10 Cara yang Bisa Anda Coba untuk Kendalikan Stres Saat Sedang Banyak Pikiran


Stres karena banyak pikiran dapat memicu berbagai penyakit. Cara menenangkannya adalah dengan melakukan aktivitas yang kompleks, bersosialisasi, berolahraga, atau yoga.

(0)
18 Nov 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
wanita bermeditasi dengan tenang saat banyak pikiranusir banyak pikiran negatif yang mengganjal dalam hati dengan bermeditasi
Beragam masalah seperti pekerjaan kantor yang menumpuk sampai pekerjaan rumah atau hubungan percintaan dan masalah duniawi lain bisa bikin banyak pikiran.Anda mungkin tak tahu mana yang harus dikerjakan sehingga rentan mengabaikan tugas. Dari situ kita mulai merasa marah dan berusaha keras untuk mulai mengerjakan tumpukan pekerjaan yang terabaikan.Akibatnya, Anda menjadi terlalu banyak bekerja dan alih alih mengabaikannya ketegangan dalam pikiran justru membuat stres makin parah. Lingkaran setan inilah yang membuat Anda tidak bisa menenangkan pikiran.Tenang. Baca artikel ini untuk cari cara terbaik menghindari stres saat sedang banyak pikiran.

Cara agar tidak stres saat sedang banyak pikiran

Stres adalah bagian yang wajar dari hidup. Namun, stres akan berdampak negatif pada diri sendiri ketika Anda terus memendam pikiran negatif tanpa pernah merasa lega atau tidak pernah bisa menenangkan pikiran.Lambat laun, stres yang berkelanjutan dapat menurunkan kekebalan tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Rasa tertekan juga dapat menyebabkan gejala fisik termasuk sakit kepala, sakit perut, tekanan darah tinggi, nyeri dada, dan masalah tidur. Penelitian menunjukkan bahwa stres juga dapat menyebabkan atau memperburuk gejala atau penyakit tertentu.Agar Anda tidak lagi banyak pikiran, terkadang cara terbaik menghindari stres adalah dengan:

1. Beralih ke aktivitas baru yang lebih sulit

Jika Anda sudah mulai merasa melewatkan hal-hal yang baik dalam hidup karena banyak pikiran, alihkan dengan aktivitas baru.Namun, pilih aktivitas baru yang sedikit lebih pelik cara melakukannya ketimbang aktivitas yang sebelumnya sudah rutin dilakukan.Cobalah kegiatan "out of the box" dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari hobi yang Anda miliki, seperti menggambar atau menulis.Beberapa ide kegiatan untuk meredakan stres karena banyak pikiran yang bisa Anda contek adalah mencoba merajut, membuat keik atau kukis, mencoba resep masakan baru, sampai mengikuti koreografi tari di internet, misalnya.Tidak usah takut makin stres karena mencba hal yang baru. Manusia bisa memproses informasi baru sebagai bagian dari proses belajar. Justru, tantangan baru ini akan mengalihkan pikiran Anda dari stres karena Anda ingin berhasil mencapainya.

2. Bersosialisasi

Anda dapat mencoba menenangkan pikiran dengan bersosialisasi, seperti hang out di kedai kopi, atau menghadiri undangan pesta rekan Anda. Anda juga bisa mengajak kolega kantor untuk makan siang bersama.Anda mungkin mengidentifikasi diri sebagai orang introvert yang sulit berinteraksi dengan orang lain. Sebagai solusinya, ajaklah beberapa teman dekat untuk bersosialisasi. Dengan demikian, cara menenangkan pikiran ini menjadi lebih menyenangkan dan tak memberatkan diri Anda.

3. Membantu orang lain

Apabila rutinitas harian mulai membuat pikiran Anda tak tenang, cobalah alihkan perhatian dengan membantu orang lain. Orang yang dibantu dapat dimulai dengan yang paling dekat, termasuk sahabat dan keluarga.Selain membantu teman dan orang terdekat, Anda juga dapat membantu orang lain di luar lingkar pertemanan.Beberapa ide yang bisa Anda ambil untuk aktivitas sosial, yaitu melakukan bakti sosial di panti jompo, yayasan anak penderita HIV/AIDS, atau yayasan anak berkebutuhan khusus.

4. Berolahraga

Anda juga bisa menghilangkan stres dengan berolahraga. Para ahli menyebutkan, orang yang rutin berolahraga memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami depresi dan kecemasan akibat terlalu banyak pikiran.Ada beberapa alasan yang membuat olahraga membantu menenangkan pikiran. Pertama, olahraga dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang menjadi hormon stres. Kedua, olahraga dapat merangsang tubuh melepaskan endorfin, senyawa kimiawi yang membantu memperbaiki mood.Selain itu, olahraga juga memperbaiki kualitas tidur serta meningkatkan kepercayaan diri. Beberapa olahraga yang bisa dipilih yaitu jalan santai, jogging, atau berenang.Jika Anda sudah terbiasa berlahraga, coba tetapkan target yang lebih tinggi dari biasanya, sepert lari cepat 200 meter dalam sekian detik atau push up dengan target tertentu.

5. Menggunakan minyak aromaterapi

Terkadang cara terbaik menghindari stres saat sedang banyak pikiran adalah dengan menghirup aroma menenangkan.Nyalakan diffuser yang telah diisi air dengan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Beberapa contoh minyak esensial yang biasa digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran adalah minyak lavender, minyak mawar, sandalwood, dan minyak geranium.Biarkan aroma harum minyak esensial itu memenuhi ruangan kamar. Pejamkan mata dan tarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan. Cobalah untuk mengosongkan pikiran atau isi benak Anda dengan pikiran yang menyenangkan.Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak aromaterapi dapat meringankan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur.

6. Mengunyah permen karet

Seiring pertambahan usia, Anda mungkin tak lagi mau mengunyah permen karet. Namun ternyata, mengunyah permen karet merupakan salah cara menenangkan pikiran yang bisa dilakukan.Menurut ahli, orang yang mengunyah permen karet memiliki rasa gembira yang lebih baik serta memiliki risiko yang lebih rendah terhadap stres.

7. Tidak menunda pekerjaan

Buatlah daftar prioritas yang harus dikerjakan dan berkomitmen untuk tidak menunda-nunda menyelesaikannya.Sebab, menunda pekerjaan atau dikenal dengan “procrastinating” boleh jadi merupakan pemicu stres dan pikiran yang terus bergejolak.Untuk mengawalinya, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan berdasarkan prioritas. Kemudian, Anda harus menetukan tenggat waktu yang sesuai dan mulailah kerjakan tugas tersebut.

8. Mengikuti kelas yoga

Yoga telah menjadi metode dan cara menenangkan pikiran yang populer. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat memperbaiki mood, yang disebut-sebut sama efektinya dengan obat antidepresan untuk penanganan depresi.Manfaat yoga untuk ketenangan pikiran ini diyakini berkaitan dengan efeknya terhadap sistem saraf dan respons stres. Kegiatan ini disebut ahli juga dapat menurunkan kadar hormon stres, tekanan darah, dan detak jantung.

9. Kurangi konsumsi kafein

Mengurangi konsumsi kafein dianggap sebagai cara menenangkan pikiran agar tidak stress. Sebab, kafein merupakan stimulan yang dapat menimbulkan rasa cemas jika dikonsumsi berlebihan.

10. Menulis

Cara menenangkan pikiran agar tidak stress yang cukup efektif selanjutnya ialah menulis. Cobalah tuliskan hal apa saja y ang membuat Anda merasa stres. Setelah itu, jangan lupa juga tuliskan berbagai hal yang membuat Anda bersyukur dalam hidup.Bersyukur dipercaya dapat meredakan pikiran stres dan cemas, karena Anda bisa fokus terhadap hal positif di dalam kehidupan.Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran. Apabila cara di atas tidak ampuh untuk membantu Anda, mencari bantuan ahli kejiwaan sangat disarankan.
kesehatan mentalstresberpikir positifgangguan kecemasangangguan stres akut
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-is-aromatherapy
Diakses pada 18 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety
Diakses pada 18 November 2019
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/5-ways-to-calm-your-mind-without-meditation/
Diakses pada 18 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait