7 Cara Menaklukkan Pasangan yang Moody

(0)
14 Jun 2020|Azelia Trifiana
Sikap moody pasangan dapat merusak suasana romantisTidak melakukan konfrontasi adalah salah satu cara yang baik menghadapi pasangan moody
Jika ada penyakit tapi tidak menular, itu adalah sifat moody alias mood swing yang tidak bisa ditebak. Lihat saja ketika pasangan cenderung moody-an, sangat bisa merusak seluruh suasana yang sebelumnya menyenangkan. Tapi awas jangan sampai terjebak, hadapi dengan mencari tahu alasan dan selipkan humor di dalamnya.Tentu tak bisa instan menerapkan cara yang tepat ketika pasangan tengah mengalami mood swing yang tak bisa ditebak. Perlu membiasakan diri dan utamanya tahu sinyal ketika pasangan mulai menunjukkan tanda-tanda merasa moody. Jika berhasil, maka hubungan bisa menjadi lebih kuat.

Menghadapi pasangan yang moody

Sikap moody datang tak bisa diduga. Terlebih ketika mood swing datang, bisa saja dalam sedetik pasangan merasa bahagia, namun di detik berikutnya menunjukkan emosi negatif tanpa kejelasan.Lalu, bagaimana cara menghadapinya?

1. Identifikasi alasan

Terlepas dari seberapa tidak bisa ditebaknya mood swing seseorang, pasti ada pemicunya. Baik itu faktor eksternal seperti situasi yang tidak sesuai ekspektasi, kesalahan dari pasangan, atau faktor internal seperti sedang memiliki masalah hingga bawaan pre-menstrual syndrome.Untuk itu, identifikasi alasan mengapa pasangan Anda mengalami mood swing. Dengan cara ini, maka akan lebih mudah memaklumi penyebab pasangan menjadi moody-an. Tak hanya itu, tanyakan kepada pasangan apa yang membuat moodnya berantakan. Menanyakan ini juga menjadi bentuk perhatian dan menandakan bahwa Anda siap menjadi pendengar yang baik.

2. Selipkan humor

Meskipun pasangan yang moody bisa terasa menyebalkan, hal ini tak akan berlangsung lama. Bantu dengan menyelipkan humor untuk membuat situasi menjadi lebih tenang. Namun pastikan humor yang disampaikan benar-benar tepat dan tidak memperburuk situasi. Jika ingin aman, coba lontarkan lelucon yang biasanya selalu berhasil membuat kalian berdua tertawa.

3. Tidak melakukan konfrontasi

Melakukan konfrontasi dengan memarahi pasangan saat sedang mood swing hanya akan memperburuk suasana. Bukannya tampak seperti peduli dengan perasaan pasangan, ini hanya akan membuat pasangan merasa tertuduh dan disalahkan. Jika tidak tepat, ini bisa membuat mood swing semakin berlarut-larut.

4. Perhatikan polanya

Ketika dua orang dalam sebuah hubungan sudah terbiasa dengan sifat satu sama lain, maka pola saat moody pun juga akan terbaca. Contohnya ada orang yang hanya perlu diberi waktu sendiri, didengarkan, atau harus segera diajak berkomunikasi.Perhatikan pola yang ada pada pasangan dan terapkan setiap kali badai mood swing menerpa. Memang ini tak bisa langsung dikenali dalam satu dua kali percobaan, namun lama kelamaan pasangan yang sudah saling mengenal dekat bisa mengetahui sinyal-sinyalnya.

5. Jangan terpancing

Ketika orang sedang moody, tindak tanduknya bisa tak bisa ditebak. Ada yang marah-marah dengan sangat ekspresif, diam saja enggan berkomunikasi, dan bentuk validasi emosi lainnya yang bisa menular. Ingat, jangan sampai terpancing.Utamanya jika kondisi perasaan Anda saat itu juga sedang suntuk. Jangan sampai perilaku mood swing pasangan juga membawa Anda pada situasi yang sama. Bila perlu, sampaikan pada pasangan bahwa mood swing yang kerap menerpanya ini dapat mengancam hubungan kalian. Sampaikan hal ini di waktu yang tepat.

6. Berikan bahasa cinta pasangan

Tiap orang punya bahasa cinta atau love language berbeda. Lancarkan strategi ini ketika menghadapi pasangan yang sedang moody. Sesuaikan dengan kondisi perasaan mereka dan kemampuan Anda untuk memberikan bahasa cinta. Semisal dengan mengalokasikan waktu untuk quality time di tengah kesibukan atau memberikan kata-kata afirmasi untuk menenangkan hatinya.

7. Beri waktu untuk sendiri

Ada kalanya pasangan butuh waktu untuk sendiri dan meresapi apa yang tengah dirasakannya. Namun bukan berarti ini saatnya meninggalkan pasangan tanpa peduli pada perasaannya. Ingat bahwa bagaimana mood pasangan bukan termasuk dalam kendali Anda. Komunikasikan saja pada pasangan bahwa Anda siap mendengarkan kapanpun ia ingin bercerita.Menjalin hubungan dengan pasangan akan selalu diwarnai masalah, seperti saat pasangan merasa moody tanpa bisa ditebak. Ketahui pola yang terjadi padanya saat mengalami hal ini, sebagai bekal untuk tahu cara menghadapinya.Saat situasi sudah netral dan tenang, sampaikan bagaimana perasaan Anda saat pasangan tengah merajuk dan mood swing tanpa bisa ditebak. Kejujuran akan selalu menjadi aturan main paling utama dalam sebuah hubungan. Komunikasikan bahwa mood swing yang kerap dialaminya cukup mengganggu sehingga harus ditangani secara perlahan.Apabila tidak ada perbaikan mood meski sudah mencoba berbagai cara, mungkin bisa berkonsultasi pada konselor bersertifikasi untuk bisa mengelola mood dan emosi dengan lebih baik.
kesehatan mentalhidup sehatmenjalin hubungan
Bustle. https://www.bustle.com/articles/181222-how-to-deal-with-your-partners-bad-moods-according-to-11-experts
Diakses 30 Mei 2020
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/8-dos-and-donts-of-dealing-with-a-grumpy-spouse_n_57bb3997e4b0b51733a4e85c
Diakses 30 Mei 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/sg/blog/happiness-in-world/201306/how-manage-your-partners-bad-moods
Diakses 30 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait