Cara Mencapai Kebahagiaan Sejati dan Dampaknya Bagi Kesehatan

(0)
Salah satu cara mencapai kebahagiaan sejati adalah dengan tersenyumSaat tersenyum, otak Anda melepaskan hormon kebahagiaan
Berhasil mencapai kebahagiaan sejati merupakan hal yang didamba-dambakan oleh setiap orang. Ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kebahagiaan sejati. Namun, sebelum mencapainya Anda harus terlebih dahulu memahami apa arti kebahagiaan sejati.

Apa arti kebahagiaan sejati?

Kebahagiaan sejati adalah kondisi di mana secara mental dan emosional, Anda merasakan adanya kepuasan hingga kegembiraan yang intens. Meskipun begitu, definisi kebahagiaan sejati masing-masing orang berbeda satu dengan yang lainnya.Bagi sebagian orang, kebahagiaan sejati mungkin saja digambarkan sebagai pencapaian yang berhasil mereka dapatkan dalam hidup, termasuk materi. Namun, tidak semua menganggap bahwa kebahagiaan sejati bisa didapatkan dari materi.Menurut para peneliti di bidang psikologi, kebahagiaan sejati bergantung pada cara pandang masing-masing orang. Itu artinya, tiap orang bertanggung jawab penuh terhadap kebahagiaan sejatinya sendiri.

Cara mencapai kebahagiaan sejati

Selain mengatur sudut pandang, ada beberapa kebiasaan yang bisa membantu Anda untuk meraih kebahagiaan sejati. Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa menolong Anda untuk mencapai kebahagiaan sejati:

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Selain berdampak pada kondisi fisik, makanan yang Anda konsumsi juga dapat memengaruhi keadaan pikiran. Makanan seperti daging tanpa lemak, unggas, kacang polong, dan produk susu protein tinggi dapat membantu Anda merasa bahagia.Hal ini tak lepas dari kandungan-kandungan di dalamnya yang merangsang produksi dopamin. Sementara itu, makanan yang diolah berlebihan dan gorengan cenderung membuat Anda tidak berenergi dan suasana hati menjadi kurang baik.

2. Tersenyum

Saat tersenyum, otak Anda melepaskan hormon bernama dopamin. Hormon ini membuat Anda merasa bahagia. Ketika sedang merasa sedih, cobalah tersenyum dan lihat apa efek yang terjadi pada diri Anda. Selain itu, Anda bisa juga mempraktikkannya dengan tersenyum pada diri sendiri di cermin setiap pagi.

3. Istirahat yang cukup

Beristirahat yang cukup sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental, fisik, serta fungsi otak Anda. Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu istirahat selama 7 hingga 8 jam saat tidur malam. Ketika merasakan kantuk pada siang hari, hal tersebut dapat menjadi sinyal yang menandakan bahwa tubuh Anda butuh beristirahat.

4. Berolahraga

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga dapat membantu Anda meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membantu meningkatkan kebahagiaan Anda. Beberapa contoh olahraga yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
  • Jalan kaki keliling komplek
  • Yoga
  • Tai chi
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Menari

5. Memberi pujian ke orang lain

Memuji orang lain membuat hati terasa bahagia
Memberikan pujian tulus pada teman dapat membawa kebahagiaan sejati dalam diri
Studi menyebut bahwa melakukan kebaikan dapat membantu Anda mencapai kepuasan dan kebahagiaan sejati. Salah satu kebaikan yang bisa Anda terapkan yaitu dengan memberikan pujian kepada orang lain. Selain mencerahkan harinya, memberikan pujian kepada orang di sekitar mampu meningkatkan kebahagiaan Anda.

6. Selalu bersyukur

Menurut penelitian, bersyukur memberikan dampak signifikan terhadap kebahagiaan Anda. Sebagai permulaan, mulailah bersyukur dari hal-hal kecil. Dengan bersyukur, Anda nantinya akan lebih menyadari hal-hal positif yang ada di sekitar.

7. Menerima segala sesuatu yang telah terjadi

Tidak ada orang yang hidupnya dipenuhi dengan kebahagiaan sepanjang waktu. Apabila Anda melakukan kesalahan atau mengalami hal buruk, akuilah itu dan jangan mencoba berpura-pura bahagia. Setelah berhasil menerimanya, lakukan kegiatan yang bisa mengembalikan keceriaan Anda, bisa dengan berjalan-jalan atau bercerita dengan orang yang dipercaya.

8. Meditasi

Meditasi dapat membantu Anda mencapai kebahagiaan sejati. Meditasi dapat Anda lakukan dengan cara sederhana, misalnya duduk diam selama lima menit untuk menenangkan pikiran. Selain itu, latihan teknik pernapasan mendalam juga dapat menjadi salah satu bentuk meditasi.

9. Merawat diri

Kesehatan fisik yang Anda miliki dapat berpengaruh terhadap kondisi mental. Maka dari itu, rutin merawat diri dapat membantu Anda untuk mencapai kebahagiaan sejati. Periksakan kondisi Anda secara berkala ke dokter untuk memastikan dan menjaga kesehatan tubuh.Perlu diingat bahwa setiap orang mempunyai cara mereka masing-masing untuk mencapai kebahagiaan sejati. Apabila kebiasaan-kebiasaan di atas hanya menambah stres dan tidak cocok dengan Anda, sebaiknya tinggalkan saja.

Dampak positif kebahagiaan terhadap kesehatan

Selain baik untuk kondisi mental, kebahagiaan juga memberi dampak positif bagi kesehatan Anda. Beberapa dampak positif yang muncul dari adanya perasaan bahagia di antaranya:
  • Mendorong gaya hidup sehat

Perasaan bahagia dapat mendorong orang untuk menerapkan gaya hidup sehat. Hal tersebut tentunya dapat berdampak positif untuk kesehatan. Menurut penelitian, orang yang bahagia cenderung mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur, buah, dan biji-bijian.
  • Meningkatkan sistem imun

Menurut penelitian, perasaan bahagia dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Meski begitu, hingga kini belum diketahui pasti mengapa hal itu bisa terjadi.Namun, meningkatnya sistem kekebalan tubuh kemungkinan terjadi karena pengaruh perasaan bahagia terhadap aktivitas sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA). HPA sendiri mempunyai peran untuk mengatur sistem kekebalan, hormon, pencernaan, dan tingkat stres Anda.
  • Mengatasi stres

Perasaan bahagia membantu mengurangi kadar hormon kortisol penyebab stres. Tidak hanya stres, kadar hormon kortisol yang berlebihan juga dapat membuat Anda mengalami gangguan tidur, penambahan berat badan, hingga tekanan darah tinggi. 
  • Menjaga kesehatan jantung

Kebahagiaan sejati dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Rasa bahagia ternyata berdampak positif terhadap kesehatan jantung
Kebahagiaan dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung. Selain itu, perasaan bahagia juga membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 6.500 lansia berusia di atas 65 tahun, ditemukan bahwa kebahagiaan mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi hingga 9 persen.
  • Memperpanjang umur

Perasaan bahagia dapat membuat umur Anda menjadi lebih panjang. Meski begitu, hingga sekarang belum diketahui pasti mengapa orang yang bahagia memiliki umur lebih panjang. Namun, dorongan untuk menerapkan gaya hidup sehat saat orang merasa bahagia diduga menjadi salah satu alasannya.

Catatan dari SehatQ

Kebahagiaan sejati memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan Anda. Namun, cara untuk mencapai kebahagiaan sejati masing-masing orang berbeda satu dengan yang lain. Apabila merasa kesulitan untuk mencari kebahagiaan sejati, konsultasikan kondisi Anda dengan ahlinya.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai cara mencapai kebahagiaan sejati dan dampaknya terhadap kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragakesehatan mentalstresistirahat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-be-happy
Diakses pada 24 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/happiness-and-health
Diakses pada 24 September 2020
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/how-do-you-find-your-happiness/
Diakses pada 24 September 2020
Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/mental-health/cultivating-happiness.htm
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait