logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Tubuh Secara Alami (Plus Langkah Medisnya)

open-summary

Cara memutihkan kulit wajah dan tubuh mungkin diperlukan bagi Anda yang ingin memiliki warna kulit lebih merata. Anda bisa menggunakan pepaya, lidah buaya, kunyit, yogurt, dan kentang sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Jangan lupa untuk melakukan pola hidup sehat agar wajah tampak bersih dan putih cerah.


close-summary

8 Sep 2021

| Bayu Galih Permana

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara memutihkan wajah secara alami bisa menggunakan buah pepaya sebagai masker

Masker pepaya digunakan untuk memutihkan kulit berkat kandungan nutrisinya

Table of Content

  • Cara memutihkan kulit wajah dan tubuh dengan bahan alami
  • Cara memutihkan wajah secara alami melalui pola hidup sehat
  • Cara cepat memutihkan kulit wajah 
  • Catatan dari SehatQ

Cara memutihkan kulit wajah dan tubuh mungkin diperlukan bagi Anda yang ingin memiliki warna kulit lebih merata. Sebab, warna kulit kusam dan terlihat belang tentu dapat menurunkan rasa percaya diri. Lantas, apa saja cara memutihkan kulit yang dapat dilakukan?

Advertisement

Cara memutihkan kulit wajah dan tubuh dengan bahan alami

Cara memutihkan kulit wajah dan tubuh bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. 

Namun, perlu diketahui bahwa cara mencerahkan wajah secara alami ini mungkin belum diketahui efektivitasnya sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Jika tertarik menggunakannya, Anda bisa melakukan tes alergi pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan alami berikut ini. 

1. Pepaya

Cara memutihkan kulit wajah dan tubuh dengan bahan alami bisa menggunakan pepaya. Tak hanya berperan sebagai zat pemutih alami, manfaat pepaya untuk kulit ternyata mampu mencerahkan warna kulit dan membuatnya tampak sehat dan bercahaya. 

Hal tersebut tak terlepas dari kandungan enzim papain di dalamnya yang dapat membantu mencerahkan wajah. 

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan pepaya dengan pisang. Manfaat pisang untuk kulit disinyalir berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. 

Cara membuat masker untuk memutihkan wajah dari pepaya dan pisang, yakni haluskan ¼ cangkir buah pepaya dan 1 buah pisang terlebih dulu. Kemudian, campurkan keduanya serta tambahkan madu. Aduk sampai merata. 

Oleskan masker tersebut pada permukaan kulit secara merata, diamkan selama 15-20 menit. Selanjutnya, bilas wajah Anda sampai bersih menggunakan air. Jika sudah, keringkan wajah secara lembut. 

2. Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit wajah dan tubuh secara alami. Manfaat madu untuk kulit wajah yang cerah berasal dari kandungan AHA di dalamnya. 

Bahan alami ini juga mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit. Salah satunya dengan mengurangi tampilan noda hitam. 

Tak hanya mampu memutihkan kulit wajah, madu juga mampu melembapkan kulit. Untuk memperoleh khasiatnya secara maksimal, coba gunakan madu dan air perasan lemon. 

Madu dapat digunakan sebagai cara memutihkan kulit wajah
Campurkan madu dan air perasan lemon, lalu aduk merata

Lemon dapat digunakan sebagai zat pemutih kulit alami berkat kandungan vitamin C dan asam askorbat tinggi yang diketahui dapat mencerahkan wajah kusam. 

Selain itu, lemon juga mengandung antioksidan dan antipigmen yang dapat membuat wajah tampak sehat dan bercahaya.

Cara membuatnya, Anda cukup menyiapkan 1 buah lemon dan 1 sendok teh madu. Peras air buah lemon dalam sebuah mangkuk, lalu campurkan madu. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta. 

Oleskan pada permukaan wajah yang sudah bersih. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air.

Cara memutihkan wajah dengan bahan alami ini perlu dilakukan 1-2 kali seminggu secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

3. Lidah buaya

Tahukah Anda jika lidah buaya bisa dijadikan sebagai cara memutihkan wajah secara alami? Ya, jenis tanaman herbal ini dapat membantu meratakan warna kulit.

Efek dingin dan anti peradangan yang terkandung di dalamnya dapat menghaluskan kulit sekaligus mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dan jaringan yang rusak. Dengan demikian, masalah kulit kusam dan hiperpigmentasi dapat dihindari. 

Selain itu, manfaat lidah buaya dalam memutihkan kulit wajah juga berasal dari kandungan aloin, yakni zat aktif yang dapat menghambat produksi melanin

Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.  

Lakukan cara memutihkan wajah dengan bahan alami ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4. Kunyit

Gunakan kunyit sebagai cara amemutihkan wajah dengan bahan alami
Kunyit mengandung antioksidan dan antitadang untuk menyehatkan kulit

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan kunyit bisa Anda coba di rumah. 

Kandungan antioksidan dan antiradang pada kunyit diketahui mampu membuat kulit tampak lembap, kenyal, dan cerah. 

Cara alami memutihkan wajah dengan kunyit, yakni dengan mencampurkan 1 sendok teh kunyit, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok makan yogurt. 

Aduk hingga campuran bahan alami tersebut tercampur merata. Kemudian, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, bilas wajah dengan air bersih.

5. Mentimun

Anda juga bisa menggunakan mentimun cara memutihkan wajah secara alami. 

Manfaat mentimun berasal dari efeknya yang mendinginkan kulit serta kandungan vitamin C dan senyawa lain yang dapat membantu mencerahkan wajah. 

Sebagai sumber antioksidan serta kaya akan vitamin A, mentimun juga dapat sekaligus membantu menghidrasi kulit Anda. 

Anda bisa menghaluskan mentimun dengan blender. Kemudian, tambahkan 1 sendok makan gel lidah buaya. Aduk kedua bahan ini sampai merata. 

Oleskan masker wajah alami ini pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci bersih wajah menggunakan air suam-suam kuku atau air hangat. 

6. Oatmeal

Anda bisa memutihkan wajah menggunakan masker oatmeal
Masker oatmeal akan membantu proses eksfoliasi sel kulit mati

Masker oatmeal sebagai cara memutihkan wajah secara alami dapat membantu meningkatkan regenerasi kulit. 

Dengan begitu, sel-sel kulit mati dapat hilang dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Wajah Anda pun akan terasa lembut dan tampak cerah. 

Untuk menggunakannya, Anda perlu mencampurkan oatmeal dengan air hangat. Aduk merata sampai teksturnya menyerupai krim pasta. 

Jika sudah agak dingin, oleskan masker untuk memutihkan wajah ini pada permukaan wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air bersih. 

7. Yogurt

Yogurt juga menjadi pilihan cara memutihkan kulit secara alami yang bisa dilakukan. 

Manfaat yogurt untuk wajah bekerja dengan cara menghambat tyrosinase yang menyebabkan wajah kusam. 

Selain itu, yogurt juga mengandung L-cysteine yang efektif mengurangi tampilan noda bekas jerawat dan hiperpigmentasi. Dengan demikian, wajah Anda akan tampak cerah bercahaya. 

8. Kentang 

Manfaat kentang sebagai cara alami memutihkan wajah memang bukan isapan jempol semata. Bahan alami ini kaya akan fitokemikal, seperti kalium, sulfur, dan klorida. 

Berbagai kandungan tersebut diyakini dapat mencerahkan kulit wajah yang terdapat noda bekas jerawat dan luka. Hasilnya, kulit Anda akan tampak bersih dan warna kulit tampak merata.

Cara memutihkan wajah secara alami melalui pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat disebut-sebut dapat menjadi cara memutihkan kulit secara alami. Beberapa cara tersebut, di antaranya:

1. Rutin minum air putih 

Minum air putih sebagai cara memutihkan wajah secara alami
Minum air yang cukup untuk membantu tubuh terhidrasi

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik. 

Selain itu, air putih bermanfaat untuk membuang racun-racun yang ada pada tubuh, termasuk kulit. Dengan ini, kulit Anda bisa tampak lebih cerah.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air sehari. 

2. Lakukan olahraga

Rutin berolahraga bisa membuat Anda berkeringat sehingga membantu membuka pori-pori kulit. 

Menariknya lagi, saat berolahraga, hormon stres yang ada di dalam tubuh akan berkurang sehingga mengurangi risiko munculnya masalah kulit hingga penuaan dini

3. Cuci muka

Rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas akan membantu memutihkan wajah secara alami
Menghapus riasan dapat membantu menjaga kebersihan kulit wajah

Setelah seharian melakukan aktivitas, jangan lupa untuk menghapus riasan menggunakan sabun pembersih yang lembut untuk kulit wajah. 

Setelah itu, gunakan produk perawatan kulit yang memiliki kemampuan untuk melembapkan wajah.

4. Lakukan eksfoliasi 

Rutin melakukan eksfoliasi menggunakan scrub wajah dapat membantu memutihkan wajah Anda. 

Melalui proses eksfoliasi, sel-sel kulit mati pada wajah akan terangkat sehingga kulit menjadi terlihat lebih cerah dan putih dari sebelumnya.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan cara memutihkan wajah dengan cepat yang mudah dilakukan. Pasalnya, tidur membuat aliran darah pada kulit menjadi lancar.

Salah satu dampak positif dari lancarnya aliran darah pada kulit adalah tingkat kecerahan kulit yang bertambah. Hal ini karena darah membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh kulit agar tetap sehat. 

Cara cepat memutihkan kulit wajah 

Meski ada berbagai cara alami memutihkan kulit wajah, nyatanya mungkin tak sedikit orang yang lebih memilih jalur instan sebagai cara cepat mencerahkan wajah. 

Sebab, dalam beberapa kasus, cara memutihkan kulit wajah dan tubuh dengan cepat melalui tindakan medis mungkin disarankan dokter dan bisa membuahkan hasil sesuai yang diinginkan dibandingkan cara alami. 

Maka, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan medis untuk memutihkan wajah. 

Dengan demikian, dokter dapat memberikan rekomendasi yang tepat sesuai penyebab dan kondisi kulit yang Anda alami. 

Berikut adalah beberapa cara cepat memutihkan kulit wajah yang mungkin direkomendasikan oleh dokter. 

1. Terapi laser

Melakukan terapi laser menjadi salah satu cara cepat memutihkan kulit wajah yang efektif. 

Sinar laser bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah yang menyebabkannya tampak kusam.

Terapi laser dilakukan dengan cara menggunakan alat khusus yang akan memancarkan sinar laser ke area kulit wajah untuk menghancurkan sel kulit mati.

2. Krim wajah

American Academy of Dermatology merekomendasikan Anda dapat memilih produk pemutih wajah yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Hidrokuinon 2%
  • Azelaic acid
  • Glycolic acid
  • Kojic acid
  • Retinoid (retinol, tretinoin, gel adapalene, atau tazarotene)
  • Vitamin C

Baca Juga

  • 20 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan yang Bisa Anda Terapkan
  • Tips Memilih Skincare untuk Kulit Sensitif dan Rangkaian Produknya
  • Ketahui Urutan Mandi yang Benar, Pakai Sabun atau Keramas Dulu?

Catatan dari SehatQ

Beragam cara bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit putih, bersih, dan cerah. Mulai dari menggunakan bahan alami, menerapkan pola hidup sehat, hingga melakukan tindakan medis saran dokter. 

Jika timbul reaksi alergi, seperti ruam kemerahan, gatal di area kulit, atau iritasi kulit, terutama setelah menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan periksakan diri ke dokter. 

Perlu diingat bahwa berbagai cara cepat memutihkan wajah di atas sifatnya hanya untuk mencerahkan sehingga akan tampak lebih putih dan bersih, bukan untuk mengubah tone warna kulit menjadi putih.

Jika penggunaan bahan tertentu menimbulkan reaksi alergi, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

Untuk berdiskusi lebih lanjut soal cara memutihkan wajah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

kulit dan kecantikanpencerah kulitmasker wajahperawatan wajah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved