logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

8 Manfaat Family Time dan Cara Melakukannya

open-summary

Family time dapat mempererat ikatan dalam keluarga dan memberi pengaruh yang positif untuk anak. Hal ini dapat diwujudkan melalui saling mendengarkan cerita, bermain bersama, atau melakukan kegiatan lainnya.


close-summary

0

7 Feb 2022

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Family time wajib dilakukan untuk membentuk bonding

Family time dapat membuat hubungan anggota keluarga semakin dekat

Table of Content

  • Manfaat family time
  • Cara melakukan family time
  • Catatan dari SehatQ

Waktu adalah hal paling berharga yang bisa diberikan kepada orang terdekat, seperti keluarga. Akan tetapi, mengalokasikan waktu untuk family time ternyata tak sesederhana itu.

Advertisement

Padahal, mewujudkan family time secara berkala dengan seluruh anggota keluarga, terutama anak, dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Tak hanya secara psikologis, tapi juga pada kepribadian anak hingga kemampuan intelektual mereka.

Manfaat family time

Family time artinya adalah waktu bersama keluarga yang membantu Anda terikat dan memahami satu sama lain. Berikut adalah manfaat family time untuk anak dan orangtua.

1. Mempererat ikatan keluarga

makan bersama keluarga
Makan bersama bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga

Melakukan kegiatan bersama keluarga dapat bermanfaat dalam membantu mempererat ikatan antar anggota keluarga. Anak akan merasa dimiliki dan dicintai oleh orangtua, begitupun sebaliknya.

Hal ini tentu bisa menjalin keharmonisan antara hubungan orangtua dan anak. Selain menciptakan keluarga harmonis, family time juga membantu mengurangi stres karena membuat Anda merasa bahagia.

2. Mengajarkan nilai-nilai yang baik pada anak

Family time artinya waktu untuk mengajarkan nilai-nilai yang baik pada anak. Misalnya, membacakan dongeng dan membicarakan pesan moral di dalamnya. 

Namun, bantulah anak memahami nilai baik yang bisa ditiru. Manfaat membaca bersama keluarga dapat membuat seluruh anggota keluarga merasa dekat satu sama lain, dan menyenangkan untuk anak.

3. Mengerti satu sama lain

Menghabiskan waktu bersama dapat membantu setiap anggota keluarga untuk mengerti satu sama lain. Anda menjadi bisa memahami apa yang disukai ataupun yang tidak disukai oleh orangtua, pasangan, anak, ataupun anggota keluarga lainnya.

4. Menjadi tempat untuk mengutarakan perasaan

Family time bisa menjadi tempat bagi anak untuk mengutarakan perasaan, menyampaikan keluh kesah, atau bertanya mengenai hal yang tidak dipahami. 

Perhatian positif yang diberikan orangtua dapat membantu anak menjadi lebih siap dalam menghadapi masalah dan membuat pilihan yang baik untuk dirinya.

5. Menurunkan risiko masalah perilaku pada anak

Anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga menunjukkan risiko yang lebih kecil terhadap masalah perilaku, seperti kekerasan dan penyalahgunaan zat. Ketika anak menerima perhatian positif, hal tersebut bisa membuatnya menunjukkan perilaku positif.

Family time juga memberikan jalan keluar untuk emosi terpendam yang dapat mengarah pada perilaku tidak sehat. Ketika seorang anak memiliki masalah, peran keluarga sangat penting. Nasihat Anda memungkinkan anak menjadi lebih siap menghadapi masalah dan membuat keputusan yang positif.

6. Meningkatkan kesehatan mental

bermain bersama anak
Family time dapat membantu meningkatkan kesehatan mental

Manfaat melakukan kegiatan bersama keluarga dapat membantu mengurangi depresi, kecemasan, atau gangguan mental lainnya secara signifikan. Sebab, berkumpul dengan orang terkasih mampu menciptakan dukungan emosional yang kuat.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Menghabiskan waktu bersama berperan penting dalam membangun kepercayaan diri setiap anggota keluarga. 

Kepercayaan diri ini bisa tumbuh karena adanya rasa dihargai dan diapresiasi. Jadi, pastikan untuk saling memberikan dukungan dan tidak menjatuhkan satu sama lain.

8. Memperbaiki kemampuan akademik anak

Anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga cenderung memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah. Sebab, family time adalah sarana bagi anak untuk mempelajari keterampilan komunikasi dan pentingnya pendidikan. 

Cobalah tanyakan apa yang ia pelajari untuk menunjukkan bahwa Anda peduli sehingga anak lebih bersemangat dalam belajar.

Baca Juga

  • Penyebab Anak Tantrum dan Cara Mengatasinya
  • 11 Dampak Perceraian terhadap Anak yang Penting Diwaspadai
  • 8 Cara Mengatasi Anak Manja Beserta Ciri-cirinya

Cara melakukan family time

Family time adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh semua keluarga. Berikut adalah cara untuk melakukannya.

1. Sepakati waktu bersama

Melakukan waktu bersama keluarga mustahil terjadi apabila hanya satu orang yang mengupayakannya. Seluruh anggota keluarga harus sama-sama mau melakukannya. Cara termudah pertama adalah dengan membuat jadwal dan menyepakati waktu bersama untuk family time.

Contohnya setiap waktu sarapan, makan malam, atau jelang tidur. Penentuan jadwal ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Pastikan untuk meluangkan waktu. Jika sudah disepakati, pastikan dilaksanakan secara konsisten.

2. Jangan ada distraksi

Sama-sama berada di rumah tidak menjamin terbentuknya family time. Apalagi, jika tiap anggota keluarga sibuk dengan urusannya masing-masing. Untuk itu, pastikan tidak ada distraksi setiap kali sedang melakukan family time.

Entah itu distraksi berupa notifikasi dari ponsel, email, telepon masuk, dan banyak hal lainnya. Dengan demikian, family time bisa berlangsung dengan efektif dan berkualitas.

3. Saling dengarkan cerita

mendengarkan cerita anak
Dengarkan cerita anak dan tanggapi dengan baik

Saat sedang family time, tak perlu sibuk mencari kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Dengarkan saja cerita satu sama lain dan saling menanyakan perasaan hari itu.

Pastikan Anda juga bersikap terbuka agar anak tak sungkan untuk bercerita. Tak lupa, berikan validasi terhadap emosi yang dirasakan anak baik itu perasaan negatif maupun positif. 

4. Bermain bersama

Meski terdengar sederhana, melakukan family time dengan bermain bersama buah hati terkadang cukup menantang. Ada saja hal yang membuat orangtua tidak fokus menemani anak bermain, entah itu karena pekerjaan kantor atau urusan domestik lainnya.

Jadi, latih perlahan mengalokasikan waktu bermain bersama. Untuk awalan, 5-10 menit saja sudah cukup. Baru perlahan, durasi ini ditambah secara bertahap. Membiarkan anak untuk bermain bersama akan membuatnya merasa bahagia.

5. Olahraga bersama

Arti family time bisa diwujudkan melalui olahraga bersama. Bukan hanya menyenangkan, kegiatan ini juga menyehatkan bagi setiap anggota keluarga. 

Olahraga yang bisa dicoba, misalnya senam, bersepeda, berenang, atau jogging. Anda juga dapat mengajari anak untuk berolahraga.

6. Membereskan rumah

Salah satu arti family time adalah kebersamaan. Walaupun membereskan rumah terdengar membosankan, jika dilakukan bersama-sama akan terasa menyenangkan. 

Misalnya, setiap anggota keluarga membersihkan dan menata ulang perabotan agar suasana rumah semakin nyaman.

7. Berlibur

liburan keluarga
Family time dapat diwujudkan dengan liburan

Waktu bersama keluarga dapat diisi dengan berlibur. Rencanakan liburan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. 

Bepergian dan mengunjungi tempat-tempat baru merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

8. Isi dengan interaksi positif

Pastikan selalu mengisi family time dengan interaksi positif. Jika ada satu hal yang membuat orangtua marah pada anak, imbangi dengan sedikitnya lima interaksi positif, seperti memeluk, mencium, memuji, dan lainnya. Jalin komunikasi yang baik agar waktu berkualitas ini bisa berjalan dengan lancar.

9. Tidak sibuk sendiri

Terkadang, godaan untuk mewujudkan family time terjadi ketika tiap anggota keluarga sibuk sendiri dengan urusan mereka. 

Misalnya, ada banyak tuntutan pekerjaan yang melelahkan dan ingin istirahat setelah selesai melakukannya. Hal ini terkadang membuat family time terabaikan.

Kembali pada aturan pertama, konsisten dengan jadwal yang telah disepakati. Usahakan memprioritaskan waktu berkumpul bersama keluarga dibandingkan kegiatan lainnya.

Catatan dari SehatQ

Meski hanya beberapa menit dalam sehari, waktu bersama keluargasangat penting bagi anak maupun orangtua. Baik secara psikologis dan intelektual, anak akan menjadi sosok yang lebih terbuka dan tahu cara menempatkan diri di kehidupan sosial.

Tak hanya itu, hubungan orangtua dan anak juga bisa semakin harmonis. Keterbukaan dengan anak lewat family time bisa menjadi penyelamat dari risiko-risiko seperti stres hingga pergaulan terlalu bebas.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentingibu dan anakgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved