Bayi Sering Menangis? Simak 9 Cara Menenangkan Bayi Menangis Secara Efektif Ini

Terdapat berbagai cara menenangkan bayi menangis yang bisa dilakukan
Ada berbagai cara menenangkan bayi menangis yang bisa dilakukan

Pada umumnya, bayi memang lebih sering menangis. Menangis merupakan cara bayi menyampaikan apa yang dirasakannya, mulai dari lapar, tidak nyaman, bosan, dan sebagainya. Tapi, jika bayi menangis secara terus-menerus, tentu bisa membuat Anda kewalahan.

Meski sudah mencoba menenangkannya, kadang bayi tidak kunjung berhenti menangis. Untuk mengatasinya, terdapat beragam cara efektif menenangkan bayi menangis yang bisa Anda coba.

Cara menenangkan bayi menangis secara efektif

Sebagai orangtua, kadang Anda merasa khawatir dan tidak tega jika bayi terus menangis. Ditambah lagi, rasa lelah yang Anda rasakan setelah seharian mengurus bayi. Keduanya bisa membuat Anda stres.

Apalagi jika Anda adalah orangtua baru, kedua hal di atas akan membuat Anda semakin rentan terhadap baby blues. Namun, dalam menenangkan bayi yang menangis, ada trik-trik khusus yang dapat Anda lakukan. Beberapa cara menenangkan bayi menangis, di antaranya:

  • Menyusui bayi

Menyusu bisa membantu bayi menangis menjadi tenang. Sebab, mengisap dapat menstabilkan detak jantung bayi, dan menenangkan perut serta anggota badan lain. Jika Anda tidak bisa menyusui bayi, maka memberinya dot dapat menjadi pilihan.

  • Membedong bayi

Ketika bayi dibedong, mereka akan merasa seperti kembali ke dalam rahim karena hangat. Hal ini bisa membuat bayi tenang dan aman sehingga bisa membuat mereka berhenti menangis.

Anda dapat membedong bayi dengan selimut khusus bayi atau kain pernel, dan mengusapnya lembut. Jangan membedong bayi dengan terlalu ketat karena bisa membuat mereka tidak nyaman.

Sebagian bayi memberi respons yang lebih baik terhadap bedong daripada mengisap dot. Namun, jika bayi masih menangis atau menggeliat setelah dibedong sebaiknya lepaskan bedongan karena bayi mungkin tidak menginginkannya.

  • Menciptakan suara bising atau whitenoise

Di dalam rahim terdapat berbagai suara. Menciptakan suara bising kecil atau whitenoise dapat membantu bayi merasa seperti kembali ke dalam rahim. Hal ini dapat menenangkan bayi yang menangis. Anda dapat menciptakan suara bising dengan menyalakan kipas angin, penyedot debu, shower, keran air, atau radio.

Suara geraman penyedot debu mungkin terdengar mengganggu bagi Anda. Namun, banyak bayi yang tenang saat mendengar suara itu karena mirip dengan deru suara tubuh yang didengarnya dalam rahim.

  • Mendengarkannya musik

Cobalah menyanyikan lagu pengantar tidur, memainkan musik, atau menyetel lagu favorit Anda melalui TV ataupun ponsel. Setel berbagai jenis musik untuk melihat respons bayi.

Jika bayi berhenti menangis saat disetelkan musik tertentu, maka Anda dapat membuatnya tenang dengan terus memainkan musik tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengajak bayi bergerak mengikuti alunan musik agar membuat tubuhnya rileks.

  • Membawanya keluar rumah

Membawa bayi keluar rumah untuk menghirup udara segar terkadang dapat menghentikan bayi menangis secara instan. Anda dapat menggendong bayi dan membawanya keluar rumah untuk melihat sekeliling. Namun, pastikan bayi memakai pakaian yang hangat jika udara di luar rumah terasa dingin.

  • Memandikannya dengan air hangat

Air hangat dapat menenangkan dan menghentikan bayi menangis. Namun, berhati-hatilah dalam memandikan bayi, jangan sampai air malah masuk ke hidung atau telinga bayi hingga membuatnya sakit.

Selain itu, pastikan bahwa air betul-betul hangat dan tidak terlalu panas. Hal ini memang bisa menenangkan sebagian bayi secara instan, tapi sebagian yang lain malah semakin menangis.

  • Mengayun bayi

Di dalam rahim, bayi terbiasa dengan banyak gerakan. Mengayun bayi dalam ayunan dapat membantunya tenang dan tertidur. Selain itu, goyangan dalam kereta bayi, kursi goyang, atau mobil juga dapat membuatnya tenang karena mengingatkannya dalam rahim.

  • Memijat lembut

Memijat bayi secara lembut dapat membuatnya merasa tenang dan berhenti menangis, sebab sebagian besar bayi senang disentuh. Anda mungkin merasa khawatir salah dalam memijat bayi, namun selama dilakukan secara lembut dan pelan-pelan ini biasanya tidak apa-apa dan akan memberi kenyamanan pada bayi.

Sebaiknya, tidak menggunakan minyak atau losion apapun hingga bayi berusia 1 bulan karena dikhawatirkan menyebabkan iritasi. Selain itu, Anda dapat meminta petunjuk pada bidan atau dokter anak untuk memijat bayi.

  • Membawanya ke dokter

Jika Anda khawatir bayi menangis terus, apalagi Anda telah melakukan berbagai hal untuk membuatnya tenang namun tak juga ada hasil. Sebaiknya, bawa bayi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Namun, jangan salahkan diri Anda karena ini bisa membuat Anda frustrasi.

Ketika bayi menangis, Anda jangan langsung panik karena bisa membuat tangisan bayi semakin menjadi-jadi. Tenangkan diri Anda, dan coba berbagai upaya yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan bayi dan membuatnya berhenti menangis. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri, mintalah bantuan dari pasangan, keluarga, teman, ataupun dokter.

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_what-to-do-when-your-baby-cries-for-no-reason_10320516.bc
Diakses pada 30 September 2019

NHS UK. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/soothing-crying-baby/
Diakses pada 30 September 2019

Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-treating-colic
Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed