Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami, Patut Dicoba!

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami bisa diterapkan menggunakan bahan alami
Wajah kusam bisa diatasi secara alami, seperti menggunakan minyak kelapa, lidah buaya, hingga gula

Wajah yang cerah adalah idaman semua orang. Sebaliknya, wajah kusam mungkin menimbulkan krisis pede dan mengganggu mood. Cara mencerahkan wajah kusam secara cara alami bisa dicoba, dengan mengandalkan bahan-bahan yang ada di rak dapur Anda. Apa saja?

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami dengan bahan di dapur

Berikut ini cara mengatasi wajah kusam secara alami dengan bahan-bahan yang mudah dicari:

1. Aplikasikan minyak kelapa murni

Minyak kelapa memiliki sifat antiradang, sifat antioksidan, bahkan efek pemulihan. Dalam konteks perawatan kulit, minyak ini dilaporkan dapat menjadi pelembap untuk wajah. Caranya, Anda bisa melakukan pijatan dengan sedikit minyak kelapa ke wajah. Setelah beberapa saat, bilas dengan cleanser yang biasa digunakan.

Walau berpotensi untuk membuat kulit lebih glowing dan mengatasi wajah kusam, penting untuk diingat bahwa minyak kelapa tidak bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap kelapa, minyak ini tentu tak bisa digunakan.

2. Gunakan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah melanglang buana. Tanaman ini memiliki efek pemulihan untuk kulit serta berpotensi untuk merangsang pertumbuhan sel baru.

Lidah buaya juga membantu menenangkan dan melembapkan kulit wajah tanpa memicu terhambatnya pori-pori. Mengoleskan gel lidah buaya setelah membersihkan wajah berpotensi untuk mengatasi kulit kusam dan membuatnya lebih glowing.

Lidah buaya
Lidah buaya dapat dicoba untuk atasi wajah kusam

Namun, beberapa orang juga bisa alergi terhadap lidah buaya. Untuk mencoba kecocokan kulit Anda terhadap lidah buaya, Anda bisa mengoleskan sedikit ke lengan dan tunggu hingga 24 jam. Jika tak ada reaksi, maka lidah buaya aman untuk dioleskan ke wajah.

3. Air putih!

Tak salah orang menganjurkan kita untuk senantiasa terhidrasi. Sebab, kulit yang sehat bisa berkaitan dengan kecukupan cairan di tubuh. Kulit kita pun terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar berfungsi dengan baik.

Anda juga bisa menambahkan variasi bahan-bahan yang sehat untuk ditambahkan ke air minum. Misalnya, campurkan perasan lemon ke segelas air hangat di pagi hari.

4. Eksfoliasi dengan gula

Untuk Anda yang tidak memiliki kulit sensitif, melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati dengan gula pun bisa dicoba untuk mengatasi kulit kusam. Butiran gula yang kecil tidak bersifat abrasif pada kulit. Gula juga dapat menjadi humektan alami - artinya bahan ini membantu menarik kelembapan dan membantu kulit terhidrasi.

Tak sampai di situ, gula adalah sumber asam glikolat, jenis asam alfa hidroksi (AHA) yang membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati dan kusam. Dengan begitu, sel kulit baru akan muncul dan wajah terlihat lebih cerah.

Setelah mengeksfoliasi, Anda bisa melengkapi ritual perawatan kulit menggunakan masker pelembap, diikuti dengan face oil dan krim mata.

5. Konsumsi makanan sehat

Banyak alasan agar kita meningkatkan asupan sayur dan buah-buahan. Kandungan vitamin dan molekul antioksidannya tak hanya membuat organ tubuh lebih sehat, namun juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Sayur salad
Makanan sehat seperti sayur dilaporkan berpengaruh terhadap kesehatan kulit

Selain makanan dari tumbuhan, kita juga disarankan mengonsumsi makanan sumber lemak sehat. Menurut ahli, mengonsumsi sumber lemak sehat dan menjauhi makanan olahan bisa berpengaruh baik terhadap kesehatan kulit.

6. Jauhi asap rokok

Kulit yang dibiarkan terpapar asap rokok akan membuat beragam racun kimia hinggap di atasnya. Apabila hal ini dibiarkan, kondisi stres oksidatif ke sel-sel kulit pun akan meningkat. Stres oksidatif akan memicu terjadinya penuaan dini terhadap kulit.

Apabila saat ini Anda masih merokok, alasan di atas bisa menjadi faktor pendorong untuk segera berhenti.

7. Hindari mandi terlalu lama

Uap hangat dapat membantu pori-pori kulit menjadi terbuka dan membantu mengeluarkan racun. Namun, mandi dengan air hangat terlalu lama dapat menghilangkan minyak dari kulit dan membuatnya tampak ‘lelah’ dan kusam. Anda bisa mengurangi durasi mandi, untuk mengurangi efek tersebut.

Sebelum menyudahi ritual mandi, Anda juga bisa mencoba membilas dengan air yang lebih dingin untuk melancarkan sirkulasi. Sirkulasi darah yang lancar dapat membuat wajah terlihat lebih kencang dan awet muda.

Catatan dari SehatQ

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami di atas bisa Anda coba, menggunakan bahan-bahan yang ada di rak dapur. Jangan lupa untuk senantiasa terhidrasi, berhenti merokok, hingga mengonsumsi makanan sehat.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/wellness-bloggers-best-tips-instantly-brightening-dull-skin
Diakses pada 29 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/home-remedies-for-glowing-skin
Diakses pada 29 April 2020

Artikel Terkait