Cara Mencuci Popok Kain yang Benar Penting untuk Menjaga Kualitas Popok Bayi

(0)
19 Jul 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mencuci popok kain cukup dengan air dan sedikit deterjenMencuci popok kain sebaiknya memakai deterjen dalam jumlah sedikit
Mencuci popok kain mungkin terdengar menjijikkan dan melelahkan, terutama bagi orang tua baru. Namun dengan cara mencuci popok kain yang tepat, kebersihan popok bayi serta kesehatan buah hati akan lebih terjaga.Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mulai mencuci popok kain adalah membaca petunjuk pencucian produk popok bayi yang digunakan. Petunjuk ini bisa tertera di kemasan atau dalam situs produk tersebut.Petunjuk can cara mencuci popok kain sangat penting dipelajari untuk masing-masing produk. Pasalnya, tiap jenis popok kain mungkin punya aturan mencuci yang sedikit berbeda supaya tidak cepat rusak.

Tahapan awal sebelum menerapkan cara mencuci popok kain

Berikut adalah beberapa tahap yang perlu Anda lakukan sebelum mencuci popok bayi dari kain:
  • Sediakan bak cucian kotor yang terpisah

Anda disarankan untuk memiliki bak cucian khusus untuk popok bayi dan tidak mencampurnya dengan pakaian kotor lain. Pasalnya, popok kain bayi mengandung tinja yang bisa menodai baju-baju yang lain.
  • Bersihkan kotoran dari popok

Kotoran bayi yang masih dibesi ASI eksklusif akan larut dalam air, sehingga mudah sekali dibersihkan. Beberapa orang tua bahkan memilih untuk langsung menaruh popok bayi ASI eksklusif langsung di bak cucian kotor.Namun kotoran bayi yang minum susu formula atau sudah mulai MPASI wajib dibersihkan terlebih dulu sebelum ditaruh di bak cucian.Pastikan Anda mengikis kotoran dari popok dengan bersih. Anda dapat menyemprotkan air ke popok atau merendamnya dalam air bersih.Untuk meringankan tahap membersihkan feses, Anda bisa menggunakan pelapis popok sekali pakai yang bisa langsung dibuang. Pelapis ini mirip pembalut yang cukup diselipkan dalam popok. Anda pun tidak perlu khawatir akan menumpuk sampah karena pelapis popok tersebut umumnya mudah terurai.
  • Taruh popok kain yang sudah dibersihkan dalam bak cucian kotor

Letakkan popok yang kotoroannya sudah dibersihkan ke dalam bak cucian kotor. Usahakan popok kain tetap dalam keadaan basah atau minimal lembap agar tidak menyisakan noda saat dicuci nanti.Bila takut ada bau tak sedap yang menguar dari bak cuci ini, Anda bisa menaburkan baking soda atau minyak esensial di popok kain sebelum ditumpuk. Anda juga juga dapat menaruh bola-bola deodoran di dasar bak agar tidak bau.

Cara mencuci popok kain dengan benar

Selanjutnya, inilah tahapan juga saran dalam pencucian popok kain:
  • Cuci popok setiap hari

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menerapkan langkah ini sebagai salah satu cara mencuci popok kain. Apa sajakah itu?Pertama, noda kotoran bisa lebih sulit hilang atau perlu waktu pencucian lebih lama jika popok kotor ditumpuk sampai tiga hari atau lebih.Kedua, bayi menghasilkan 8-10 popok per hari. Bayi yang baru lahir bahkan bisa menghasilkan popok kotor lebih banyak.Bayangkan saja, semakin lama Anda menunda waktu cuci, beban cucian Anda pun semakin berat. Akibatnya, Anda akhirnya menjadi malas.Ketiga, mencuci popok kain dalam jumlah banyak dalam satu mesin cuci tidak disarankan. Anda hanya dianjurkan mencuci hingga 24 popok kotor dalam satu sesi.Memaksakan popok kain dalam jumlah banyak dalam sekali cuci dapat membuat proses pencucian tidak efektif dan mungkin merusak bahan kain pada popok.
  • Bilas popok dengan air dingin terlebih dulu

Cara mencuci popok kain berikutnya adalah cuci popok kain dengan air dingin sebanyak satu putaran (bila Anda mencuci dengan mesin) dan tanpa deterjen. Cara ini akan membantu dalam menghilangkan kotoran yang mungkin masih menempel pada popok bayi.
  • Cuci popok dengan air hangat dan deterjen

Setelah kedua cara mencuci popok kain di atas selesai, keluarkan popok dari mesin cuci dan tuangkan deterjen. Jenis deterjen yang Anda pilih sebaiknya yang terbuat dari bahan-bahan yang ringan dan tanpa pewangi.Anda cukup menuangkan deterjen sedikit saja, sekitar ¼ sampai ½ dari jumlah deterjen yang biasa dipakai untuk mencuci baju dewasa.Menambahkan terlalu banyak deterjen dapat membuat zat ini tersisa di popok bayi, yang kemudian mungkin mengiritasi bokong bayi saat digunakan. Kondisi ini bisa berujung pada munculnya ruam popok.Jika buah hati memiliki alergi terhadap deterjen biasa, Anda bisa memilih produk deterjen yang memiliki label hypoallergenic.Tidak hanya itu, penggunaan deterjen secara berlebihan juga dapat mengurangi kemampuan penyerapan air oleh popok.Setelah menuangkan deterjen, isi mesin cuci dengan air panas atau air hangat, lalu atur mesin cuci untuk sekali putaran saja. Dengan ini, popok kain akan tetap awet.Anda boleh menambahkan baking soda ke deterjen agar proses mencuci lebih baik. Pasalnya, baking soda dapat membantu dalam menetralkan bau sekaligus menghilangkan noda membandel. Cara mencuci popok kain pun menjadi lebih mudah.Namun Anda tidak disarankan untuk menggunakan pemutih (bleach) karena bisa merusak kain pada popok bayi. Sebagai alternatif, Anda dapat memakai cuka sebagai pemutih alami. Tapi jumlahnya tetap harus dibatasi.Anda juga tidak dianjurkan menambahkan pelembut atau softener. Zat-zat dalam produk ini bisa tersisa pada popok kain dan mengurangi kemampuannya dalam menyerap air.
  • Keringkan popok kain

Cara terbaik untuk mengeringkan popok kain adalah menjemurnya di bawah sinar matahari. Pasalnya, cahaya matahari dapat membasmi bakteri sekaligus mengurangi potensi sisa-sisa noda. Popok bayi pun bersih dengan sempurna.Sebagian popok kain boleh dikeringkan dalam mesin cuci. Namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Apa alasannya?Proses pengeringan dengan mesin dapat menimbulkan sobekan-sobekan kecil pada kain kain sehingga popok cepat rusak, terutama untuk daya serapnya.Selain itu, udara panas dalam langkah pengeringan dengan mesin cuci juga bisa membuat kain popok menjadi lebih kasar.Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mencuci popok kain yang benar. Langkah-langkah tersebut memang tampak rumit, namun sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kualitas popok bayi. Dengan ini, Si Kecil pun tetap nyaman menggunakannya.
ruam popokperlengkapan bayi
Baby Center UK. https://www.babycentre.co.uk/a1052701/how-to-wash-cloth-nappies
Diakses pada 19 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-wash-cloth-diapers
Diakses pada 19 Juli 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/first-year/baby-care/washing-cloth-diapers.aspx
Diakses pada 19 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait