8 Cara Mendidik Anak Balita yang Direkomendasikan

0,0
17 May 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak cara mendidik anak balita yang bisa dilakukan, salah satunya aktif berbicara pada anak.Cara mendidik anak balita harus dilakukan dengan kesabaran dan konsistensi.
Mendidik anak balita merupakan salah satu tantangan besar yang perlu dihadapi setiap orangtua. Pada fase ini, balita dikenal memiliki tantrum (ledakan emosi) dan berbagai masalah perilaku lainnya.Supaya dapat tumbuh menjadi pribadi yang patuh dan disiplin, ada beberapa cara mendidik anak balita yang bisa Anda lakukan sebagai orangtua.

8 cara mendidik anak balita tanpa kekerasan

Mulai dari menunjukkan rasa cinta hingga memberikan hukuman yang efektif, berikut adalah cara mendidik anak balita yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Menunjukkan rasa cinta

Tips mendidik anak balita yang harus selalu Anda ingat adalah menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang. Pastikan Anda lebih sering menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang ketimbang memberikan hukuman ketika anak melanggar peraturan.Adanya pelukan, ciuman kasih sayang, pujian, dan perhatian dari kedua orangtuanya dapat memotivasi anak balita untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

2. Membuat peraturan yang tegas

Meskipun Anda disarankan untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang, bukan berarti Anda tidak boleh tegas kepada anak balita. Cobalah buat peraturan yang tegas di rumah supaya anak balita Anda patuh dan disiplin.Namun, jangan membuat peraturan yang terlalu ketat pada awalnya. Buatlah peraturan-peraturan yang ringan terlebih dahulu, misalnya mengenai keamanan anak di rumah.Sebelum menerapkannya, bantu anak untuk mengerti peraturan yang telah Anda buat dan berikan ia bimbingan untuk mematuhinya.

3. Libatkan anak balita dalam pekerjaan rumah yang sederhana

Walaupun Anda tidak membutuhkan bantuan anak dalam melakukan pekerjaan di rumah, cobalah libatkan mereka sesekali saja. Misalnya, membersihkan mainan yang berserakan atau membuang sampah pada tempatnya.Melibatkan anak balita dalam melakukan pekerjaan rumah dapat membantu mereka agar tidak malas-malasan dan tetap aktif. Selain itu, cara mendidik anak balita ini bisa membuat mereka mempelajari banyak kemampuan penting dalam hidup.

4. Jangan lupa untuk aktif berbicara kepadanya

Cara mendidik anak balita yang baik selanjutnya adalah dengan aktif mengajaknya berbicara saat di rumah.Menurut sebuah penelitian, mengajak anak berbicara adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasanya.Gunakan kata-kata yang deskriptif saat sedang berbincang dengannya. Misalnya, deskripsikan warna atau ukuran dari sebuah objek.

5. Ciptakan hukuman dan konsekuensi

Tak peduli sebesar apa upaya orangtua dalam mendisplinkan anak balita, akan ada masanya ia melanggar peraturan yang sudah dibuat. Ini menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk memperkenalkan hukuman dan konsekuensi yang sepadan dengan perilaku buruk si anak.Jika anak balita menangis atau berteriak saat menjalani hukuman, cobalah untuk mendiamkannya. Namun, jika sampai anak balita memukul atau menendang, bawa ia ke tempat di mana ia bisa menyendiri, tapi tetap berada di dekatnya untuk berjaga-jaga.Selain itu, ingatlah untuk tidak menggunakan kekerasan saat menghukum anak. Hal ini hanya akan memberikan dampak buruk pada kesehatan mental anak.

6. Konsisten dalam menerapkan peraturan dan hukumannya

Sebagian orangtua mungkin hanya membuat peraturan dan hukuman sebagai formalitas saja. Setelah beberapa waktu, peraturan dan hukuman untuk mendidik anak balita itu terlupakan.Cobalah untuk konsisten dalam memberikan konsekuensi dan hukuman apa pun yang Anda berikan pada anak. Tidak hanya Anda, orang lain yang mengurus anak Anda juga harus konsisten dalam menerapkan peraturan dan hukuman ini.

7. Usahakan untuk sering berada dekatnya

Di tengah banyaknya pekerjaan dan deadline dari atasan, menyisihkan waktu untuk bermain bersama anak balita memang terasa menyulitkan. Namun cobalah jadikan waktu bersama anak sebagai prioritas juga.Dengan menghabiskan waktu bersama anak, ia akan merasa diperhatikan dan diperlakukan dengan baik. Kalau bisa, cobalah ajak anak jalan-jalan, meski hanya sekadar berjalan mengelilingi perumahan saja.

8. Menjadi panutan yang baik

Menjadi panutan yang baik adalah akar dari cara mendidik balita. Jika Anda tidak mencontohkan hal-hal baik pada anak, bagaimana bisa mereka melakukan hal-hal baik tersebut.Cobalah untuk melakukan banyak hal positif di depannya agar anak-anak bisa mencontohnya di tempat dan situasi lain.Berbagai cara mendidik balita di atas dapat menjadi strategi yang Anda lakukan guna menjadikan anak lebih baik, disiplin, dan patuh terhadap peraturan.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak atau ingin tahu lebih dalam tentang cara mendidik anak balita yang ampuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingparenting stressgaya parenting
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/parenting-tips-for-toddlers/art-20044684
Diakses pada 3 Mei 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/parenting-advice-for-toddlers-289861
Diakses pada 3 Mei 2021
Parenting from the Heart. https://parentingfromtheheartblog.com/10-tips-for-parenting-through-difficult-toddler-behaviour/
Diakses pada 3 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait