logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Berbagai Macam Cara Menaikkan Trombosit yang Efektif

open-summary

Cara menaikkan trombosit secara alami biasanya dilakukan secara alami, seperti lewat makanan yang kaya zat gizi tertentu. Akan tetapi, jika trombositopenia sampai menimbulkan gejala berat, ada beberapa prosedur medis yang dokter lakukan untuk mengatasi trombosit rendah.


close-summary

3.83

(53)

18 Nov 2019

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Cara menaikkan trombosit

Nilai trombosit rendah bisa memicu berbagai penyakit

Table of Content

  • Obat untuk menaikkan trombosit
  • Prosedur medis untuk menaikkan trombosit
  • Cara menaikkan trombosit secara alami
  • Kapan harus menghubungi dokter?

Saat mengalami trombositopenia atau kadar trombosit turun, ada berbagai macam cara untuk menaikkannya. Hal ini akan dilakukan dokter sesuai dengan penyebabnya.

Advertisement

Alasannya, apabila kadar trombosit rendah tidak mengakibatkan masalah signifikan pada kesehatan, Anda mungkin tidak perlu mendapatkan perawatan.

Simak macam-macam pengobatan medis, prosedur, serta cara alami menaikkan trombosit.

Obat untuk menaikkan trombosit

Mengutip Mayo Clinic, kondisi penurunan kadar trombosit dapat berlangsung selama berhari-hari atau bahkan bertahun-tahun.

Orang yang mengalami trombositopenia ringan mungkin tidak perlu mendapatkan pengobatan. Namun, berbeda jika Anda mengalami kondisi yang cukup parah.

Berikut adalah beberapa cara menaikkan kadar trombosit dengan obat medis:

1. Kortikosteroid

Apabila kadar trombosit rendah akibat gangguan sistem imun, sokter mungkin akan meresepkan obat untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit.

Salah satunya adalah kortikosteroid. Apabila tidak berhasil, dokter akan memberikan jenis obat yang lebih kuat untuk menekan sistem kekebalan tubuh.

2. Suntikan romiplostim

Cara lainnya untuk menaikkan kadar trombosit adalah dengan menggunakan injeksi romiplostim.

Ini dapat membantu mengurangi risiko perdarahan pada orang dewasa yang mengalami trombositopenia yang disebabkan gangguan sistem imun.

Termasuk dalam kelas obat agonis reseptor, cara kerjanya adalah dengan memicu agar sel dalam sumsum tulang memproduksi lebih banyak trombosit.

3. Doptelet

Doptelet adalah obat medis yang digunakan sebagai cara untuk menaikkan kadar trombosit.

Obat ini bermanfaat untuk membantu mengatasi trombositopenia yang penyebabnya adalah penyakit hati kronis dan gangguan imun kronis (jika pengobatan lainnya gagal)

4. Mulpleta

Mulpleta adalah obat yang terbentuk dari protein buatan. Fungsinya adalah untuk membantu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

Biasanya, digunakan sebagai obat trombositopenia yang disebabkan oleh penyakit hati kronis, untuk menjalani prosedur medis.

Dokter akan menyesuaikan pengobatan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Obat medis lainnya akan diberikan untuk mengurangi penghancuran sekaligus merangsang produksi trombosit.

Baca Juga

  • Mengulik Sindrom Kelelahan Kronis, Penyakit yang "Hantui” Hidup Casey Stoner
  • Mengenal Donor Plasma Darah dan Kondisi yang Memerlukannya
  • Mengetahui Kriteria Kantong Darah yang Baik dan Aman Digunakan

Prosedur medis untuk menaikkan trombosit

Selain obat medis, dokter juga mungkin akan melakukan cara menaikkan trombosit lainnya. Sebagai contoh, prosedur medis tertentu apabila penyebab trombositopenia cukup parah.

1. Transfusi darah atau trombosis

Prosedur medis ini berfungsi untuk meningkatkan kadar sel darah merah atau trombosit yang hilang secara sementara. Trombosit dapat ditransfusikan jika jumlahnya sangat rendah.

Perlu Anda ketahui bahwa transfusi darah ini kemungkinan hanya akan bertahan sekitar tiga hari.

2. Splenektomi

Splenektomi adalah operasi pengangkatan limpa. Cara ini mungkin akan dilakukan jika perawatan lainnya tidak juga membantu menaikkan kadar trombosit.

Pengangkatan limpa akan dilakukan untuk membantu mengatasi gangguan darah yang penyebabnya berupa purpura trombositopenik idiopatik.

Cara menaikkan trombosit secara alami

Tak hanya dengan obat resep dokter dan prosedur medis, Anda bisa melakukan cara alami meningkatkan kadar trombosit. Tentunya, cara ini dilakukan untuk kondisi trombositopenia ringan.

1. Mengonsumsi makanan yang kaya folat

Ada kelompok makanan penambah trombosit yang berguna bagi trombositopenia, salah satunya adalah makanan kaya folat. Folat adalah bentuk dari vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan sel darah. Anda bisa mendapatkannya melalui makanan, seperti sayuran hijau, hati sapi, kacang polong, nasi, ragi, serta makanan yang difortifikasi.

Anda juga dapat mendapatkan folat dari suplemen asam folat dengan dosis 400 mikrogram atau 600 mikrogram (untuk ibu hamil) saja, karena kelebihan folat justru akan mengganggu fungsi vitamin B12 bagi tubuh.

Sebaliknya, tidak ada batasan mengenai jumlah folat jika Anda mendapatkannya dari bahan-bahan alami.

2. Makanan yang mengandung vitamin B12

Selain folat, makanan mengandung vitamin B12 juga dapat membantu menaikkan trombosit secara alami. Vitamin B12 dapat membantu menjaga sel darah tetap sehat. Kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin B12 berkaitan dengan kadar trombosit yang rendah.

Hati sapi, kerang, dan salmon adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin B12.

3. Makanan yang mengandung vitamin K

Trombosit berperan dalam pembekuan darah. Jika Anda mengalami trombositopenia, tubuh akan lebih kesulitan untuk menghentikan perdarahan.

Bersama dengan trombosit, vitamin K adalah nutrisi yang juga dibutuhkan untuk pembekuan darah. Kurangnya asupan vitamin K dapat menyebabkan meningkatnya perdarahan.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin K, yang dapat membantu mengatasi masalah akibat trombosit rendah, antara lain sayuran berwarna hijau dan kacang kedelai.

4. Makanan yang mengandung zat besi

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Tak hanya itu, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Pediatric hematology and oncology menyebutkan, konsumsi makanan mengandung zat besi juga dapat menaikkan jumlah trombosit pada orang yang mengalami anemia defisiensi zat besi. 

Beberapa makanan yang mengandung zat besi, seperti hati ayam, bayam, dan daging sapi.

5. Makanan mengandung vitamin C

Vitamin C dapat membantu trombosit (platelet) bekerja sama sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan lebih efektif. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi yang berguna pula dalam menakkan kadar trombosit dalam darah.

Banyak sayur dan buah penambah trombosit yang mengandung vitamin C yang bisa Anda konsumsi, seperti kiwi, jeruk, paprika, dan brokoli.

6. Makanan mengandung vitamin D

Vitamin D mempunyai peranan penting untuk fungsi tulang, otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin D juga dapat berperan penting dalam membantu sumsum tulang menghasilkan trombosit dan komponen darah sehat lainnya.

Tubuh sebenarnya memproduksi vitamin D lewat paparan sinar matahari. Selain itu, beberapa makanan yang mengandung vitamin D juga dapat membantu, seperti kuning telur, minyak ikan, dan susu.

Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin saja membutuhkan suplemen vitamin D. Untuk dosis yang tepat, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

7. Meningkatkan sistem imun

Perubahan gaya hidup, pola makan, aktivitas fisik, hingga mengonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan sistem imun. Ini berhubungan dengan produksi trombosit dalam tubuh.

Tak hanya berperan dalam koagulasi penyembuhan, trombosit juga bertindak sebagai respons sistem imun, ketika terjadi infeksi memasuki aliran darah.

Untuk memperkuat sistem imun, Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C dan vitamin D.

Vitamin C berfungsi dalam penyerapan zat besi untuk meningkatkan jumlah trombosit. Sedangkan vitamin D membantu membuat sumsum tulang, agar produksi trombosit tetap berjalan. 

8. Hindari minuman dan obat tertentu

Cara menaikkan trombosit yang tidak kalah penting adalah menghindari minuman dan obat tertentu yang dipercaya justru dapat menurunkan jumlah keping darah.

Sebagai contoh, air tonik yang mengandung quinine, alkohol, jus cranberry, dan susu sapi.

Sementara itu, jenis obat yang sebaiknya Anda hindari adalah aspirin dan ibuprofen. Obat jenis ini dipercaya dapat mengganggu fungsi trombosit sebagai pembeku darah di dalam tubuh.

Kadar trombosit rendah dan ringan mungkin tidak perlu pengobatan rutin. Namun, tetap waspada karena kondisi ini bisa meningkatkan risiko perdarahan yang parah.

Konsultasikan dengan dokter mengenai perawatan dan pengobatan yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda.

Kapan harus menghubungi dokter?

Jika cara menaikkan trombosit secara alami tidak berhasil, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Terlebih saat Anda mengalami gejala kekurangan trombosit yang parah, seperti:

  • Pendarahan berlebihan
  • Pendarahan dari mulut dan hidung setelah Anda menyikat gigi
  • Timbul rasa pusing hanya dari benturan ringan
  • Lebam yang memburuk seiring berjalannya waktu.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menaikkan trombosit? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

trombosittrombositopeniasel darah merahpenyakitperdarahan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved