5 Cara Mencegah Kaki Lecet karena Sepatu


Kaki lecet karena sepatu memang menyebalkan. Untuk mencegahnya, kamu dapat mencoba menggunakan kaus kaki, membeli sepatu dengan ukuran yang benar, hingga menempelkan lakban kertas.

0,0
11 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kaki lecet karena sepatuKaki lecet karena sepatu dapat dicegah dengan menggunakan lakban kertas.
Kaki yang lecet akibat penggunaan sepatu tentunya menjengkelkan. Luka lecet tersebut bisa terasa perih, apalagi jika tergesek atau terkena air.Namun, Anda jangan khawatir karena ada banyak cara untuk mencegah kaki lecet karena sepatu yang bisa Anda coba. Simaklah penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 cara mencegah kaki lecet karena sepatu

Salah satu penyebab umum kaki lecet karena sepatu adalah ukuran sepatu yang tidak pas. Pasalnya, masih banyak orang yang membeli sepatu tanpa mempertimbangkan dimensi kaki mereka. Selain itu, keringat juga bisa menyebabkan gesekan antara sepatu dan kaki sehingga menyebabkan lecet.Berikut adalah beberapa cara mencegah kaki lecet karena sepatu yang bisa dicoba.

1. Menggunakan lakban kertas

Salah satu cara untuk mencegah kaki lecet akibat sepatu adalah menggunakan lakban kertas di belakang pergelangan kaki Anda.Sebuah studi yang dimuat dalam Clinical Journal of Sport Medicine mengungkapkan bahwa atlet lari juga menggunakan lakban kertas untuk mencegah munculnya luka lecet yang melepuh di kaki mereka.Cobalah tempelkan satu lembar lakban kertas di belakang tumit agar tidak lecet.

2. Menggunakan kaus kaki

Jika ukuran sepatunya sudah benar tapi kaki Anda masih sering lecet, cobalah gunakan kaus kaki. Kaus kaki yang bahannya lembut dapat menjaga kaki Anda dari gesekan sehingga luka lecet dapat dicegah.Biasakan untuk selalu menggunakan kaus kaki saat Anda mengenakan sepatu. Selain bisa mencegah bau kaki, kaus kaki juga dapat mengurangi risiko kaki lecet.

3. Membeli sepatu dengan ukuran yang pas

Sebelum membeli sepatu, ada baiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Meski ukurannya sudah sesuai dengan sepatu yang biasa Anda pakai, Anda tetap perlu menyesuaikannya dengan dimensi kaki.Setelah itu, cobalah berjalan dengan sepatu tersebut. Jika memang nyaman dan tidak menimbulkan gesekan, barulah Anda boleh membelinya.

4. Melenturkan sepatu baru

Terkadang, sepatu baru memiliki bahan yang masih kaku. Hal ini dapat menyebabkan kaki Anda lecet jika sepatu itu langsung dipakai beraktivitas.Untuk mencegahnya, cobalah gunakan sepatu Anda dulu di rumah selama beberapa hari untuk melakukan aktivitas ringan. Jika bahannya sudah mulai lentur, barulah Anda boleh menggunakannya untuk melakukan aktivitas yang berat di luar rumah.

5. Mengoleskan petroleum jelly

Sebelum menggunakan sepatu, cobalah oleskan petroleum jelly di bagian-bagian kaki yang rawan lecet akibat sepatu.Dilansir dari eMediHealth, petroleum jelly dapat menghaluskan gesekan antara kaki dan sepatu sehingga luka lecet dapat dicegah.

Cara mengobati kaki lecet akibat sepatu secara alami

Jika kaki Anda terlanjur lecet akibat penggunaan sepatu, terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobatinya, seperti:
  • Lidah buaya

Menurut sebuah penelitian yang dirilis dalam Indian Journal of Dermatology, lidah buaya mengandung senyawa antiradang yang bisa mengobati luka lepuh di bagian kaki.Terlebih lagi, tanaman ini juga mengandung glukomanan yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Untuk mencobanya, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya alami ke bagian kaki yang luka.
  • Minyak zaitun

Berbagai komponen bioaktif yang dikandung minyak zaitun dipercaya bersifat antiradang. Inilah sebabnya minyak zaitun dianggap bisa meredakan peradangan di sekitar luka lecet.Jika kamu ingin mencobanya, siapkan 2-3 tetes minyak zaitun dan 1-2 tetes minyak almond (sebagai carrier oil). Lalu, campurkan keduanya dan oleskan secara perlahan di bagian kaki yang lecet.
  • Madu

Dikutip dari sebuah riset yang dirilis dalam jurnal Integrative Medicine Insights, madu memiliki senyawa antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi peradangan di sekitar luka lecet sehingga risiko infeksi dapat dicegah.Gunakan kassa steril, lalu oleskan sedikit madu. Setelah itu, tempelkan pada luka lecetnya. Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, datanglah ke dokter dan berkonsultasi. Nantinya, dokter dapat meresepkan obat-obatan yang bisa membantu menyembuhkan luka lecet.Jangan ragu untuk  bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
kulit dan kecantikanpenyakit kakibekas luka
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/home-remedies-for-shoe-bites/#how-can-i-prevent-shoe-bites
Diakses pada 27 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/shoe-bites#prevention
Diakses pada 27 September 2021
eMediHealth. https://www.emedihealth.com/skin-beauty/more-skin-conditions/prevent-shoe-bites
Diakses pada 27 September 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait