Menanamkan pola makan sehat pada anak sejak dini dapat menghindarkan mereka dari gangguan makan
Pola makan sehat pada anak berguna untuk tumbuh kembang anak.

Tidak semua anak tumbuh dengan pola makan sehat. Sayangnya, hal ini justru terbawa hingga dewasa. Pertanyaan yang sering muncul di benak para orangtua adalah: Adakah cara mengajarkan pola makan sehat pada anak?

Selain membuat anak-anak dapat tumbuh dengan sehat. Pola makan sehat juga bermanfaat untuk menghindarkan anak-anak dari gangguan makan. Beberapa gangguan makan yang umum terjadi pada anak-anak, yaitu avoidant/restrictive food intake disorder, pica, dan anoreksia nervosa.

Sayuran dan buah adalah dua jenis makanan sehat yang justru banyak dihindari anak-anak. Beberapa orangtua menuruti saja apa yang lebih disukai anak, yang penting anak mau makan.

Menanamkan Pola Makan Sehat pada Anak

Sama seperti kebiasaan lain, kebiasaan makan masih bisa diubah. Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan pada anak agar ia memiliki kebiasaan makan sehat.

1. Mulailah Sejak Dini

Kebiasaan makan yang baik (bahkan yang buruk sekalipun!) selalu dimulai sejak masih kecil. Anak-anak yang terbiasa makan makanan instan akan berpikir itu adalah santapan normal. Sebaliknya, jika Anda memberikan sayur dan buah seolah itu adalah makanan enak, maka anak akan menganggap hal itu normal juga.

2. Sajikan Makanan Bergizi

Meski terdengar sepele, tapi coba bicarakan dengan seluruh keluarga tentang bagaimana pentingnya menyantap sajian bergizi di rumah.

3. Jangan Sajikan Makanan Khusus untuk Anak

Memberikan anak makanan yang berbeda dengan menu yang Anda makan hanya akan membuatnya merasa diistimewakan dan tidak mau mencoba makanan baru, termasuk yang menyehatkan.

4. Buat Jadwal dan Disiplin Mematuhinya

Jika tidak bisa menyajikan makanan sehat setiap hari, buat jadwal kapan anak wajib makan sayur dan buah.

5. Batasi Camilan

Jajanan kerap menjadi tersangka kenapa anak malas makan. Hindari mengisi lemari es dengan terlalu banyak camilan yang membuatnya jadi mudah kenyang dan enggan makan makanan sehat.

6. Awasi Apa yang Diminum Anak

Banyak sekali minuman kemasan termasuk jus yang dijual di pasaran. Satu gelas saja itu bisa membuat anak kenyang dan menolak makan. Jika anak haus, berikan air putih.

7. Pertimbangkan Makanan yang Anda Beli untuk Keluarga

Jika tidak ada makanan cepat saji di rumah, maka artinya anak tidak bisa menyantapnya. Sebelum berbelanja aneka camilan, pikirkan dengan baik apakah itu bisa mengganggu pola makan sehat anak. Sebagai gantinya, isi lemari es dengan buah-buahan, yogurt, dan makanan sehat lainnya.

8. Berikan Contoh

Anak-anak lebih suka memerhatikan apa yang kita lakukan daripada mendengar apa yang kita perintahkan. Kalau Anda sendiri tidak memberikan contoh dengan menyantap makanan sehat, bagaimana Anda berharap anak bisa memiliki kebiasaan makan sehat?

9. Makan Bersama

Tidak hanya menjadi sarana untuk memberikan contoh pada anak, makan bersama juga bisa meningkatkan kualitas hubungan dengan seluruh anggota keluarga. Anda juga bisa sekaligus membicarakan tentang sekolah dan kegiatan anak hari itu.

10. Belanja dan Masak Bersama

Biarkan anak memilih sendiri bahan makanan yang akan dimasak hari itu. Kadang-kadang yang membuat anak enggan makan makanan sehat adalah karena tidak mengetahui bahan makanan yang dikonsumsinya.

Setiap anak memiliki kondisi yang berbeda-beda. Jika setelah berbagai upaya anak masih menolak pola makan sehat, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang berpengalaman.

Harvard Health Blog. https://www.health.harvard.edu/blog/10-ways-to-raise-a-healthy-eater-201603019296
Diakses pada Desember 2018

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/guide/food-smart-kids
Diakses pada Desember 2018

Psycom. https://www.psycom.net/eating-disorders-in-children
Diakses pada Desember 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed