9 Cara Menasehati Anak yang Efektif agar Anak Patuh

(0)
15 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu cara menasehati anak yang efektif ialah menjadi orangtua yang sabar dan konsisten.Menyentuh anak dengan lembut dipercaya sebagai cara menasehati anak yang efektif.
Ada kalanya nasehat yang diberikan orangtua pada anak akan "masuk dari kuping kiri dan keluar lewat kuping kanan". Mungkinkah ada yang salah dari cara menasehati anak yang Anda lakukan selama ini?Orangtua tidak perlu berkecil hati saat anak-anak tidak mau mendengar nasehat kalian. Sebab, ada banyak cara menasehati anak yang efektif agar Si Kecil mau mendengar dan patuh.

Cara menasehati anak yang efektif agar ia mau patuh dan mendengar

Jangan buru-buru menghakimi anak saat ia tak mau mendengar nasehat Anda. Bisa jadi, nasehat yang Anda lontarkan terlalu panjang atau terdengar memojokkan. Supaya anak mau mendengar nasehat orangtuanya, cobalah berbagai cara menasehati anak yang efektif ini.

1. Tatap matanya

Jika orangtua ingin nasehatnya di dengar oleh anak, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan perhatian Si Kecil. Maka dari itu, cobalah tatap matanya dan minta anak menatap mata Anda. Hal ini juga dipercaya bisa memperkuat komunikasi Anda dan anak.Hindari aktivitas lainnya saat memberikan nasehat pada anak. Fokuslah pada nasehat yang akan Anda berikan pada anak. Jangan sampai Anda menasehatinya dengan berteriak dari dapur atau kamar mandi. Datanglah kepadanya dan berbicaralah dengan baik.

2. Menggunakan nama anak saat menasehatinya

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga suka dipanggil dengan namanya. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan nama anak saat sedang menasehatinya. Memanggil anak dengan namanya juga bisa menarik perhatian Si Kecil untuk mendengarkan nasehat dari Anda.Jika anak sedang melakukan aktivitas lain saat Anda memanggilnya. Tunggulah sampai anak berhenti melakukan aktivitas tersebut dan fokus terhadap panggilan Anda. Dengan begitu, anak dapat menangkap pesan dari nasehat yang diberikan kepadanya.

3. Cari waktu yang tepat

Jangan terburu-buru saat ingin memberikan nasehat pada anak. Cobalah untuk mencari waktu yang tepat. Jangan memberikan nasehat saat anak sedang sibuk dengan sesuatu.Coba katakan padanya, "Ayah dan Bunda lihat kamu sedang sibuk. Bisakah kamu meluangkan waktu untuk kita berbicara nanti?" Dengan begitu, anak akan merasa bahwa orangtua dapat menghormati kesibukannya.

4. Jangan bosan mengulang-ulang nasehat yang sama

Cara menasehati anak yang efektif ialah mengulang-ulang nasehat
Jangan bosan-bosan menasehati anak!
Jangan putus asa saat sedang memberikan nasehat pada anak. Meskipun anak marah saat sedang dinasehti, cobalah untuk terus mengulang-ulang nasehat yang sama agar pesan dari nasehat itu benar-benar didengar Si Kecil.Jika Anda sudah mengulang-ulang nasehat itu, coba minta anak untuk menjelaskan kembali nasehat apa yang baru saja diberikan kepadanya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa nasehat itu benar-benar tertanam di dalam diri anak.

5. Berikan anak pilihan

Saat Anda sedang menasehati anak, cobalah berikan mereka pilihan. Dengan begitu, sang anak akan merasa bahwa dirinya punya wewenang untuk mengatur hidupnya sendiri.Memberikannya pilihan juga akan membantu anak untuk belajar membuat keputusan terbaik. Misalnya, saat Anda ingin menasehati anak untuk sikat gigi sebelum tidur, cobalah minta anak untuk memilih pasta gigi apa yang ia ingin gunakan.

6. Sentuh anak dengan lembut

Saat ingin memberikan nasehat pada anak, jangan lupa untuk menyentuh tubuhnya secara lembut, seperti merangkul atau memeluknya.Perlu diketahui, anak akan belajar dengan cara yang berbeda-beda. Jika orangtua sudah menggunakan pesan verbal dan sentuhan fisik yang lembut, maka anak dipercaya akan mau mendengarkan nasehat apa yang akan diberikan kepadanya.

7. Jadilah orangtua yang konsisten dan sabar

Jika Anda ingin anak mendengarkan dan mematuhi nasehat orangtuanya, Anda juga harus konsisten. Jangan karena anak tidak mau mendengar nasehat sekali, orangtua sudah bosan dan letih untuk mengulang nasehat itu.Konsistensi dan kesabaran dibutuhkan saat ingin memberikan nasehat pada anak. Jika Anda sudah konsisten dan sabar, maka anak akan mulai mendengar nasehat Anda.

8. Berikan anak hadiah saat ia mendengar nasehat dengan baik

Salah satu cara menasehati anak yang efektif ialah memberikannya hadiah
Berikan ia hadiah saat anak mau mendengar nasehat dengan baik
Ada banyak cara menasehati anak agar nurut, salah satunya memberikan ia hadiah. Hadiah yang di maksud di sini tidak melulu membelikannya mainan atau baju baru. Pujian juga bisa dianggap sebagai hadiah yang baik untuk anak.Misalnya, saat anak Anda mau patuh untuk makan malam di meja bersama keluarganya dan meninggalkan acara televisi kesukaannya, Anda boleh mengizinkannya kembali menonton televisi selama 15 menit setelah sesi makan malam berakhir.Cobalah cari hadiah yang tepat untuk anak Anda supaya ia mau mendengarkan dan mematuhi nasehat dari orangtua.

9. Jadilah pendengar yang baik

Cara menasehati anak yang keras kepala selanjutnya ialah menjadi pendengar yang baik. Jika Anda ingin anak-anak mendengarkan nasehat, Anda juga perlu menjadi pendengar yang baik.Saat Anda mau mendengarkan keluh kesah atau sekadar cerita anak, maka mereka juga akan belajar untuk menjadi pendengar yang baik seperti orangtuanya.Dengan begitu, ke depannya Si Kecil dapat mulai menghormati dan mendengarkan nasehat yang diberikan oleh orangtua.

Catatan dari SehatQ

Menasehati anak adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu Si Kecil berperilaku positif. Jika orangtua kesulitan untuk mendapatkan perhatian Si Kecil, cobalah berbagai cara menasehati anak di atas.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingparenting stressgaya parenting
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/child-discipline-101-kids-wont-listen-1270213
Diakses pada 28 Februari 2021
Positive Parenting Solutions. https://www.positiveparentingsolutions.com/parenting/get-kids-to-listen
Diakses pada 28 Februari 2021
Child Development Info. https://childdevelopmentinfo.com/how-to-be-a-parent/communication/talk-to-kids-listen/#gs.u73kgz
Diakses pada 28 Februari 2021
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait