Cara Mencukur Bulu Kemaluan Pria dengan Aman


Cara mencukur rambut kemaluan pria bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan gunting, alat pencukur bulu, hingga krim penghilang bulu. Namun, pastikan Anda mengetahui tipsnya supaya dapat mencukur dengan benar dan aman.

(0)
19 Nov 2019|Azelia Trifiana
Cara mencukur bulu kemaluan pria bisa dengan guntingSebelum melakukan cara mencukur bulu kemaluan pria, pastikan alat cukur bersih dan steril
Bulu kemaluan tumbuh di area antara pusar dan penis, tapi bisa juga tumbuh di penis serta skrotum. Melakukan cara mencukur bulu kemaluan pria sebenarnya bukan keharusan, namun umumnya orang ingin melakukannya agar lebih bersih.Selain pertimbangan higienis, mencukur rambut di area genital juga memberikan kenyamanan  lebih saat bercinta, sebagaimana diungkapkan oleh penelitian tahun 2015 dalam The Journal of Sexual Medicine.Tak hanya itu, manfaat mencukur bulu kemaluan pada pria lainnya adalah menjaga area genital tetap kering dan tidak lembap akibat keringat. Ketika tidak ada berkeringat berlebih, Anda pun terhindar penis gatal maupun penis bau.Lantas, apa saja tips mencukur rambut kemaluan pria? Berikut informasinya

Cara mencukur bulu kemaluan pria yang benar

Ada banyak cara mencukur bulu kemaluan pria, tergantung mana metode yang paling dirasa nyaman sekaligus aman. Umumnya, pria mencukur rambut area genitalnya sendiri di rumah dengan peralatan pribadi.Beberapa cara mencukur bulu kemaluan pria yang umum dilakukan adalah:

1. Menggunting

Salah satu cara mencukur bulu kemaluan pria yang paling mudah adalah dengan menggunting. Tips mencukur rambut kemaluan dengan gunting, adalah:
  • Awali dengan membasahi rambut kemaluan dan mencukurnya perlahan dengan gunting khusus.
  • Perhatikan saat Anda menggunting rambut kemaluan sekitar penis dan skrotum. Mengingat bentuknya yang tidak rata terutama skrotum, ada kemungkinan terluka terkena gunting. Jadi, berhati-hatilah saat menggunting rambut di area ini.
  • Gunting rambut kemaluan dalam posisi berdiri untuk meminimalisir cedera.
Anda bisa melakukannya satu hingga dua kali dalam seminggu. 

2. Mencabut

Apabila hanya ada beberapa helai rambut kemaluan, seperti di bagian penis atau skrotum, beberapa pria mungkin memilih mencabutnya dengan pinset. Alat yang digunakan harus benar-benar steril dan tidak digunakan bergantian dengan orang lain.Berikut adalah tips mencukur bulu kemaluan pria dengan pinset:
  • Tahan kulit di sekitar tempat tumbuhnya rambut dengan satu tangan.
  • Kemudian, cabut rambut kemaluan yang ingin dihilangkan sesuai dengan arah tumbuhnya bulu.
Pria yang memilih cara ini biasanya memiliki kemampuan menahan rasa sakit (toleransi nyeri) yang tinggi. Perlu diingat, cara ini memiliki risiko peradangan hingga infeksi apabila kulit terluka.

3. Mencukur dengan alat

Mencukur rambut kemaluan pria dengan menggunakan alat cukur menjadi metode yang cukup umum dipilih. Berikut adalah panduan mencukur bulu kemaluan dengan alat:
  • Buat area kulit lebih lembut dengan mengaplikasikan gel atau krim di area yang akan dicukur.
  • Saat mulai mencukur, tahan area kulit dengan satu tangan. Sementara tangan lainnya secara perlahan dan hati-hati mencukur sesuai dengan arah tumbuhnya bulu. Jangan menekan kulit terlalu keras.
  • Setelah itu, bilas kulit dan keringkan dengan handuk lembut.
  • Untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah dicukur, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya atau losion.

4. Krim penghilang bulu

Krim penghilang bulu kemaluan juga dijual bebas dan bisa jadi alternatif. Cara menghilangkan rambut kemaluan dengan krim yang disebut depilatory ini adalah sebagai berikut:
  • Pastikan Anda tidak mencukur bulu kemaluan beberapa hari sebelum menggunakan krim.
  • Lakukanlah uji alergi terlebih dulu, di bagian kulit tertentu 24 jam sebelumnya.
  • Oleskan krim penghilang bulu sesuai instruksi yang tertera.
  • Setelah itu, hilangkan dengan alat yang biasanya dijual sepaket dengan krim atau membilasnya dengan air dingin.
  • Aplikasikan losion setelah selesai.
Waspada saat menggunakan metode ini karena Food and Drug Administration Amerika Serikat  menerima laporan ada pria yang mengalami luka bakar, ruam, hingga kulit mengelupas setelah menggunakan depilatory.

5. Waxing

Jika ingin cara mencukur bulu kemaluan pria yang bertahan lama dan bisa menghilangkan bulu hingga tuntas, cobalah waxing. Metode ini bisa dilakukan sendiri di rumah atau lebih amannya bersama terapis profesional.Cara waxing bulu kemaluan yang benar adalah sebagai berikut:
  • Aplikasikan hard wax atau karamel di area yang ditumbuhi bulu kemaluan.
  • Kemudian, tarik wax dengan kain ke arah yang berlawanan dengan tumbuhnya bulu. Ulangi cara ini beberapa kali hingga bersih.
Pastikan alat untuk mengoleskan wax tidak digunakan berulang kali atau double dip. Idealnya, satu spatula hanya digunakan satu kali dan diganti dengan spatula lain untuk mengoleskan selanjutnya.

6. Laser

Menghilangkan rambut kemaluan pria juga bisa dilakukan secara permanen, yaitu dengan metode laser. Prosedur ini perlu dilakukan oleh seorang dermatologis.Anda perlu mengikuti beberapa kali sesi sekaligus untuk memastikan bulu kemaluan benar-benar tidak tumbuh. Selain itu, perlu juga perawatan secara berkala.

7. Elektrolisis

Metode lainnya untuk mencukur rambut kemaluan pria adalah elektrolisis. Cara ini mirip dengan metode laser. Hanya saja, alat yang digunakan adalah epilator. Prosesnya seperti berikut:
  • Alat akan diarahkan pada area intim yang ditumbuhi rambut.
  • Alat akan bekerja dengan cara mengirim gelombang radio ke kulit hingga akhirnya merusak folikel rambut.
Tidak seperti metode laser, elektrolisis akan merusak folikel secara satu per satu. Elektrolisis juga tidak dapat menghilangkan bulu kemaluan secara permanen. Akan tetapi, metode ini mungkin lebih murah ketimbang laser removal. 

Tips mencukur rambut kemaluan pria yang aman

Guna mencegah timbulnya luka di area organ intim saat mencukur, Anda juga perlu tahu sejumlah tips mencukur bulu kemaluan pria berikut ini: 
  • Pilih pisau cukur yang tajam dan bagus
  • Gunakan air hangat dan sabun untuk mencuci area kemaluan sebelum dicukur
  • Cukur rambut kemaluan dengan gunting kecil jika Anda baru pertama kali melakukannya
  • Keringkan dan oleskan krim cukur agar kulit tidak tergores pisau cukur
  • Mulai mencukur dari panggal dengan gerakan mengitar yang lembut
  • Bilas dengan air dan keringkan
  • Beri krim pelembap

Manfaat mencukur rambut kemaluan pria

Rambut kemaluan yang tidak dicukur dan tumbuh lebat bisa jadi membuat penampilan penis Anda di hadapan pasangan jadi kurang menarik. Sebaliknya, mencukur bulu kemaluan hingga rapi akan memberikan sejumlah manfaat.Manfaat mencukur bulu kemaluan pada pria meliputi:
  • Penis akan terlihat besar saat ereksi.
  • Hubungan intim akan menjadi lebih menggairahkan dan pasangan akan lebih terpuaskan.
  • Area intim terlihat bersih, segar, dan tidak mengeluarkan bau kurang sedap yang mengganggu.
Akan tetapi, Anda harus membicarakan masalah ini dengan pasangan untuk mengetahui preferensinya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaatnya dengan baik.

Bahaya mencukur bulu kemaluan pria

Sayangnya, efek mencukur rambut kemaluan pada pria tidak selalu positif. Anda bisa saja mengalami beberapa masalah kesehatan akibat memangkas rambut kemaluan terlalu pendek.Jika tidak dilakukan dengan cara yang benar, ada beberapa bahaya mencukur rambut kemaluan yang bisa dialami pria, yaitu:
  • Iritasi
  • Gatal-gatal
  • Rentan terluka
  • Muncul jerawat
  • Bulu tidak tumbuh lagi
  • Radang folikel bulu kemaluan (folikulitis)

Fungsi bulu di area kemaluan

Rambut di area kemaluan akan muncul sejak Anda memasuki masa pubertas. Meskipun sering dianggap mengganggu, rambut-rambut ini nyatanya memiliki fungsi dan manfaat yang baik, di antaranya: 
  • Melindungi area penis Anda dari goresan dan luka
  • Menyaring bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan penis
  • Mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual

Catatan dari SehatQ

Membersihkan penis dan area di sekitarnnya, termasuk bulu kemaluan, adalah cara yang sudah sepatutnya Anda terapkan secara berkala agar organ intim senantiasa sehat dan terbebas dari penyakit.Sebelum menentukan mana cara mencukur bulu kemaluan pria yang paling Anda sukai, perhitungkan semua risiko dan efek sampingnya. Riset secara menyeluruh sebelum menentukan akan melakukannya sendiri di rumah atau menggunakan jasa profesional.Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ sebelum memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan. Download aplikasi SehatQ di App Store dan Google Play sekarang juga.
kesehatan organ intimkepuasan seksualrambut kemaluankelamin laki-laki
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-basics/trimming-pubic-hair
Diakses 13 November 2019
Manscaped. https://www.manscaped.com/blogs/news/should-men-shave-their-public-hair
Diakses 13 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326578.php#summary
Diakses 13 November 2019
Young Men’s Health. https://youngmenshealthsite.org/guides/removing-pubic-hair/
Diakses 13 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/hairy-penis#purpose
Diakses 17 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/manscaping-pubic-hair-tips#grooming-options Diakses pada 17 Februari 2021The Journal of Sexual Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25394526/ Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait