11 Cara Mendidik Anak Perempuan yang Pemberani dan Percaya Diri

(0)
26 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mendidik anak perempuan sangat beragam, salah satunya mendorong anak untuk memiliki hobi.Ada banyak cara mendidik anak perempuan agar ia tumbuh menjadi wanita tangguh, pemberani, dan percaya diri.
Sifat tangguh dan percaya diri pada anak perempuan dapat membantunya untuk membuat keputusan dengan baik, melakukan hal baik kepada sesama, dan berani untuk mengambil tindakan. Kedua sifat tersebut dapat ditanamkan jika Anda memahami cara mendidik anak perempuan yang tepat.Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan supaya anak perempuan Anda tumbuh menjadi wanita yang berani dan percaya diri,

11 cara mendidik anak perempuan agar ia menjadi pemberani dan percaya diri

Dilansir dari Everyday Health, sejumlah ahli percaya bahwa anak perempuan akan mencapai tonggak perkembangannya lebih cepat dibandingkan anak laki-laki. Jadi, jangan heran kalau anak perempuan lebih dulu mahir berbicara, pandai mengoordinasikan tangan dan matanya, hingga mengontrol perasaan mereka.Ini menjadi kesempatan bagi orangtua untuk menerapkan cara mendidik anak perempuan sejak dini agar ia tumbuh menjadi wanita yang tangguh dan percaya diri.

1. Ajari ia untuk menjadi tegas

Ketegasan adalah salah satu kunci yang harus ditanamkan di dalam diri anak perempuan sejak dini. Terutama, jika Anda ingin ia tumbuh menjadi wanita yang pemberani dan percaya diri.Untuk menanamkan ketegasan di dalam dirinya, Anda dapat meminta anak perempuan untuk berani mengekspresikan segala kebutuhannya pada orang dewasa.Ajari anak perempuan untuk mengatakan, "Saya tidak menyukai perlakuanmu," ketika ada orang lain yang jahat padanya.

2. Dorong anak untuk memiliki hobi dan passion

Saat anak perempuan dibiarkan untuk melakukan hobi atau passion-nya, ia akan belajar untuk menghadapi rintangan dan tantangan di depannya. Hal ini dapat membuatnya lebih percaya diri, 'tahan banting', dan lebih mementingkan nilai-nilai kehidupan daripada penampilan.

3. Perkenalkan ia dengan buku atau film tentang pahlawan wanita

Tontonan di televisi atau bacaan buku sering kali menonjolkan karakter pahlawan laki-laki. Padahal, ada banyak kisah-kisah menarik tentang pahlawan wanita di sekeliling kita.Misalnya, ada film atau buku tentang Wonder Woman dari DC Comics atau Captain Marvel dari Marvel.Di Indonesia juga banyak pahlawan wanita yang bisa diidolakan anak perempuan, contohnya Kartini, yang memperjuangkan hak perempuan di Indonesia.Berbagai kisah tentang pahlawan wanita ini diharapkan dapat membuat mereka menyadari bahwa wanita juga bisa menjadi pahlawan. Cara mendidik anak perempuan ini dianggap menyenangkan dan tidak membosankan.

4. Mengajarinya membuat keputusan sendiri

Saat anak perempuan sudah beranjak remaja, cobalah ajarkan ia untuk membuat keputusan kecil, seperti memilih baju favoritnya hingga memilih aktivitas sepulang sekolah yang ingin ia kerjakan. Cara mendidik anak remaja perempuan ini dipercaya bisa menanamkan sifat percaya diri di dalam dirinya.

5. Jangan salahkan anak ketika ia mengalami kegagalan

Kegagalan adalah proses yang akan dialami setiap anak saat ia beranjak dewasa. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kegagalan dapat membuat anak perempuan menjadi lebih kuat dan berani dalam menghadapi berbagai masalah.Tentu saja setiap orangtua tidak ingin anak perempuannya merasakan sakitnya kegagalan. Namun, perlu ingat bahwa kegagalan dapat membuat anak perempuan menjadi lebih kuat dan memiliki karakter.Jangan menjadi orangtua yang terlalu protektif karena masa kanak-kanak menjadi waktu yang tepat untuk belajar bangkit kembali setelah mengalami kegagalan.

6. Jadilah sosok ayah yang kuat bagi anak perempuan

Tidak hanya ibu saja, ayah pun memiliki peran penting untuk melakukan berbagai cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah menjadi sosok pemimpin yang kuat.Sosok ayah yang kuat dipercaya dapat memberikan dampak baik pada kehidupan anak perempuan. Keberadaan seorang ayah dan perhatiannya pada anak perempuan juga bisa membuat anak tumbuh menjadi wanita kuat dan percaya diri.

7. Menjadi panutan yang baik bagi anak perempuan

Cara mendidik anak perempuan yang harus dilakukan setiap orangtua adalah menjadi panutan yang baik bagi mereka. Jika Anda ingin anak tumbuh menjadi wanita yang kuat dan percaya diri, maka tunjukanlah kedua sifat itu di depan mereka.Cobalah terapkan ketegasan dan percaya diri saat mendidik dan mengasuh anak perempuan. Anda juga perlu mencontohkan berbagai hal-hal baik di dalam kehidupan sehari-hari.

8. Mendidiknya untuk bisa menyelesaikan masalah sendiri

Ada kalanya orangtua harus membantu anak perempuannya dalam menyelesaikan masalah. Namun ingat, jangan sampai ia selalu bergantung pada kedua orangtuanya saat dilanda masalah.Cobalah berdiskusi dengan anak mengenai strategi yang akan dilakukannya dalam menyelesaikan masalah. Akan tetapi, biarkan anak mengambil keputusan akhirnya.Meskipun Anda tidak setuju dengan keputusannya, hal ini akan membuat anak belajar untuk bertanggung jawab atas keputusannya.

9. Ajari anak untuk berani mengambil risiko

Menurut JoAnn Deak, Ph.D, penulis buku Girls Will Be Girls, anak perempuan yang menghindari risiko dipercaya akan memiliki rasa percaya diri yang rendah.Maka dari itu, cobalah untuk mengajak anak perempuan untuk keluar dari zona nyamannya. Misalnya, jika anak perempuan takut untuk belajar naik sepeda, berikan ia semangat dan motivasi agar ia mau belajar naik sepeda.Cara mendidik anak remaja perempuan yang beranjak dewasa ini dapat mengembangkan kompetensi fisik dan kepercayaan dirinya.

10. Biarkan anak perempuan memilih kegiatan olahraganya sendiri

Sebagian besar orangtua mungkin takut jika anak perempuannya ingin bermain sepak bola, bola basket, atau bela diri. Jika anak perempuan dilarang untuk memilih aktivitas olahraganya, ditakutkan ia akan merasa tidak berani dan percaya diri.Oleh karena itu, berikan ia kebebasan untuk memilih jenis olahraga yang akan digeluti. Biarkan ia melihat sendiri kemampuannya dalam berbagai olahraga pilihannya. Cara mendidik anak perempuan ini diharapkan dapat membuatnya berani mengambil risiko dan lebih percaya diri.

11. Ajarkan anak tentang kerja sama

Anak perempuan yang mampu bekerja sama untuk menyelesaikan masalah dipercaya akan lebih berani mengambil risiko dan menghadapi tantangan. Dorong anak untuk membentuk kerja kelompok di sekolah atau minta ia untuk ikut organisasi yang mengandalkan kerja sama tim.Cara mendidik anak perempuan usia ini dipercaya mampu membuatnya menjadi wanita pemberani. 

Catatan dari SehatQ

Tidak hanya ibu saja, ayah pun juga memiliki peran penting dalam menerapkan berbagai cara mendidik anak perempuan di atas. Jadilah sosok orangtua yang penyayang dan suportif agar anak perempuan Anda tumbuh menjadi wanita pemberani dan percaya diri.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak perempuan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
PBS. https://www.pbs.org/parents/thrive/raising-a-powerful-girl
Diakses pada 12 April 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/kids-health/parenting-boys-vs-girls-how-different-it/
Diakses pada 12 April 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/child/parenting-strategies/10-tips-for-raising-a-confident-girl_10310248
Diakses pada 12 April 2021
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/rules-for-dads_n_1597115
Diakses pada 12 April 2021
Focus on the Family. https://www.focusonthefamily.com/parenting/parenting-techniques/how-to-raise-strong-and-confident-daughters/
Diakses pada 12 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait