Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami yang Patut Dicoba


Cara mencerahkan wajah kusam secara alami cenderung mudah dilakukan. Asal Anda telaten dan mau berkomitmen. Bahan-bahan yang diperlukan tak sulit dicari, seperti lidah buaya hingga baking soda.

(0)
15 May 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mencerahkan wajah kusam secara alami salah satunya adalah dengan lidah buayaWajah kusam bisa menurunkan pede dan mengganggu mood
Cara mencerahkan wajah kusam secara alami bisa dicoba bagi Anda yang menginginkan wajah cerah bersinar. Ya, wajah yang cerah merupakan idaman semua orang. Sebaliknya, wajah kusam dapat menyebabkan krisis pede dan mengganggu moodPenyebab wajah kusam di antaranya adalah pertambahan usia, penumpukan sel kulit mati, paparan sinar matahari berlebihan, kurang tidur, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang salah. Lantas, bagaimana cara mengatasi wajah kusam agar cerah kembali menggunakan bahan alami? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami dengan bahan di dapur

Ada berbagai cara mencerahkan wajah yang dapat dilakukan. Meski ada banyak cara instan yang bisa dipilih, nyatanya langkah ini belum tentu aman untuk kulit. Alih-alih mencerahkan wajah yang kusam, Anda mungkin justru mendapatkan masalah kulit baru karena tidak cocok menggunakannya. Maka dari itu, coba cara menghilangkan wajah secara alami yang bahan-bahannya mudah ditemukan di dapur Anda. Berikut adalah cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang bisa dilakukan. 

1. Minyak kelapa 

Salah satu cara mencerahkan wajah kusam secara alami adalah dengan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit berasal dari sifat antiradang, antioksidan, bahkan efek pemulihan. Untuk perawatan kulit, jenis minyak ini dilaporkan bisa menjadi pelembap untuk wajah. Cara menggunakannya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke permukaan wajah seraya memijat kulit secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat, lalu cuci bersih wajah Anda menggunakan sabun pembersih yang biasa digunakan. Walau berpotensi sebagai cara mengatasi wajah kusam, penting untuk diingat bahwa minyak kelapa tidak dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap minyak kelapa, maka penggunaan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan wajah kusam sebaiknya tidak dilakukan. 

2. Lidah buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai cara mencerahkan wajah kusam
Lidah buaya dapat dicoba untuk atasi wajah kusam
Cara mencerahkan wajah kusam secara alami berikutnya adalah dengan lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk kulit dan kecantikan memang sudah tak perlu diragukan. Jenis tanaman ini memiliki efek memulihkan kulit serta mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Lidah buaya juga dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit wajah tanpa memicu penyumbatan pori-pori.Mengoleskan gel lidah buaya setelah membersihkan wajah berpotensi sebagai cara menghilangkan wajah kusam sehingga membuatnya tampak lebih glowingNamun, beberapa orang juga bisa alergi terhadap lidah buaya.Untuk mencoba kecocokan kulit Anda terhadap lidah buaya, Anda bisa mengoleskannya sedikit ke area kulit lengan dan tunggu hingga 24 jam. Jika tak ada reaksi, maka lidah buaya aman untuk dioleskan ke wajah.

3. Lemon

Lemon juga bisa menjadi pilihan cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Kandungan vitamin C dan asam askorbat tinggi dalam buah lemon diketahui dapat mencerahkan wajah kusam. Selain itu, lemon juga mengandung antioksidan dan antipigmen yang dapat membuat wajah tampak sehat dan bercahaya.Cara menghilangkan kulit kusam secara alami menggunakan lemon adalah sebagai berikut. Ambil perasan lemon, lalu campurkan dengan beberapa tetesan air dalam perbandingan 1:2Kemudian, oleskan pada wajah. Diamkan sekitar 10-15 menit, bilas wajah dengan air sampai bersih. Jika kulit terasa sensasi seperti terbakar setelah mengoleskan lemon, sebaiknya Anda segera membilas wajah sampai bersih dan hentikan penggunaannya. 

4. Madu

Cara mencerahkan wajah kusam adalah dengan madu
Madu bisa menghilangkan wajah kusam jadi cerah
Cara mencerahkan wajah kusam secara alami berikutnya adalah dengan madu. Madu dapat membuat tampilan wajah Anda jadi cerah dan bebas kusam. Anda bisa mengoleskan madu pada permukaan kulit yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas bersih wajah menggunakan air suam-suam kuku. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menambahkan beberapa tetes air lemon pada sebagai cara mengatasi wajah kusam secara alami. 

4. Mentimun

Anda juga bisa menerapkan cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Manfaat mentimun berasal dari efeknya yang mendinginkan kulit disertai kandungan vitamin C dan senyawa lain yang dapat membantu mencerahkan wajah. Anda bisa menghaluskan mentimun dengan blender. Kemudian, menambahkan 1 sendok makan dengan gel lidah buaya. Aduk sampai merata. Oleskan campuran bahan alami tersebut pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci bersih wajah menggunakan air suam-suam kuku. 

5. Yogurt

Cara mencerahkan wajah kusam bisa dengan yogurt
Oleskan yogurt untuk menghilangkan wajah kusam
Yogurt juga menjadi cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang bisa digunakan. Yogurt bekerja dengan cara menghambat tyrosinase penyebab wajah kusam muncul. Selain itu, yogurt juga mengandung L-cysteine yang efektif mengurangi tampilan noda bekas jerawat dan hiperpigmentasiDengan ini, wajah Anda akan tampak cerah bercahaya. 

6. Kunyit

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami menggunakan kunyit bisa Anda coba di rumah. Kandungan antioksidan dan antiradang pada kunyit diketahui mampu membuat kulit terlihat lebih lembap, kenyal, dan cerah. Cara mengatasi wajah kusam dengan kunyit adalah campurkan 1 sendok teh kunyit, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok makan yogurt. Aduk hingga campuran bahan alami tersebut tercampur merata. Kemudian, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, bilas wajah dengan air bersih. 

7. Gula pasir

Gula pasir merupakan cara mencerahkan wajah kusam
Butiran gula pasir tidak bersifat abrasif pada kulit
Bagi Anda yang tidak memiliki kulit sensitif, tak ada salahnya melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati dengan gula pasir sebagai cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Butiran gula pasir yang kecil tidak bersifat abrasif pada kulit. Gula pasir juga dapat menjadi humektan alami, yakni komponen yang dapat membantu menarik kelembapan dan membantu kulit terhidrasi.Tak sampai di situ, gula adalah sumber asam glikolat, yakni sejenis asam alfa hidroksi (AHA) yang membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan kusam. Dengan demikian, sel kulit baru akan muncul dan wajah tampak lebih cerah.Setelah mengeksfoliasi, Anda bisa melengkapi ritual penggunaan produk perawatan kulit menggunakan pelembap, diikuti dengan face oil dan krim mata.

8. Pisang

Pernahkah mencoba pisang sebagai cara mencerahkan wajah kusam secara alami? Pisang ternyata dapat digunakan untuk membuat kulit tampak cerah atau bercahaya. Hal ini berasal dari kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada pisang.Antioksidan adalah molekul yang sering dijadikan sebagai komposisi bahan kecantikan kulit.Manfaat antioksidan dianggap dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.Di samping itu, kandungan antioksidan dalam pisang disebut-sebut dapat membuat kulit lebih bercahaya. Meski demikian, cara mengatasi wajah kusam secara alami ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna melihat keefektifannya. 

9. Pepaya

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab wajah terlihat kusam dan tua. Nah, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Hal ini berkat kandungan enzim papain dalam pepaya yang membantu mencerahkan wajah. Caranya, haluskan ¼ cangkir buah pepaya hijau atau pepaya yang masih muda.Oleskan masker pepaya hijau pada permukaan kulit yang sudah dibersihkan menggunakan jari-jari tangan.Diamkan selama 10 menit atau hingga masker wajah mengering.Jika sudah mengering, bilas wajah menggunakan air hangat.

10. Baking soda

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami lainnya adalah dengan baking soda. Baking soda merupakan zat eksfolian alami yang dapat membantu mencerahkan wajah dengan cara menyingkirkan sel-sel kulit mati. Anda bisa membuat baking soda yang dicampurkan dengan air putih secukupnya. Aduk merata, lalu oleskan pada wajah seraya memijatnya. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara menghilangkan wajah kusam secara alami ini dengan konsisten. Anda pun bisa menambahkan madu atau minyak zaitun untuk mendapatkan efek melembapkan. 

Cara mengatasi wajah kusam lainnya

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa menerapkan cara mengatasi wajah kusam lainnya melalui pola hidup sehat dan cara menjaga kesehatan kulit yang tepat. Berikut adalah penjelasan selengkapnya. 

1. Minum air putih

Salah satu cara mengatasi wajah kusam adalah dengan minum air putih yang cukup. Memang, tidak salah bila setiap orang dianjurkan untuk senantiasa menghidrasi tubuh. Sebab, kulit yang sehat berkaitan dengan kecukupan cairan dalam tubuh. Terlebih kulit wajah dan tubuh juga terdiri dari sel-sel yang membutuhkan asupan air agar dapat berfungsi dengan baik. Anda juga bisa menambahkan variasi buah-buahan yang sehat untuk ditambahkan ke dalam air putih. Misalnya, memasukkan perasan buah lemon ke dalam segelas air hangat di pagi hari.

2. Konsumsi makanan sehat

Cara mencerahkan wajah lainnya bisa dengan konsumsi makanan sehat
Makanan sehat dilaporkan berpengaruh terhadap kesehatan kulit
Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi juga menjadi cara mengatasi wajah kusam. Banyak alasan agar Anda harus meningkatkan asupan sayur dan buah-buahan. Kandungan vitamin dan molekul antioksidannya tak hanya membuat organ tubuh lebih sehat, tetapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit.Selain sayur dan buah, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan sumber lemak sehat. Menurut ahli, mengonsumsi sumber lemak sehat dan menjauhi makanan olahan bisa berpengaruh baik terhadap kesehatan kulit.

3. Jauhi asap rokok

Kulit yang dibiarkan terpapar asap rokok akan membuat beragam racun kimia hinggap di permukaannya. Apabila hal ini dibiarkan terus-menerus, kondisi stres oksidatif ke sel-sel kulit pun akan meningkat. Stres oksidatif akan memicu terjadinya penuaan dini sehingga membuat kulit jadi kusam. Apabila saat ini Anda masih merokok, alasan di atas bisa menjadi faktor pendorong untuk segera berhenti dan menerapkan cara menghilangkan wajah kusam ini

4. Hindari mandi terlalu lama

Jangan mandi terlalu lama sebagai cara mencerahkan wajah kusam
Kurangi durasi mandi untuk mencegah wajah kusam
Uap hangat dapat membantu pori-pori kulit menjadi terbuka dan membantu mengeluarkan racun. Namun, mandi dengan air hangat terlalu lama justru dapat menghilangkan minyak pada kulit dan membuatnya tampak lelah dan kusam. Sebagai solusinya, Anda bisa mengurangi durasi mandi untuk mengurangi efek tersebut.Sebelum menyudahi ritual mandi, Anda juga bisa mencoba membilas wajah dengan air yang lebih dingin untuk melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar dapat membuat wajah terlihat lebih kencang dan awet muda.

5. Lakukan eksfoliasi kulit

Lakukan eksfoliasi kulit secara rutin sebagai cara mengatasi kulit kusam. Eksfoliasi dapat membantu mencerahkan wajah Anda dengan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, eksfoliasi wajah dapat membantu menyamarkan kerutan dan garis halus, serta mencegah penyumbatan pori-pori. Lakukan eksfoliasi kulit setiap 2-3 kali seminggu. 

6. Hindari stres

Stres bisa menjadi penyebab wajah kusam. Untuk mengatasinya, penting bagi Anda untuk menghindari stres agar kesehatan kulit tidak terganggu sehingga Anda terhindar dari wajah kusam. 

Catatan dari SehatQ

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami di atas menggunakan bahan-bahan yang ada di rak dapur bisa Anda coba di rumah. Namun, jangan lupakan untuk senantiasa menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengonsumsi makanan sehat, dan berhenti merokok. Jika sudah menerapkan berbagai cara menghilangkan wajah kusam di atas tetapi Anda masih merasa kesulitan dalam mengatasinya, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi produk perawatan kulit atau tindakan medis yang tepat sesuai kondisi Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/wellness-bloggers-best-tips-instantly-brightening-dull-skin
Diakses pada 29 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/home-remedies-for-glowing-skin
Diakses pada 29 April 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19134433/
Diakses pada 29 April 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-to-get-rid-of-dull-skin/#how-can-i-prevent-my-skin-from-looking-dull
Diakses pada 22 Desember 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/simple-home-remedies-for-glowing-skin/
Diakses pada 22 Desember 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/dull-skin-causes-treatments
Diakses pada 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait