Jangan Terlambat, Begini Langkah Pencegahan Katarak yang Perlu Anda Tahu


Katarak umumnya terjadi karena kondisi penuaan. Meski demikian, orang usia produktif pun bisa mengalaminya. Terdapat beberapa cara mencegah katarak yang dapat Anda lakukan agar tehindar dari risiko kebutaan. Memeriksakan diri secara rutin ke dokter mata adalah salah satunya.

(0)
pencegahan katarak sejak usia diniPencegahan katarak dapat dilakukan sedari usia produktif
Katarak merupakan kondisi kekeruhan lensa mata yang memengaruhi penglihatan. Perkembangan katarak terjadi secara bertahap dan identik dengan orang tua. Dalam hal ini, katarak menjadi penyebab umum kehilangan penglihatan di usia 40 tahun ke atas. Meski demikian, katarak bisa terjadi pada siapa pun, termasuk mereka di usia muda. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang terjadinya katarak dan bagaimana cara pencegahan katarak untuk mengurangi risiko kejadian dan meningkatkan kesehatan mata. 

Bagaimana katarak bisa terjadi?

Seiring pertambahan usia, lensa mata menjadi kurang fleksibel, keruh, dan bertambah tebal. Kondisi kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan lensa dan penggumpalan protein, sehingga membuat penglihatan kabur.Sel-sel pada lensa mata mengandung protein dan air yang telah diatur sedemikian rupa agar lensa mata tetap jernih. Namun, pada beberapa kondisi, seperti bertambahnya usia, molekul protein menggumpal sehingga membuat lensa menjadi keruh dan membuat mata kabur. Inilah penyebab terjadinya katarak.Seiring waktu, katarak dapat berkembang menjadi lebih padat. Jika terus dibiarkan, hal ini dapat membuat Anda kehilangan penglihatan secara keseluruhan. Perkembangan katarak bisa saja lebih lambat bergantung pada cara Anda menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. 

Langkah pencegahan katarak

pemeriksaan mata rutin dapat mencegah katarak
Pemeriksaan rutin dapat membantu mencegah katarak
Meskipun belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan pencegahan katarak, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risikonya.Berikut ini adalah beberapa cara mencegah katarak yang bisa Anda lakukan:

1. Melakukan pemeriksaan mata rutin 

Jangan menunggu timbul keluhan untuk pergi ke dokter mata. Pemeriksaan mata secara rutin dapat membantu mendeteksi katarak atau gangguan mata lain sejak awal.Direktorat pencegahan dan pengendalian penyakit Kemenkes RI menganjurkan Anda melakukan pemeriksaan mata minimal satu tahun sekali. Hal ini tentu dapat memudahkan penanganan dibandingkan dengan kondisi gangguan mata yang sudah parah.

2. Memakai kacamata hitam

Paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami katarak. Itu sebabnya, menggunakan kacamata hitam dapat membantu mencegah katarak.Gunakanlah kacamata hitam yang dapat menghalangi Anda dari paparan sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB). Paparan UVB dapat menyebabkan pembentukan katarak yang lebih cepat.Selain itu, penggunaan topi atau membatasi kegiatan di luar ruangan juga dapat membantu mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke mata.

3. Menghindari cedera mata

Meskipun kejadian katarak identik dengan penuaan, cedera pada mata atau operasi mata juga dapat menjadi salah satu faktor risiko katarak. Kondisi ini disebut dengan katarak traumatik.Itu sebabnya, selalu berhati-hati untuk mencegah cedera mata yang berpotensi menyebabkan katarak. Pastikan pula Anda memilih produk untuk mata yang aman.

4. Menjaga pola makan 

Pencegahan katarak juga bisa dimulai dari makanan yang sehat. Sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan mata.Kandungan antioksidan, seperti beta-karoten, selenium, vitamin A, C, dan E dapat membantu menghambat perkembangan katarak, serta mencegah radikal bebas yang dapat memicu penggumpalan protein pada lensa.Selain itu, membatasi konsumsi garam, gula, dan lemak dalam menu makanan sehari-hari juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara ini dapat membantu mencegah penyakit kronis yang dapat memicu katarak.  

5. Menjaga kesehatan secara keseluruhan

Olahraga dapat mencegah katarak
Gaya hidup sehat sebagai salah satu upaya pencegahan katarak
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, beberapa penyakit kronis dapat memperbesar risiko Anda terkena katarak.Beberapa masalah kesehatan yang menjadi penyebab katarak, antara lain diabetes, obesitas, dan hipertensi. Itu sebabnya, salah satu upaya pencegahan katarak adalah dengan mencegah penyakit-penyakit tersebut.Menjaga kesehatan secara keseluruhan dan menghindari penyakit degeneratif tersebut, menjadi cara tepat dan alami pencegahan katarak. Mulailah dengan menjalani pola makan sehat dan meningkatkan aktivitas fisik secara rutin.

6. Menghindari penggunaan obat kortikosteroid dalam waktu lama

Kortikosteroid adalah obat yang mengandung hormon steroid. Obat ini umum digunakan untuk mengurangi peradangan dan menekan kerja sistem kekebalan tubuh yang berlebih. Penggunaan jangka panjang obat jenis ini menjadi salah satu faktor risiko katarak. Hal ini karena obat kortikosteroid diketahui dapat memengaruhi tingkat kekeruhan lensa mata.

7. Berhenti merokok dan minum alkohol

Cara lain mencegah katarak yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghilangkan kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol. Keduanya diketahui dapat menimbulkan banyak risiko kesehatan, termasuk katarak. Merokok menyebabkan penurunan kadar antioksidan dalam tubuh, termasuk mata. Asap rokok yang mengandung radikal bebas juga dapat mengganggu protein lensa mata hingga menyebabkan kekeruhan lensa mata.Sementara itu, kandungan metanol dalam alkohol bersifat toksik bagi tubuh yang dapat berakibat pada kerusakan mata seperti katarak, hingga kebutaan permanen.Pada awal muncul, gejala katarak mungkin tidak terlalu mengganggu. Namun, jika dibiarkan, kondisi ini berangsur memburuk dan dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan.Pada tahap itu, operasi katarak menjadi satu-satunya pengobatan katarak. Penting untuk mencegah katarak agar Anda tidak perlu sampai melakukan operasi, apalagi kehilangan penglihatan.Jika masih ada pertanyaan terkait pencegahan katarak atau masalah kesehatan lainnya, silakan bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
kesehatan matakatarakpenglihatan kaburkatarak traumatik
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cataracts/symptoms-causes/syc-20353790
Diakses pada 4 Mei 2021
Vision service plan. https://www.vsp.com/eyewear-wellness/eye-health/cataracts-prevention
Diakses pada 4 Mei 2021
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/cataracts/how-can-i-prevent-cataracts
Diakses pada 4 Mei 2021
Harvard Medical School. https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/what-can-i-do-to-prevent-cataracts
Diakses pada 4 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait