Cara menaikkan tekanan darah yang efektif salah satunya adalah dengan banyak minum air
Ada beragam cara menaikkan tekanan darah yang bisa Anda coba, salah satunya lebih banyak makan garam

Tekanan darah rendah seringkali dianggap sepele. Padahal jika dibiarkan, kondisi ini bisa membuat penderitanya merasa pusing, hingga tak sadarkan diri. Pada kondisi yang parah, tekanan darah rendah bahkan bisa mengancam nyawa.

Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah yang rendah apabila tensinya terbaca pada angka di bawah 90/60 mmHg.

Beruntung, ada banyak cara menaikkan tekanan darah yang efektif dan aman. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, agar tekanan darah kembali pada nilai normalnya.

Cara menaikkan tekanan darah secara alami

Untuk menaikkan tekanan darah secara alami, ada banyak cara yang bisa Anda coba, seperti di bawah ini.

Perbanyak konsumsi garam sebagai cara menaikkan tekanan darah

1. Perbanyak konsumsi garam

Sodium atau garam dapat membantu menaikkan tekanan darah. Namun, Anda perlu berhati-hati. Jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak garam. Sebab, konsumsi garam secara berlebihan karena bisa menyebabkan tekanan darah naik terlalu tinggi.

Sebaiknya tambahkan garam pada masakan yang diolah sendiri, sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengontrolnya. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan kemasan yang tinggi kadar garam.

2. Banyak minum air putih

Turunnya tekanan darah dapat disebabkan oleh dehidrasi. Sehingga, mengoonsumsi cairan yang cukup, penting untuk menjaga tekanan darah Anda, agar tidak turun di bawah batas normal.

3. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Cara lainnya untuk menaikkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Pasalnya, kekurangan nutrisi seperti vitamin B-12, folat, dan zat besi dapat menyebabkan terjadinya anemia.

Sementara itu, anemia adalah salah satu kondisi yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah.

4. Kurangi porsi makan

Pada lansia, mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Hal ini terjadi karena darah mengalir ke saluran pencernaan Anda, dan jantung akan meningkatkan detaknya untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Sehingga untuk mencegah tekanan darah terus turun, Anda sebaiknya mengurangi porsi makan, dan membatasi konsumsi karbohidrat.

Berolahraga secara teratur dapat membantu melancarkan peredaran darah

5. Berolahraga secara teratur

Untuk mengatur tekanan darah agar terus berada di angka normal, diperlukan aliran darah yang lancar. Berolahraga secara teratur dapat melancarkan aliran darah di tubuh.

6. Batasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol bisa membuat Anda dehidrasi. Alkohol juga dapat menimbulkan interaksi dengan obat yang Anda minum, dan menyebabkan turunnya tekanan darah.

7. Duduk bersila

Tahukah Anda, duduk bersila dapat menaikkan tekanan darah? Posisi duduk ini tidak disarankan untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, orang dengan tekanan darah rendah, direkomendasikan untuk duduk bersila.

8. Gunakan stoking kompresi

Stoking kompresi dapat membantu mengurangi jumlah darah yang berkumpul di kaki bagian bawah, sehingga darah akan mengalir ke area tubuh yang lain, dan meningkatkan tekanan darah.

9. Hindari mengubah posisi tubuh secara tiba-tiba

Duduk atau berdiri secara tiba-tiba, bisa membuat Anda merasa pusing atau bahkan pingsan. Terlebih jika hal ini dilakukan oleh orang yang memiliki tekanan darah rendah.

Kondisi ini dapat terjadi karena jantung saat tubuh bergerak secara tiba-tiba, jantung akan kesulitan untuk memompa darah ke seluruh tubuh, secepat gerakan Anda.

10. Jangan terlalu lama berendam di air hangat

Berendam di air hangat bisa menurunkan tekanan darah. Sehingga, jika tekanan darah Anda rendah, hindari kegiatan ini, termasuk juga dengan pergi ke spa atau sauna.

11. Jaga kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan turunnya tekanan darah. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksakan kadar gula darah Anda secara berkala sebagai langkah pencegahan.

12. Periksa kondisi tiroid

Gangguan tiroid seperti hipotiroidisme bisa menyebabkan penurunan tekanan darah. Jika tekanan darah rendah yang Anda alami disebabkan oleh kondisi ini, maka cara menaikkan tekanan darah yang paling efektif adalah dengan menyembuhkan kondisi tiroid yang dialami.

Cara menaikkan tekanan darah dengan obat

Tekanan darah juga dapat dinaikkand dengan konsumsi obat tertentu

Cara menaikkan tekanan darah dengan obat, umumnya dilakukan apabila cara alami tidak juga bisa mengembalikan tekanan darah ke nilai normalnya. Jenis obat yang umum digunakan untuk menaikkan tekanan darah di antaranya:

1. Fludrocortisone

Fludrocortisone bekerja dengan cara mencegah penyerapan cairan di ginjal, sehingga terjadi penumpukan dan membuat sedikit pembengkakan di area tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan tekanan darah.

Namun, konsumsi obat ini juga akan membuat tubuh kekurangan banyak kalium. Sehingga selama mengonsumsinya, Anda disarankan untuk juga mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium.

2. Midodrine

Berbeda dari fludrocortisone, midodrine bekerja dengan mengaktifkan reseptor di pembuluh darah terkecil dari arteri dan vena, sehingga tekanan darah dapat naik.

Obat ini umumnya digunakan untuk mengatasi hipotensi postural atau tekanan darah rendah akibat perubahan posisi tubuh, yang berkaitan dengan kelainan sistem saraf.

Kapan tekanan darah rendah harus diperiksakan ke dokter?

Jika tekanan darah seringkali terbaca pada batas rendah, tanpa gejala apapun, maka dokter hanya akan melakukan observasi saat Anda menjalani pemeriksaan rutin.

Namun, jika tekanan darah rendah sudah menimbulkan gejala syok, seperti kulit terasa dingin dan pucat, sulit bernapas, dan nadi lemah atau cepat, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Gejala lain yang kerap dialami oleh orang dengan tekanan darah rendah seperti pusing, umumnya bukanlah kondisi yang berbahaya. Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan dokter, sebagai langkah deteksi dini terhadap gangguan tertentu yang lebih parah.

Mengenali cara menaikkan tekanan darah rendah di atas, dapat membantu Anda mendapatkan perawatan yang lebih tepat dan efektif. Jika tekanan darah normal sudah tercapai, jangan lupa menjalani gaya hidup sehat untuk mempertahankannya.

WebMD. https://www.webmd.com/heart/understanding-low-blood-pressure-treatment#1
Diakses pada 10 September 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/diagnosis-treatment/drc-20355470
Diakses pada 10 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-raise-blood-pressure
Diakses pada 10 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319506.php
Diakses pada 10 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed