Cara Menanamkan Sikap Peduli terhadap Teman pada Anak dan Contohnya


Sikap peduli terhadap teman, antara lain memberi pertolongan ketika membutuhkan, berbagi, menghibur saat bersedih, dan menjenguk ketika sakit. Penting untuk membangun rasa kepedulian pada diri anak.

0,0
07 Sep 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Sikap peduli terhadap teman perlu ditanamkan sejak diniMenanamkan sikap peduli terhadap teman bisa dilakukan sejak dini
Anak-anak umumnya senang bermain bersama teman-temannya. Supaya pertemanan si kecil bisa terjalin dengan baik, penting untuk menanamkan sikap peduli terhadap teman. Sikap ini dapat membantu meningkatkan rasa empati anak pada sesama.Anda bisa mengajarkan anak-anak untuk peduli sesama teman sejak dini. Dengan mengembangkan sikap peduli terhadap teman, anak dapat tumbuh menjadi teman yang baik dan menyenangkan.

Contoh sikap peduli terhadap teman

Anak-anak dapat menunjukkan tanda-tanda empati dan peduli sejak usia dini. Tak heran, jika Anda menangis, ia dapat ikut merasa sedih. Empati ini juga bisa ditunjukkan pada hubungan pertemanannya.
anak berbagi mainan
Berbagi mainan bisa menandakan sikap peduli anak terhadap teman
Ada berbagai bentuk kepedulian terhadap teman. Anda dapat menjelaskan pada anak beberapa contoh sikap peduli terhadap teman, misalnya:
  • Memberi pertolongan ketika teman membutuhkan
  • Berbagi pada teman
  • Mendengarkan ketika teman bercerita
  • Ikut merasa gembira saat teman bahagia
  • Menjenguk teman yang sedang sakit
  • Menghibur ketika teman bersedih
  • Memberikan dukungan dan semangat pada teman.
Penting bagi anak-anak belajar peduli sesama teman. Kepedulian ini dapat mencegah anak untuk tidak bersikap sombong, acuh tak acuh, individualisme, pilih-pilih teman, dan masa bodoh terhadap masalah sosial.

Cara membangun sikap peduli terhadap teman pada diri anak

Berikut adalah berbagai cara membangun sikap peduli terhadap teman pada anak.

1. Menjadi contoh

Anak cenderung melihat dan meniru apa yang orangtuanya lakukan. Ia juga dapat belajar bagaimana memperlakukan temannya sesuai dengan cara Anda memperlakukan teman-teman Anda. Jadi, tunjukkan bahwa Anda peduli terhadap teman dengan berbuat baik. Misalnya, membagi makanan yang Anda masak atau menjenguk teman ketika sedang sakit.

2. Peduli dan perhatian pada anak

Anak bisa kesulitan memiliki rasa peduli jika ia juga tidak mendapatkannya dari orangtua. Padahal kepedulian dan perhatian yang diberikan orangtua pada anak dapat membantunya tumbuh menjadi orang yang peduli sesama. Oleh sebab itu, pastikan Anda peduli dan memberi perhatian yang maksimal terhadap anak.

3. Ajak anak membaca buku tentang persahabatan

membaca buku tentang persahabatan
Buku tentang persahabatan mengandung nilai peduli pada sesama
Ada banyak buku cerita tentang persahabatan yang mengandung nilai-nilai untuk peduli terhadap sesama. Anda dapat memberi penjelasan pada anak untuk meniru kebaikan yang dilakukan oleh tokoh dalam buku kepada temannya dan menghindari perbuatan yang tidak baik.

4. Ajarkan anak bersyukur

Mengajarkan anak untuk bersyukur dapat mendorong sikap peduli terhadap teman atau sesama. Misalnya, ketika anak memiliki banyak mainan, katakan padanya bahwa ia harus bersyukur karena temannya mungkin tidak mempunyai mainan sebanyak itu. Anda juga bisa mengingatkan anak untuk mengajak temannya memainkan mainan tersebut bersama-sama.

5. Latih rasa peduli anak

Cobalah melatih anak-anak belajar peduli sesama teman. Misalnya, jika salah satu anak terjatuh saat bermain, jangan mengejeknya. Ingatkan anak Anda untuk langsung menolong temannya tersebut. Akan tetapi, apabila anak malah mengejeknya, katakan bahwa itu bukan hal yang baik dan jangan mengulanginya lagi.

6. Tidak membeda-bedakan teman

anak tidak boleh membeda-bedakan teman
Beri pengertian pada anak untuk tidak membeda-bedakan teman
Beri pengertian pada anak untuk tidak membeda-bedakan teman karena itu bisa menyakiti hati mereka. Sebaiknya doronglah anak untuk berteman dengan siapa saja. Namun, pastikan pergaulannya tidak memberi dampak negatif pada diri anak dan tetap bersikap baik.

7. Beri anak pujian

Ketika Anda melihat anak menunjukkan sikap peduli terhadap teman, misalnya dengan berbagi makanan yang ia miliki, berikan pujian padanya. Itu akan membuatnya merasa melakukan hal yang benar. Namun, pastikan anak melakukannya dengan tulus tanpa mengharapkan pujian dari Anda.Mengajarkan anak sikap peduli terhadap teman mungkin bukan hal yang mudah. Lakukanlah dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play. 
tips mendidik anakmembesarkan anakcara mendidik anak
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/how-to-teach-your-child-to-be-a-good-friend-4007427
Diakses pada 24 Agustus 2021
Parents. https://www.parents.com/parenting/better-parenting/advice/13-ways-to-raise-a-compassionate-child-online-and-off/
Diakses pada 24 Agustus 2021
APA. https://www.apa.org/topics/parenting/teaching-kids-gentleness
Diakses pada 24 Agustus 2021
Jurnal Ijtimaiya. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Ijtimaia/article/download/3100/2309
Diakses pada 24 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait