Cara Mencegah Kehamilan Tanpa KB yang Bisa Dilakukan


Cara mencegah kehamilan tanpa KB dapat dilakukan lewat sejumlah metode, mulai dari. bisa menghindari berhubungan seks di masa subur, mengeluarkan penis sebelum ejakulasi, hingga menyusui.

(0)
26 Jan 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mencegah kehamilan tanpa KB ada berbagai macamCara mencegah kehamilan tanpa KB bisa dilakukan
KB umumnya menjadi pilihan utama bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan. Program ini membantu mengatur angka kelahiran untuk mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas. Namun, tidak semua wanita mau menggunakan alat kontrasepsi, baik dalam bentuk pil KB, KB suntik, atau KB spiral. Oleh karena itu, cara mencegah kehamilan tanpa KB kerap menjadi pilihan.Ditambah lagi dengan adanya anggapan yang menyatakan bahwa KB memiliki berbagai risiko pada tubuh, mulai dari meningkatkan berat badan, menurunkan gairah seksual, hingga tidak bisa kembali subur dengan cepat. Lantas, adakah cara mencegah kehamilan tanpa KB yang efektif dan aman?

Cara mencegah kehamilan tanpa KB

Berikut adalah beberapa cara mencegah kehamilan tanpa KB yang bisa Anda lakukan:

1. Tidak berhubungan seks saat masa subur

Wanita harus mengetahui kapan masa suburnya tiba
Tips berhubungan intim agar tidak hamil tanpa KB adalah dengan menghindari berhubungan intim pada masa subur (ovulasi) untuk mencegah kehamilan. Sebab, peluang Anda untuk hamil pada periode ini semakin tinggi. Tentunya, Anda harus mengetahui kapan tepatnya Anda berada dalam masa subur. Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur, Anda bisa menggunakan aplikasi penghitung masa subur yang saat ini banyak tersedia. Meski begitu, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur.Anda juga bisa mencari tahu masa ovulasi melalui pengukuran suhu basal tubuh setiap bangun tidur. Suhu basal tubuh adalah suhu ketika tubuh berada dalam keadaan istirahat sepenuhnya. Penurunan suhu basal tubuh akan terjadi 12-24 jam sebelum ovarium melepaskan sel telur. Sedangkan, saat hari pertama masa subur berlangsung, suhu basal tubuh mengalami peningkatan. Dalam periode ini, sebaiknya jangan melakukan hubungan intim jika Anda tidak ingin hamil sampai suhu basal tubuh kembali normal.Di sisi lain, Anda juga bisa memeriksa keluarnya lendir serviks pada masa subur. Lendir tersebut umumnya bening dan licin seperti putih telur. Jadi, pastikan Anda memerhatikan berbagai hal ini dengan cermat.Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seks Tanpa Pengaman?

2. Tidak melakukan penetrasi

Anda bisa menghindari penetrasi (memasukkan penis ke vagina) untuk sementara saat berhubungan seks sebagai cara mencegah kehamilan tanpa KB. Meski begitu, pasangan suami istri masih bisa melakukan aktivitas seksual lainnya, seperti oral seks, masturbasi, atau hanya saling bergesekan (petting). Namun, petting tanpa pakaian dan terjadi ejakulasi di dekat vagina memungkinkan sperma secara tidak sengaja masuk dan melakukan pembuahan. Jadi, Anda harus benar-benar memerhatikan hal ini.

3. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi

Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi akan mencegah sperma masuk untuk membuahi sel telur sehingga metode ini bisa dijadikan cara mencegah kehamilan tanpa KB. Namun, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk menarik penis. Meski begitu, menunda kehamilan tanpa KB dengan cara ini tidak selalu efektif. Sebab, bisa saja cairan praejakulasi yang dikeluarkan penis saat terangsang mengandung sperma sehingga saat dilepaskan ke dalam vagina terjadi pembuahan. 

4. Menggunakan kondom dengan tepat

Kondom membantu mencegah kehamilan
Tips agar tidak hamil walau tidak KB lainnya adalah berhubungan intim dengan pengaman (kondom). Pada dasarnya, kondom adalah salah satu alat KB yang bersifat temporer atau sekali pakai. Jika Anda tidak ingin menggunakan metode kontrasepsi KB dengan alat atau obat-obatan seperti pil KB, pastikan untuk selalu memakai kondom dengan benar setiap kali berhubungan seksual dengan pasangan.Sayangnya, kondom bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang sehingga Anda harus mengetahui keamanan kondisi diri sendiri terlebih dahulu. Selain itu, kondom juga bisa bocor yang menyebabkan sperma bisa masuk dan menyebabkan pembuahan.

5. Menyusui

Jika Anda merupakan ibu yang baru melahirkan, berikan bayi ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Selain menunjang tumbuh kembang Si Kecil, ini juga bisa membantu menunda ovulasi sehingga mencegah Anda hamil dalam jarak waktu yang berdekatan. Hal ini terjadi karena hormon yang dibutuhkan untuk merangsang produksi ASI bisa mencegah pelepasan hormon yang memicu ovulasi. Supaya tidak terjadi masalah saat menyusui, pastikan Anda menyusui dari kedua payudara secara bergantian.Baca juga: Metode Amenore Laktasi (MAL), Cara KB Alami agar Tidak Kebobolan Hamil Setelah Melahirkan

6. Menghindari berhubungan seks

Cara mencegah kehamilan tanpa KB yang paling efektif tentu saja dengan menghindari berhubungan seks. Selain mencegah kehamilan, hal ini juga bisa membuat Anda terhindar dari penularan penyakit menular seksual. Meski begitu, mungkin bukan hal yang mudah untuk menahan hasrat seksual. Jadi, Anda juga harus membicarakannya baik-baik dengan pasangan.

Apakah minum soda bisa menjadi cara alami mencegah kehamilan tanpa KB?

Mengonsumsi minuman bersoda dipercaya dapat mencegah kehamilan secara alami dengan menurunkan kesuburan baik pada wanita maupun pria. Soda bisa mendorong kontraksi rahim sehingga memicu menstruasi keluar. Selain itu, juga dapat menurunkan kualitas sperma.Namun, minum soda untuk mencegah kehamilan tidaklah selalu berhasil. Bahkan mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kesehatan lain, seperti obesitas, kekurangan vitamin, hingga mengidap penyakit kronis yang berbahaya. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan KB.Baca juga: Apakah Jahe Bisa Mencegah Kehamilan? Ketahui FaktanyaPil KB, suntik KB, KB spiral atau KB alami memiliki kelebihan, kekurangan serta efek samping masing-masing. Penting bagi Anda untuk menentukan pilihan yang tepat.Namun, jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai cara mencegah kehamilan yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan seksualkehamilanpenggunaan kb
Kemkes. https://www.google.com/url?q=https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file%3Ddownload/pusdatin/infodatin/infodatin-kb.pdf&sa=D&ust=1610444998565000&usg=AOvVaw38_v1yLleVLaMDM08OphNj
Diakses pada 12 Januari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/natural-birth-control-methods-906798
Diakses pada 12 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-birth-control#herbal-remedies
Diakses pada 12 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/sex/birth-control/natural-birth-control
Diakses pada 12 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320948#To-conceive,-consider-cutting-back-on-sodas
Diakses pada 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait