Cara Menerima Masa Lalu Pasangan yang Mungkin Tidak Menyenangkan untuk Anda


Setiap orang memiliki masa lalu, begitu pula dengan pasangan. Cara menerima masa lalu pasangan merupakan hal penting agar hubungan Anda dengannya berjalan lancar.

(0)
04 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Memahami cara menerima masa lalu pasangan akan membantu Anda berdua memiliki hubungan yang lebih langgengKunci untuk menghilangkan kecemburuan adalah menerima masa lalunya dengan lapang dada
Semua orang punya masa lalu, termasuk pasangan Anda saat ini. Cerita masa lalu ini bisa berupa kisah kelam dalam hidupnya atau kisah romantis dengan seseorang. Mungkin sulit mencari cara menerima masa lalu pasangan. Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin Anda lakukan.

Cara menerima masa lalu pasangan

Kunci untuk menghilangkan kecemburuan adalah menerima masa lalunya dengan lapang dada. Dengan siapa pun Anda berhubungan saat ini, mereka akan tetap membawa masa lalunya. Semua momen yang Anda jalani sekarang dengan pasangan adalah momen Anda berdua. Meminta pasangan untuk menghapus ingatan masa lalunya adalah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan.Memiliki kecemburuan tentang masa lalu pasangan, khususnya pada kisah cintanya, bukanlah hal yang buruk. Namun, kecemburuan yang berlebihan justru dapat mengganggu hubungan Anda saat ini. Mungkin cara-cara di bawah ini bisa membantu Anda untuk belajar menerima masa lalu pasangan:

1. Mengakui ketidaknyamanan kepada pasangan

Bisa saja pasangan Anda sudah hidup belasan atau puluhan tahun di kota yang sama. Dia sudah mengunjungi banyak tempat di kota tersebut dan menjalin kenangan di sana dengan banyak orang, termasuk mantan.Sedikit banyak, pasangan akan berkomentar tentang kenangan itu. Setidaknya dia menyebut bahwa pernah datang ke sana dengan mantannya. Hal itu sangat normal terjadi dan seharusnya tidak masalah. Anda cukup menerimanya, biarpun bisa saja ada rasa tidak senang. Jika rasa tidak nyaman itu datang, ungkapkan kepada pasangan dan mintalah dia menyimpan kenangan itu. 

2. Ambil sisi positifnya

Pasangan Anda pasti pernah sangat mencintai mantannya. Dia pasti sudah melalui berbagai momen dengan mantannya hingga hubungan mereka berakhir. Tugas Anda adalah ambil sisi positif dari setiap kejadian. Mungkin saja pasangan Anda belajar banyak hal tentang cara menghormati pasangan. Nikmatilah perubahan kecil yang terjadi pada dirinya karena mungkin dia juga belajar dari Anda.

3. Tahan keinginan untuk menggali cerita

Salah satu cara menerima masa lalu pasangan adalah menahan keinginan untuk mengorek kisahnya
Mengorek masa lalu pasangan lewat media sosial bukanlah tindakan yang bijak
Banyak orang mendadak memiliki rasa ingin tahu tentang kisah masa lalu pasangan. Akhirnya, mereka mencari ke media sosial pribadi pasangan dan melihat semua foto beserta komentar-komentar yang muncul. Mengorek masa lalu pasangan hanya akan membuat Anda merasa semakin cemburu.Media sosial merupakan tempat terbaik untuk pamer dan membagikan secuil kesuksesan. Ada kalanya, Anda akan melihat perbedaan drastis dari pasangan yang ada sekarang. Hormati keputusan masa lalunya tersebut. Sampaikanlah kekhawatiran kepadanya jika ada sesuatu yang mengganggu Anda.

4. Menahan godaan untuk marah

Pasti sulit saat mengetahui pasangan Anda pernah menjalani kisah asmara yang sangat berbeda dengan yang dia lakukan dengan Anda sekarang. Namun, marah kepadanya sama sekali bukan pilihan bijaksana untuk dilakukan. Satu hal yang mungkin terjadi saat Anda marah adalah pasangan akan mulai membela masa lalunya.Faktanya, pasangan Anda pernah mengambil keputusan untuk menjalin hubungan asmara dengan mantannya. Mengungkit masa lalunya yang mungkin sebuah keterpurukan membuat dia tidak nyaman. Alih-alih mengungkit masa lalu kelamnya, cobalah bersyukur bahwa Anda dan pasangan bisa menjalani hidup sekarang.

5. Diskusikan secara terbuka

Komunikasi adalah kunci dalam menjalani sebuah hubungan. Gunakan momen diskusi ini untuk saling mengenal, bukan untuk mengorek luka masa lalunya hanya demi memenuhi rasa ingin tahu Anda. Bisa jadi Anda akan menemukan momen yang sangat menyakitkan hati, tapi tetap hormatilah dia.Sampaikan rasa khawatir yang mengganggu Anda. Mengatakannya kepada pasangan akan membantu Anda lebih mudah mengatur emosi sesaat yang muncul.

6. Introspeksi diri dari semua hal yang mengganggu

Mungkin Anda bertanya-tanya tentang seperti apa dia sebelum bertemu Anda. Bisa juga Anda ingin tahu apa yang membuatnya tertarik dengan Anda sehingga memutuskan untuk menjalin kasih. Pertanyaan-pertanyaan mengganggu ini seharusnya dikumpulkan dulu sebelum diucapkan kepada pasangan.Pilih hal-hal yang sebenarnya paling mengganggu Anda kemudian ungkapkan kepada pasangan. Dengan begitu, diskusi Anda akan lebih terfokus dan tidak melebar ke pembicaraan yang sebenarnya tidak ingin diketahui.

7. Tetap percaya diri

Rasa kurang percaya diri juga sering memicu rasa penasaran terhadap mantan dari pasangan Anda sekarang. Anda ingin tahu seberapa cantik atau tampannya sang mantan, juga sebesar apa perhatian mantan kepada pasangan Anda dulu. Lalu, Anda akan membuat perbandingan. Jika Anda merasa memiliki kekurangan dibandingkan sang mantan, tentu akan muncul rasa tidak nyaman dan membuat kepercayaan diri Anda runtuh..Ingat, Anda memiliki nilai lebih yang membuat pasangan Anda memutuskan untuk menjalin hubungan dengan Anda sekarang. Pegang teguh fakta tersebut.Mungkin menambahkan perhatian kecil kepada pasangan akan membuat Anda melupakan rasa ingin tahu tersebut. Namun, jangan berlebihan dan terkesan bahwa Anda ingin memenangkan perlombaan dengan masa lalunya.

8. Hanya berpikir hal yang positif

Cara menerima masa lalu pasangan adalah dengan berpikir positif dan menikmati saja kebersamaan Anda dengannya
Nikmati dan jalani kebersamaan dengan pasangan
Terus-menerus bertanya tentang hubungan masa lalu pasangan dengan mantannya atau khawatir dia akan kembali ke mantannya pasti butuh banyak energi. Imbasnya, Anda dan pasangan jadi tidak bisa menikmati waktu bersama dengan lebih nyaman dan intim.Fokuslah pada pikiran dan aktivitas positif yang bisa dilakukan berdua dengan pasangan. Lakukan hal tersebut untuk membina hubungan dan membuat lembaran baru dari kisah romansa Anda. Terpaku pada masa lalu hanya akan membuat hubungan Anda tidak berjalan mulus dan terkesan sia-sia.

9. Berbicara dengan ahli

Kalau Anda belum bisa juga mengatasi rasa cemburu terhadap masa lalu pasangan, berbicara dengan konselor atau psikolog merupakan pilihan yang tepat. Terlebih lagi, perasaan ini sudah sangat mengganggu. Psikolog akan menyarankan Anda untuk melakukan terapi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencoba jujur mengungkapkan segala sesuatu yang dirasakan.

Catatan dari SehatQ

Keingintahuan terhadap masa lalu pasangan sebenarnya hal yang normal. Namun, mengungkapkan perasaan cemburu terhadap pasangan ini yang perlu dijaga agar hubungan Anda tidak berantakan. Mencoba menerima kenyataan dan tetap percaya diri merupakan cara terbaik untuk mengatasinya.Untuk berdiskusi lebih lanjut cara untuk menerima masa lalu pasangan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mempertahankan pernikahanpernikahanpercintaanmenjalin hubungan
Healthline. https://www.healthline.com/health/retroactive-jealousy
Diakses pada 18 Maret 2021
Psyhcentral https://psychcentral.com/lib/dont-ask-your-partner-to-erase-the-past#1
Diakses pada 18 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait