Lakukan Tindakan-tindakan Ini Sebagai Cara Mencegah Kanker Prostat!

Mengonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat
Mencegah kanker prostat dapat dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup.

Kanker prostat merupakan salah satu kanker yang paling sering dialami oleh pria. Kanker ini juga menjadi salah satu penyebab kematian terbesar pada pria. Tidak ada cara pasti yang dapat dilakukan untuk memastikan Anda terhindar dari kanker prostat. Akan tetapi, dengan mengontrol faktor risiko yang dapat dimodifikasi, dapat menurunkan risiko Anda mengalami kanker ini.

Cara Mencegah Kanker Prostat

Salah satu cara mencegah kanker prostat yang dapat dilakukan adalah menjaga berat badan ideal. Walaupun belum jelas efek dari berat badan terhadap kanker prostat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria dengan kelebihan berat badan memiliki risiko terkena kanker prostat fatal yang lebih tinggi.

Selain menjaga berat badan, rutin melakukan aktivitas fisik juga dapat menjadi salah satu cara mencegah kanker prostat. Berolahraga secara teratur tidak hanya membantu menurunkan risiko kanker prostat, tetapi juga bermanfaat bagi kondisi kesehatan tubuh Anda.

Makanan yang dikonsumsi juga memegang peran penting dalam menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Pola makan yang dianjurkan, yaitu:

  • Membatasi makanan tinggi lemak
  • Mengurangi konsumsi daging merah, terutama daging olahan
  • Mengonsumsi sayur dan buah setiap hari

Mengonsumi sayur dan buah yang banyak mengandung antioksidan secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan DNA lebih lanjut. Kerusakan DNA dalam sel tubuh inilah yang dihubungkan dengan kejadian kanker.

Kandungan likopen dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Zat ini dapat ditemukan pada tomat, bayam, kacang, beri, jeruk, dan semangka. Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi kalsium. Beberapa penelitian menemukan bahwa diet tinggi kalsium dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat, namun perlu penelitian lebih lanjut terhadap hal ini.

Deteksi Kanker Prostat Sejak Dini

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala kanker prostat. Gejala yang dialami dapat berupa nyeri dan panas saat berkemih, sulit untuk mengeuarkan urin, lebih sering buang air kecil pada malam hari, keluarnya darah dengan urin, keluarnya darah bersama sperma, sulit ereksi, nyeri ketika ejakulasi.

 

Deteksi dan penanganan sejak dini dapat mencegah penyebaran kanker ke organ tubuh lainnya. Berbagai pilihan pengobatan ditentukan berdasarkan stadium kanker yang dimiliki, usia dan angka harapan hidup, kondisi kesehatan lainnya, kemungkinan penyembuhan, serta kemungkinan efek samping dari pengobatan yang dijalani. Pilihan pengobatan kanker prostat yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Pengamatan dan Pengawasan Aktif

Pengawasan aktif bertujuan mencegah pengobatan yang tidak dibutuhkan. Hal ini hanya dilakukan pada stadium awal yang tidak menimbulkan gejala. Namun, tidak dianjurkan pada pria yang berusia lebih lanjut.

2. Operasi

Operasi radikal prostatektomi merupakan salah satu pilihan pengobatan untuk menyembuhkan kanker prostat yang belum mengalami penyebaran. Meski demikian, terdapat komplikasi yang dapat terjadi setelah menjalani operasi.

3. Radiasi

Penggunaan radiasi bertujuan membunuh sel-sel kanker. Radioterapi dilakukan pada kanker yang belum menyebar atau hanya mengalami penyebaran ke organ yang dekat.

4. Krioterapi

Krioterapi merupakan metode untuk membunuh sel kanker dengan cara dibekukan. Terapi ini dapat dilakukan pada kanker prostat yang terlokalisir dan belum menyebar ke bagian lain.

5. Terapi Hormonal

Terapi ini umumnya digunakan sebagai kombinasi dengan radioterapi. Terapi hormon tidak menyembuhkan kanker prostat, tetapi dapat menghambat pertumbuhan pada kanker tingkat lanjut dan meredakan gejala yang dialami.

6. Kemoterapi

Kemoterapi menjadi pilihan pengobatan pada kanker prostat yang telah terjadi metastasis ke bagian tubuh lainnya Kemoterapi bertujuan mengontrol perkembangan sel dan mengurangi gejala nyeri yang dialami.

WebMD. https://www.webmd.com/prostate-cancer/guide/understanding-prostate-cancer-prevention
Diakses pada Mei 2019

Cancer Org. https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/early-detection/prevention.html
Diakses pada Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/in-depth/prostate-cancer-prevention/art-20045641
Diakses pada Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed