logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

11 Cara Menenangkan Bayi yang Efektif Redakan Tangisan Si Kecil

open-summary

Orangtua perlu tahu bagaimana cara menenangkan bayi menangis. Mulai dari menggendongnya, menyalakan white noise, memandikannya dengan air hangat, dan lain-lainnya. Simak pejelasannya di sini.


close-summary

30 Sep 2019

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara menenangkan bayi menangis

Cara menenangkan bayi menangis bisa dilakukan dengan memijatnya

Table of Content

  • Cara menenangkan bayi menangis yang efektif
  • Hal yang perlu diperhatikan saat bayi menangis
  • Catatan dari SehatQ

Pada umumnya, bayi baru lahir memang lebih sering menangis tiba-tiba. Sebagai bentuk perawatannya, orangtua perlu mengetahui bagaimana cara menenangkan bayi menangis.

Advertisement

Sebenarnya, menangis adalah cara bayi berkomunikasi atau menyampaikan apa yang dirasakannya. Mulai dari lapar, merasa tidak nyaman, bosan, dan sebagainya.

Namun, jika bayi menangis secara terus-menerus, tentu bisa membuat Anda kewalahan.

Meskipun sudah mencoba menenangkannya, kadang ia tidak kunjung berhenti menangis. Untuk mengatasinya, terdapat beragam cara menenangkan bayi menangis histeris yang bisa Anda coba.

Cara menenangkan bayi menangis yang efektif

Sebagai orangtua, Anda merasa khawatir dan tidak tega jika bayi terus menangis apalagi kalau tangisannya sampai histeris. Ditambah, rasa lelah setelah seharian mengurus bayi. Keduanya bisa membuat Anda stres.

Mengutip dari Kids Health, bayi baru lahir terkadang menangis dan rewel. Menjadi hal yang normal saat bayi menangis selama 2-3 jam sehari, pada usia 6 minggu pertama.

Mendiamkan bayi menangis adalah salah satu perawatan bayi yang perlu orangtua pahami.

Dengan beberapa kali mencoba, latihan, dan kesabaran, berikut adalah beberapa cara menenangkan sekaligus mengatasi bayi menangis yang bisa dicoba.

1. Menyusui bayi

no caption
Menyusui sebagai cara menenangkan bayi yang lapar

Menyusu bisa dilakukan sebagai cara menenangkan bayi menangis. Sebab, terkadang bayi menangis karena mereka lapar. Untuk itu, pemberian ASI mampu membuat mereka kenyang dan berhenti menangis. 

Akan tetapi, hindari menyusuinya secara berlebihan, karena bisa membuatnya merasa tidak nyaman serta perut terlalu kenyang. 

2. Membedong bayi

Ketika bayi dibedong, ia akan merasa seperti kembali ke dalam rahim karena hangat. Hal ini bisa membuat bayi tenang dan aman, sehingga bisa menjadi cara mengatasi bayi menangis histeris.

Anda dapat membedong bayi dengan selimut khusus bayi atau kain pernel, lalu mengusapnya lembut. Jangan membedong bayi terlalu ketat, karena bisa membuat mereka tidak nyaman.

Sebagian bayi memberi respons yang lebih baik terhadap bedong daripada mengisap dot.

Namun, jika bayi masih menangis atau menggeliat setelah dibedong, sebaiknya lepaskan bedongan. Sebab, bayi mungkin tidak menginginkannya.

3. Menciptakan suara bising atau white noise

no caption
White noise merupakan cara menenangkan bayi yang efektif

Di dalam rahim terdapat berbagai suara. Menciptakan suara bising kecil atau white noise dapat membantu bayi merasa seperti kembali ke dalam rahim. 

Hal ini dapat dilakukan sebagai cara menenangkan atau mendiamkan bayi menangis. Anda dapat menciptakan suara bising dengan menyalakan kipas angin, penyedot debu, shower, keran air, atau radio.

Suara geraman penyedot debu mungkin terdengar mengganggu bagi Anda. Namun, banyak bayi yang tenang saat mendengar suara itu karena mirip dengan deru suara tubuh yang didengarnya dalam rahim.

4. Mendengarkan musik

Cara mengatasi bayi menangis ini bisa dilakukan dengan menyanyikan lagu pengantar tidur, memainkan musik, atau menyetel lagu favorit Anda melalui TV ataupun ponsel. Setel berbagai jenis musik untuk melihat respons bayi.

Jika bayi berhenti menangis saat Anda menyalakan musik tertentu, artinya cara ini berhasil. Selain itu, Anda juga dapat mengajak bayi bergerak mengikuti alunan musik agar tubuhnya rileks.

5. Membawanya keluar rumah

no caption
Bawa bayi keluar adalah cara menenangkan bayi yang ampuh

Menurut United Kingdom National Health Service, membawa bayi keluar rumah untuk menghirup udara segar merupakan cara mengatasi serta menenangkan bayi menangis histeris secara instan. 

Anda dapat menggendong bayi dan membawanya keluar rumah untuk melihat sekeliling. Namun, pastikan bayi memakai pakaian yang hangat jika udara di luar rumah terasa dingin.

Baca Juga

  • 5 Perbedaan Baby Sitter dan Nanny serta Tips Memilihnya
  • Manfaat Menyusui Langsung alias Direct Breastfeeding bagi Ibu dan Buah Hati
  • Bayi Berenang: Manfaat, Persiapan, dan Waktu Tepat untuk Memulainya

6. Memandikannya dengan air hangat

Air hangat dapat memberikan efek ketenangan. Oleh karena itu, mandi merupakan cara menenangkan bayi menangis yang juga bisa dipilih orangtua.

Namun, berhati-hatilah dalam memandikan bayi. Jangan sampai air malah masuk ke hidung atau telinga bayi, sehingga membuatnya sakit.

Selain itu, pastikan bahwa air betul-betul hangat dan tidak terlalu panas. Hal ini memang bisa menenangkan sebagian bayi secara instan. Namun, beberapa bayi malah semakin menangis.

7. Mengayun bayi

no caption
Ayun bayi saat melakukan cara menenangkan bayi

Di dalam rahim, bayi terbiasa dengan banyak gerakan. Mengayun bayi dalam ayunan dapat membantu menenangkannya hingga tertidur. 

Selain itu, goyangan dalam kereta bayi, kursi goyang, atau mobil juga dapat membuatnya merasa lebih tenang.

Mungkin saja ia rewel dan menangis karena sedang kolik. Untuk itu, coba gendong dengan cara khusus agar membantu meredakan gas serta kolik.

Baringkan bayi dalam posisi tengkurap di lengan Anda. Lalu, gosok punggungnya pelan.

8. Memijat lembut

Memijat bayi secara lembut dapat membuatnya merasa tenang dan berhenti menangis. Sebab, sebagian besar bayi senang disentuh. 

Anda mungkin merasa khawatir salah dalam memijat bayi. Selama dilakukan secara lembut dan pelan-pelan, ini biasanya tidak apa-apa dan akan memberi kenyamanan pada bayi.

Sebaiknya, hindari menggunakan minyak atau losion apapun hingga bayi berusia 1 bulan, karena dikhawatirkan menyebabkan iritasi. Selain itu, Anda dapat meminta petunjuk pada bidan atau dokter anak untuk memijat bayi.

9. Membawanya ke dokter

no caption
Bawa ke dokter untuk mengetahui cara menenangkan bayi

Tentu, Anda akan khawatir bayi menangis terus. Apalagi, Anda telah melakukan berbagai hal untuk membuatnya tenang, tetapi tak juga ada hasil. 

Sebaiknya, bawa bayi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Namun, jangan salahkan diri Anda karena ini bisa membuat Anda frustrasi.

Ketika bayi menangis, Anda jangan langsung panik karena bisa membuat tangisan bayi semakin menjadi-jadi.

Tenangkan diri Anda dan coba berbagai cara untuk menenangkan bayi dan membuatnya berhenti menangis. 

Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri, mintalah bantuan dari pasangan, keluarga, teman, ataupun dokter.

10. Gunakan teknik Ferber

Berdasarkan riset yang diterbitkan jurnal Attachment & Human Development, metode Ferber bertujuan untuk melatih bayi menenangkan diri sendiri. 

Berbeda dari cara menenangkan bayi lainnya, teknik ini dilakukan dengan cara tidak langsung menanggapi tangisan bayi saat meminta perhatian.

Inilah cara menenangkan bayi dengan teknik Ferber:

  • Beri buaian bayi saat ia mengantuk, tetapi tidak dapat tidur nyenyak.
  • Kecup saat Anda ingin meninggalkan kamar bayi sebelum tidur malam.
  • Jika bayi menangis setelah Anda meninggalkannya, beri waktu beberapa saat sebelum kembali ke kamarnya.
  • Tenangkan bayi dengan suara lembut dan jangan hidupkan lampu.
  • Pastikan Anda tidak menggendong ataupun mengangkat bayi.
  • Ulangi langkah-langkah ini sampai bayi terlelap.
  • Beri waktu lebih untuk bayi agar ia bisa berusaha tidur dan tenang dengan mandiri.

11. Beri sesuatu yang bisa diisap

no caption
Cara menenangkan bayi dilakukan dengan memberi isapan

Perlu diketahui, mengisap mampu digunakan sebagai cara menenangkan bayi menangis hiteris.

Anda bisa membiarkan Si Kecil mengisap empeng, botol bayi, ataupun puting susu. Hal yang ng perlu diingat, gunakan cara mendiamkan bayi menangis ini jika cara lainnya tidak berhasil.

Hal yang perlu diperhatikan saat bayi menangis

no caption
Cara menenangkan bayi sebaiknya buat lingkungan seperti rahim

Sebelum mengikuti cara menenangkan bayi, perlu diketahui, menangis adalah cara pertama yang bisa dilakukan bayi untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

Umumnya, bayi menangis untuk memberitahu perasaannya ataupun memerlukan sesuatu.

Salah satu penyebab bayi menangis adalah ia masih beradaptasi dengan kehidupan setelah keluar dari rahim. Sebab, ia sudah berada di rahim selama 9 bulan.

Untuk itu, memberikan perawatan bayi berupa membuat lingkungan terasa seperti rahim merupakan cara mengatasi bayi menangis yang ideal.

Catatan dari SehatQ

Cara menenangkan bayi perlu dilakukan saat bayi terlihat menangis ataupun rewel. Sebenarnya, menangis merupakan cara bayi dalam menyampaikan sesuatu.

Namun, jika ia tidak kunjung berhenti menangis, hal ini membuat bayi maupun orang tua bingung dan khawatir. Untuk itu, ada beragam cara mengatasi bayi menangis dan tidak tenang.

Cobalah untuk bersabar. Menjaga bayi tetap aman adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan. 

Normal jika Anda merasa kesal, frustrasi, atau bahkan marah, tetapi penting untuk mengendalikan diri.

Ingat, Anda tidak boleh untuk mengguncang, melempar, memukul, membanting, atau menyentak anak, karena bukan menjadi cara menyelesaikan masalah!

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai cara menenangkan atau mengatasi bayi menangis histeris, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

tips parentingbayi menangistumbuh kembang bayimerawat bayibayi & menyusui

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved