Cara Menambahkan Anggota Keluarga di BPJS Kesehatan Perusahaan

(0)
25 Oct 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan dapat dilakukan melalui Surat KuasaCara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan bisa dilakukan secara kolektif
Ketika terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari BPJS Kesehatan lewat perusahaan, Anda dan 4 anggota keluarga (satu suami/istri dan 3 anak) juga berhak mendapat tanggungan yang sama.Jika diperlukan, Anda bahkan bisa menambahkan orang lain di BPJS Kesehatan perusahaan. Bagaimana cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan ini?

Cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan tidak rumit

Anak keempat karyawan bisa didaftarkan BPJS Kesehatan perusahaan
BPJS Kesehatan perusahaan adalah program BPJS Kesehatan yang dikhususkan bagi para pekerja pemerima upah (PPU) di badan usaha milik pemerintah maupun swasta. Pihak yang dikategorikan PPU adalah penerima gaji atau upah (yang selanjutnya disebut peserta) dari perusahaan (selanjutnya disebut pemberi kerja).Menurut aturan BPJS Kesehatan, bukan hanya PPU yang kesehatannya ditanggung oleh BPJS, melainkan juga suami/istri yang sah dan maksimal 3 orang anak dengan kriteria:
  • Tidak atau belum pernah menikah
  • Tidak atau belum memiliki penghasilan sendiri
  • Belum berusia 21 tahun atau belum berusia 25 tahun yang masih melanjutkan pendidikan formal
Jika anak pertama hingga ketiga sudah di luar tanggungan karena tidak memenuhi persyaratan di atas, statusnya dapat digantikan oleh anak berikutnya sesuai urutan kelahiran (keempat, kelima, dan seterusnya), asalkan tidak lebih dari 3 anak. Syarat lainnya ialah anak tersebut masih merupakan anak sah dari peserta BPJS Kesehatan.Pekerja dengan tanggungan lebih dari 4 orang dimungkinkan untuk mendaftar lewat BPJS Kesehatan perusahaan. Cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan harus dilakukan oleh PPU melalui salah satu dari 2 pilihan cara berikut ini.

1. Pendaftaran kolektif dari perusahaan

Langkah yang harus dilakukan oleh PPU jika ingin mendaftarkan anggota tambahan dalam BPJS Kesehatan perusahaan adalah:
  • Memberi Surat Kuasa pemotongan gaji kepada pemberi kerja dengan catatan untuk penambahan iuran bagi anggota keluarga tambahan kepada BPJS Kesehatan
  • Memberikan data anggota keluarga tambahan untuk didaftarkan perusahaan kepada BPJS Kesehatan sesuai Surat Kuasa
Selanjutnya, perusahaan akan mendaftarkannya secara kolektif dan memotong gaji sebesar 1% per anggota keluarga tambahan.

2. Pendaftaran secara perorangan oleh pekerja

Selain melalui perusahaan, pendaftaran anggota tambahan juga bisa dilakukan secara perorangan. Cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan ini adalah dengan mengajak anggota keluarga tambahan yang akan didaftarkan secara perorangan ke kantor BPJS Kesehatan.Selanjutnya, Masing-masing anggota keluarga tambahan akan mendapatkan Virtual Account dan besaran iuran secara nominal yang harus dibayar melalui akun virtual tersebut sesuai kelas perawatan yang dipilih. Dalam proses ini, penanggung jawab perusahaan dapat membantu pendaftaran tahap awal.Jika masing-masing anggota keluaga tinggal di daerah yang berbeda, setiap peserta dan anggota keluarga bisa memilih fasilitas kesehatan tingkat I sesuai domisili masing-masing.

Setelah pendaftaran diterima, anggota keluarga tambahan itu akan mendapat kartu peserta atau kartu identitas elektronik BPJS Kesehatan agar dapat memperoleh pelayanan kesehatan sesuai ketentuan.

Iuran yang harus dibayar peserta

Iuran setiap peserta yang mengikuti BPJS Kesehatan perusahaan adalah 5% dari jumlah gaji atau upah yang diterimanya setiap bulan. Namun, peserta hanya diwajibkan membayar 1% sedangkan 4% sisanya dibayar oleh perusahaan atau pihak yang memberi upah.Jumlah iuran ini sudah mencakup 5 kepesertaan BPJS Kesehatan perusahaan sekaligus, yakni Anda sebagai PPU, istri/suami, dan 3 anak yang sah.Jika memiliki anak keempat, kelima, atau seterusnya, serta orangtua/mertua yang ingin didaftarkan sebagai tambahan, gaji Anda kembali akan didebet 1% per orang yang masuk sebagai tambahan di BPJS Kesehatan perusahaan.
Ada iuran tambahan BPJS untuk kerabat di luar keluarga inti.
Meskipun demikian, besaran iuran tambahan yang harus Anda bayar akan berubah jika orang yang ingin didaftarkan bukan termasuk keluarga inti (pasangan, anak, orangtua/mertua).

Mereka akan dikategorikan sebagai kerabat (misalnya saudara kandung/ipar, asisten rumah tangga, dan sebagainya) yang nominal iurannya adalah:
  • Kelas III: Rp 42.000 per orang per bulan
  • Kelas II: Rp 100.000 per orang per bulan
  • Kelas I: Rp 150.000 per orang per bulan
Khusus untuk kelas III, selama bulan Juli-Desember 2020, penambahan kerabat dalam daftar BPJS Kesehatan perusahaan hanya dikenakan biaya Rp 25.500 per orang per bulan.Sementara itu mulai 1 Januari 2021, peserta hanya harus membayar Rp 35.000 per orang tambahan setiap bulannya. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar cara menambahkan anggota keluarga di BPJS Kesehatan perusahaan, Anda bisa bertanya pada perusahaan maupun langsung menghubungi BPJS Kesehatan.
bpjs kesehataniuran bpjspeserta bpjs
BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/f96ef7b191516bdbeeb2b13729ef9c1f.pdf
Diakses pada 13 Oktober 2020
BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/11
Diakses pada 13 Oktober 2020
BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/13
Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait