meningkatkan motivasi, ini juga menjadi cara menumbuhkan anak yang memiliki respek luar biasa terhadap sesama.

Cara mengajari anak berbuat baik

Tak perlu melakukan sesuatu yang memerlukan sumber daya luar biasa sebab mengajari anak berbuat baik bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Apa saja, ya?

1. Donasi

Konsep berdonasi atau memberikan apa yang dimiliki tidak terlalu sulit dipahami anak-anak. Apabila konsep mengumpulkan uang masih abstrak, mulailah dengan mengajarkan mereka berdonasi hal yang dimilikinya. Contohnya mainan, buku, pakaian, atau camilan yang mereka miliki.Tak hanya memperkenalkan konsep berdonasi, ajak mereka terlibat langsung ketika memberikan barang miliknya. Seperti dengan mengajak ke panti asuhan sehingga bisa merasakan secara nyata bagaimana indahnya berbagi.

2. Ungkapan terima kasih

Tanpa perlu menunggu momen khusus seperti ulang tahun atau hari raya, ajak anak belajar mengungkapkan terima kasih. Siapa penerimanya pun tak harus khusus, ajak anak berpikir siapa sosok yang berjasa untuk mereka. Mulai dari pengasuh, guru di sekolah, nenek, dan seterusnya.Bahkan orang yang bukan dari lingkaran terdekat seperti kurir, dokter, atau penyapu jalan juga layak mendapat ucapan terima kasih. Dengan cara ini, anak akan terbiasa memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada orang lain.

3. Membantu urusan domestik

Anak yang paham urusan domestik adalah mereka yang bisa tumbuh sangat mandiri. Bukan hanya urusan domestik seperti berbenah di rumah sendiri, namun juga asah kepekaan mereka terhadap keperluan orang lain.Sebagai contoh ketika ada tetangga atau saudara yang perlu bantuan, asah kepekaan anak untuk mengulurkan tangan. Sampaikan bahwa berbuat baik tidak harus dalam bentuk memberikan barang saja, tapi juga tenaga dan waktu. Itu tak kalah berharga.

4. Kasih sayang pada hewan

Berbuat baik tak hanya terbatas pada manusia, tapi juga hewan. Orangtua bisa mencari wadah untuk anak berpartisipasi sebagai relawan di shelter binatang. Pekerjaannya biasanya disesuaikan dengan usia mereka, jadi tidak akan terlalu berat.Anak juga bisa diajarkan menemani hewan peliharaan kerabat atau tetangganya di saat-saat tertentu. Bahkan, kebaikan ini juga bisa diaplikasikan pada hewan peliharaan sendiri. Contohnya dengan memberikan makanan kesukaannya atau membawanya ke dokter hewan untuk vaksin.

5. Memberi hadiah untuk orang lain

Tak harus mahal, tak harus merepotkan. Namun, perkenalkan kepada anak bahwa memberi hadiah untuk orang lain adalah hal yang luar biasa. Bahkan memberikan orang lain gambar atau kerajinan tangan juga merupakan bentuk kebaikan.Nanti ketika anak tumbuh besar dan mulai mengenal konsep uang jajan, ajarkan mereka untuk menyisihkan sebagian untuk membelikan orang lain hadiah. Dengan cara ini, anak jadi terbiasa untuk berbagi dan melakukan hal untuk orang lain.Ingin lebih menyenangkan? Ajak anak menulis daftar nama sahabat dan kerabat lalu kumpulkan dalam sebuah stoples. Lalu, secara berkala ambil secara acak salah satu nama dan tentukan hadiah apa yang ingin diberikan.

6. Memberi pujian

Ingin mendidik anak menjadi sosok menyenangkan? Ajarkan untuk memberi pujian kepada orang lain. Namun, perhatikan untuk tidak fokus pada fisik namun lebih pada perbuatan atau sifatnya. Cara ini tak harus diterapkan hanya pada orang yang dikenal saja, tapi juga bisa untuk orang lain seperti pelayan di restoran.Hal kecil ini bisa jadi membuat hari seseorang jauh lebih berwarna sekaligus bermakna. Tak hanya itu, Anda juga sedang mendidik anak agar tidak mudah mengkritik atau fokus pada penampilan fisik orang lain.

7. Berbagi kebahagiaan

Mungkin konsep ini terkesan abstrak, namun bisa berarti berbagi kebahagiaan tanpa batas. Tidak ada aturan baku apa yang harus dilakukan atau diberikan. Intinya, ajarkan anak untuk berbagi hal menyenangkan kepada orang lain.Anak selalu suka tantangan. Anda juga bisa mengajaknya melakukan permainan seperti memasang target berapa orang yang dibuat tersenyum hari itu. Hal sederhana, namun bermakna.

Berikan contoh

Beberapa jenis cara mengajarkan kebaikan di atas sangat bisa diaplikasikan ketika anak mulai piawai berkomunikasi dua arah. Namun, tentu teori seciamik apapun tidak akan efektif tanpa adanya contoh.Orangtua harus menjadi contoh nyata bagaimana berbuat baik. Bukan hanya saat senggang atau senang saja, namun juga ketika merasa stres dan berada di kondisi memicu emosi. Di sinilah sikap Anda akan menjadi role model bagi mereka.Apabila anak juga berinteraksi dekat dengan orang lain seperti saudara, nenek kakek, atau pengasuh, ajarkan pula tentang nilai-nilai kebaikan ini. Apa yang ditanamkan sejak kecil akan membuahkan hasil di masa mendatang.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar mengapa perbuatan baik bisa membuat mood jadi senang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentingibu dan anakgaya parenting
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/random-acts-of-kindness-for-kids-4136440
Diakses pada 7 Mei 2021
JAMA Pediatrics. https://jamanetwork.com/journals/jamapediatrics/fullarticle/1655500
Diakses pada 7 Mei 2021
Stop Bullying. https://www.stopbullying.gov/blog/2017/07/26/can-kindness-overcome-bullying
Diakses pada 7 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait