Cara Mencegah Cacingan pada Anak dan Orang Dewasa


Infeksi cacing usus menyebabkan seseorang kehilangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Cara mencegah cacingan adalah dengan rajin mencuci tangan, tidak mengonsumsi daging dan ikan mentah, serta rutin minum obat cacing 6 bulan sekali.

0,0
Cara mencegah cacingan adalah dengan rajin mencuci tangan dan rutin minum obat cacing 6 bulan sekaliAnak-anak rentan mengalami cacingan karena bermain di lumpur atau pasir
Mendengar kata ‘cacingan’, Anda mungkin mengira bahwa kondisi ini hanya bisa dialami anak-anak saja. Padahal, orang dewasa juga dapat mengalami cacingan tanpa disadari. Seseorang dapat mengalami cacingan selama bertahun-tahun tanpa menunjukkan gejala yang signifikan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara mencegah cacingan.
Secara umum, cacingan dapat menimbulkan gejala seperti sakit perut, diare, mual, muntah, perut kembung, kelelahan, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, perut nyeri saat ditekan, hingga menyebabkan anemia. Cacingan yang tidak ditangani dapat menimbulkan disentri atau diare yang disertai darah dan lendir pada feses. Selain itu, cacingan dapat menyebabkan ruam dan gatal di sekitar dubur.

Cara mencegah cacingan

Anak-anak merupakan kelompok yang rentan mengalami cacingan karena mereka sering bermain pasir, tanah, atau lumpur. Sementara, orang dewasa yang sistem imunnya lemah berisiko mengalami cacingan.Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sepuluh persen orang-orang di negara berkembang terinfeksi cacing usus karena tingkat sanitasi yang rendah serta air minum yang terkontaminasi.
Cara mencegah cacingan adalah dengan rutin cuci tangan pakai sabun
Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan
Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara mencegah cacingan. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan dan terapkan dalam keluarga:
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menggunakan toilet, sebelum menyiapkan makanan, serta sebelum dan sesudah makan.
  • Hindari mengonsumsi daging dan ikan mentah.
  • Cuci bersih semua buah dan sayur yang akan dimakan mentah.
  • Bedakan pisau, talenan dan alat lainnya untuk makanan mentah dan matang 
  • Menggunakan alas kaki saat pergi ke luar rumah, terutama ketika bermain di tanah atau pasir
  • Rutin mengonsumsi obat cacing setiap 6 bulan sekali untuk pencegahan.

Memilih obat cacing keluarga

Anda dan keluarga mungkin sudah menjalani pola hidup yang sehat dan bersih. Namun, kadang masih ada risiko terpapar infeksi cacing usus. Untuk itu, Anda dan keluarga tetap perlu mengonsumsi obat cacing secara rutin.Anda bisa memilih Konvermex sebagai obat cacing keluarga. Konvermex mengandung bahan aktif Pyrantel Pamoate yang dapat melumpuhkan dan menghancurkan cacing di usus sehingga mudah dikeluarkan bersama feses tanpa membutuhkan obat pencahar. 
Cara mencegah cacingan dengan rutin minum obat cacing Konvermex setiap 6 bulan sekali
Minum Konvermex setiap 6 bulan sekali
Konvermex dapat membantu mengatasi cacingan yang disebabkan oleh infeksi parasit pada usus seperti:
  • Cacing kremi (Enterobius vermicularis) 

Bila Anda melihat si Kecil sibuk menggaruk anusnya terutama pada malam hari, kemungkinan besar ia mengalami infeksi cacing kremi. Kondisi ini menyebabkan anak tidak nyaman dan bahkan mengganggu tidurnya. Infeksi cacing kremi biasanya terjadi pada anak yang tidak sengaja menelan atau menghirup telur cacing kremi yang berukuran mikroskopis alias sangat kecil. Telur tersebut bisa ditemukan pada tangan yang kotor maupun permukaan benda yang terkontaminasi seperti mainan, seprai, handuk, pakaian, dan perlengkapan mandi.Mengonsumsi Konvermex yang mengandung Pyrantel Pamoate dapat membantu mengatasi cacing kremi.
  • Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)

Infeksi cacing gelang rentan dialami oleh mereka yang tinggal di area padat penduduk yang minim akses air bersih dan sanitasinya buruk. Anda bisa terinfeksi cacing gelang saat tangan yang kotor tanpa sengaja menyentuh area mulut yang mengakibatkan telur cacing masuk ke pencernaan dan atau mengonsumsi bahan makanan dari tanah yang terkontaminasi cacing.Infeksi cacing gelang yang tidak diatasi dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, bahkan komplikasi kesehatan. Untuk itu, Anda perlu mencegahnya dengan rutin minum Konvermex setiap enam bulan untuk memastikan usus Anda terbebas dari telur cacing.
  • Cacing tambang (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus)

Memiliki binatang peliharaan di rumah seperti anjing atau kucing dapat membuat Anda rentan terinfeksi cacing tambang. Selain itu, jika Anda atau si Kecil tidak menggunakan alas kaki saat keluar rumah, maka risiko cacing tambang masuk ke tubuh akan semakin besar. Hal ini disebabkan karena larva cacing tambang dapat masuk menembus kulit.Menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta rutin mengonsumsi Konvermex dapat membantu Anda sekeluarga terhindar dari infeksi cacing tambang.
  • Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Trichostrongylus orientalis

Parasit Trichostrongylus memiliki beragam jenis dan paling banyak menyerang hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Namun, jenis T. colubriformis dan T. orientalis dilaporkan juga dapat menginfeksi manusia.Cara mencegah cacingan yang disebabkan kedua jenis parasit ini adalah dengan mencuci bersih sayuran dan buah-buahan yang akan dimakan mentah. Selain itu, rutin mengonsumsi Konvermex dapat menjadi cara pencegahan cacingan yang efektif.Konvermex hadir dalam bentuk sirup, kaplet, maupun tablet untuk dewasa dan anak-anak. Konvermex 250 untuk dewasa tersedia dalam bentuk sirup rasa vanilla latte dan kaplet. Sementara Konvermex 125 untuk anak tersedia dalam bentuk sirup rasa jeruk dan tablet. Orang dewasa maupun anak-anak disarankan untuk mengonsumsi Konvermex setiap 6 bulan sekali untuk melindungi seluruh keluarga dari risiko cacingan.

Minum obat cacing sebelum puasa

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat cacing adalah sebelum memasuki bulan Ramadan. Infeksi cacing usus dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan, lemas, dan lesu. Kondisi ini terjadi karena cacing dalam usus menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke tubuh. Cacingan tentu saja dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas, terutama selama bulan puasa. Saat berpuasa, asupan nutrisi dan cairan tubuh berkurang. Kekurangan nutrisi akan semakin parah apabila Anda menderita cacingan. Tubuh akan semakin lemas dan rasa lapar menjadi sulit dikendalikan.Belum lagi saat bulan puasa, Anda dan keluarga ingin membeli takjil atau hidangan berbuka yang dijual di pinggir jalan. Makanan dan minuman tersebut rentan terkontaminasi telur cacing.Oleh sebab itu, mengonsumsi obat cacing sebelum memasuki bulan Ramadan menjadi ikhtiar untuk hidup sehat agar ibadah puasa bisa berjalan lancar. 
infeksi cacinginfeksi cacing ususinfeksi cacing kremiadv konvermex
WHO. https://www.who.int/health-topics/soil-transmitted-helminthiases#tab=tab_1
Diakses pada 19 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/worms-in-humans#types-of-worms
Diakses pada 19 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324042
Diakses pada 19 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/intestinal-worms
Diakses pada 19 Oktober 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4403529/
Diakses pada 25 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait