Cara Mencegah Ular Masuk Rumah dan Pertolongan Pertama Digigit Ular

(0)
19 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa cara mencegah ular masuk rumah yang bisa Anda lakukanUlar biasanya masuk ke rumah untuk mencari mangsa atau tempat sembunyi
Ular, terutama yang berbisa, merupakan salah satu hewan yang ditakuti banyak orang. Pasalnya, gigitan ular dapat menyebabkan luka parah hingga kematian. Jika Anda mendapati ular di halaman atau di dalam rumah, tentunya hal ini cukup mengerikan.Untuk mengantisipasi masalah ini, Anda bisa melakukan cara mencegah ular masuk rumah dengan menjaga kondisi lingkungan rumah supaya ular tidak tertarik berkunjung. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara melakukan pertolongan pertama digigit ular agar dapat memberikan penanganan yang tepat.

Cara mencegah ular masuk rumah

Pada dasarnya, ular memasuki wilayah hunian manusia untuk mencari makan dan tempat berlindung.Jadi, cara mencegah ular masuk rumah adalah dengan tidak memberi peluang adanya mangsa-mangsa yang bisa dimakan ular (tikus, cacing, dan sebagainya), atau membersihkan tempat-tempat yang lembap atau bisa dijadikan persembunyiannya.

1. Rapikan halaman Anda

Potong rumput, semak, dan pepohonan yang terlalu rimbun. Beri jarak antara 60-100 cm antara pohon dan semak-semak agar ular bisa mudah terlihat.

2. Jangan mengairi rumput di halaman

Kondisi halaman yang lembap dapat mendorong munculnya cacing dan hewan lain yang bisa memancing kedatangan ular.

3. Bersihkan halaman dari tumpukan kayu dan sampah

Tumpukan kayu atau puing-puing lainnya dapat menjadi tempat sempurna untuk ular bersembunyi. Buang, rapikan, dan kemas puing-puing tersebut sesuai keperluan.

4. Menutupi retakan dan celah di rumah

Cara mencegah ular masuk rumah adalah dengan menutup dan memperbaiki retakan serta celah di rumah, trotoar, atau pondasi agar tidak dijadikan tempat persembunyian ular.

5. Menanam tanaman pengusir ular

Untuk mencegah ular masuk rumah, Anda dapat menanam beberapa jenis tanaman beraroma kuat yang dapat mengusir ular. Beberapa tanaman tersebut, di antaranya bunga marigold, serai, bawang putih, hingga lidah mertua.

6. Jaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan termasuk cara mencegah ular masuk rumah yang wajib dilakukan. Lingkungan rumah dan halaman yang bersih akan membuat tikus dan mangsa-mangsa ular lainnya tidak betah berada di rumah Anda.Jika tidak dibersihkan, tumpukan barang-barang yang kotor tidak terurus dapat menjadi tempat persembunyian tikus dan ular.

7. Rapikan makanan hewan peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, selalu benahi sisa-sisa makanannya. Jangan biarkan sisa makanan tersebut tertinggal di luar dan masukkan ke dalam lemari terkunci yang tidak bisa dijangkau tikus.

Pertolongan pertama digigit ular

Apabila Anda digigit ular, segera lakukan pertolongan pertama digigit ular. Segera hubungi layanan gawat darurat jika ular yang menggigit adalah jenis ular berbisa, mengalami sesak napas, serta korban gigitan hilang kesadaran.

1. Pertolongan pertama digigit ular tidak berbisa

Jika Anda mengetahui bahwa ular tidak berbisa, lakukan pertolongan pertama digigit ular untuk menangani luka gigitannya.
  • Jauhkan korban dari area yang berbahaya
  • Jika terjadi perdarahan, beri tekanan untuk menghentikan perdarahan dengan kain bersih
  • Bersihkan luka dengan air bersih selama beberapa menit, lalu cuci dengan sabun dan air
  • Oleskan krim antibiotik
  • Gunakan perban steril untuk membungkus luka agar terlindung dari kotoran
  • Segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan (obat nyeri atau antibiotik)
  • Korban mungkin memerlukan suntikan tetanus.

2. Pertolongan pertama digigit ular berbisa

Jika Anda tidak yakin apakah ular yang menggigit berbisa atau tidak, sebaiknya lakukan pertolongan pertama digigit ular sebagai berikut:
  • Ingat ciri-ciri ular yang menggigit
  • Jauhkan korban dari area berbahaya
  • Hubungi tim medis
  • Buka gelang, perhiasan, sepatu, atau apa pun benda yang dikenakan di dekat gigitan karena bisa terjadi pembengkakan
  • Tetap tenang dan jangan banyak bergerak
  • Jangan berjalan, jika harus menuju ke suatu tempat sebaiknya korban dibopong atau menggunakan alat mobilisasi
  • Posisikan bagian tubuh yang mengalami luka gigitan di bawah jantung
  • Tutup luka dengan perban steril.
Saat memberikan pertolongan pertama digigit ular, jangan melakukan apa pun terhadap luka gigitan tersebut. Jangan memotong, menghisap, menyiram, atau mengompres dengan es. Jangan pula memberikan korban minuman beralkohol, berkafein, atau obat-obatan lainnya tanpa anjuran dokter.Setelah sampai di rumah sakit, sebutkan ciri-ciri ular yang menggigit. Korban akan diberikan serum antivenom untuk mengatasi bisa ular dan mungkin juga suntikan tetanus jika dibutuhkan.Saat kembali ke rumah, minum obat yang diresepkan dan lakukan apa yang disarankan dokter. Selanjutnya, lakukan tindakan cara mencegah ular masuk rumah agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.Jika Anda punya pertanyaan seputar gigitan ular, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
hewan peliharaancara mengusir tikus di rumah
Field Ecology. https://www.fieldecology.com/blog/snakes-away
Diakses 5 Januari 2021
National Pesticide Information Center. http://npic.orst.edu/pest/snake.html
Diakses 5 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/first-aid/snakebite-treatment
Diakses 5 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/first-aid/puncture-wound-treatment
Diakses 5 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait