Cara Memutihkan Wajah Secara Alami yang Bisa Dilakukan di Rumah


Memutihkan wajah tak selalu harus pergi ke klinik kecantikan. Ada sejumlah perawatan menggunakan bahan alami yang bisa ditemukan di rumah, seperti pepaya, jeruk, oatmeal, dan lemon. Selain itu, pola hidup sehat juga dapat membantu memutihkan kulit wajah.

(0)
09 Nov 2020|Bayu Galih Permana
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Memutihkan wajah secara alami bisa menggunakan buah pepaya sebagai maskerPepaya seringkali digunakan untuk memutihkan kulit berkat kandungan nutrisinya
Belang pada kulit wajah merupakan momok yang ditakuti oleh banyak orang. Ada berbagai perawatan yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan wajah dan membuat warna kulit kembali merata. Selain pergi ke klinik kecantikan, perawatan memutihkan kulit wajah juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bahan yang bisa dipakai untuk memutihkan wajah secara alami

Cara memutihkan wajah secara alami dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada di sekitar Anda. Beberapa bahan makanan yang mempunyai potensi sebagai pemutih alami, meliputi:

1. Pepaya

Pepaya seringkali digunakan untuk memutihkan kulit berkat kandungan nutrisinya. Cara penerapannya, potong dan haluskan pepaya yang telah dicampur dengan pisang. Setelah itu, tambahkan madu dan campur hingga merata. Oleskan bahan campuran tersebut ke wajah Anda, dan diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.Terakhir, bilas wajah Anda dengan air bersih, kemudian keringkan dengan lembut.

2. Jeruk

Kaya akan kandungan vitamin C, jeruk merupakan buah yang memberi banyak manfaat untuk kesehatan kulit Anda. Mengoleskan air perasan jeruk pada wajah dapat membantu peremajaan kulit sekaligus menjadikannya lebih terasa lembut serta terlihat cerah. Selain itu, mengonsumsi jus jeruk setiap hari dapat membuat kulit menjadi lembut dan halus.

3. Oatmeal

Anda bisa memutihkan wajah menggunakan masker oatmeal
Masker oatmeal akan membantu proses eksfoliasi sel kulit mati
Menggunakan oatmeal sebagai masker membantu meningkatkan regenerasi kulit. Masker dari oatmeal membantu proses eksfoliasi wajah dengan mengangkat sel kulit mati. Ketika kulit mati terangkat, wajah Anda otomatis akan terasa lembut dan terlihat lebih cerah.Untuk menggunakannya, Anda harus memasak oatmeal terlebih dulu hingga matang. Setelah itu, oleskan oatmeal yang sudah dalam kondisi dingin ke wajah sebagai masker. Tunggu 10-15 menit atau kering, lalu bilas wajah menggunakan air bersih.  

4. Lemon

Sama seperti halnya jeruk, kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu meningkatkan perkembangan sel-sel kulit baru. Selain itu, asam sitrat yang terkandung dalam lemon diketahui mampu memutihkan kulit wajah.Agar wajah putih, oleskan air perasan lemon ke kulit. Kemudian, tunggu sekitar 10 menit hingga mengering. Setelah kering, bilas kulit wajah Anda dengan menggunakan air hangat.

Cara memutihkan wajah selain menggunakan bahan makanan

Selain memanfaatkan bahan makanan, masih ada beberapa cara memutihkan wajah yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa cara tersebut, di antaranya:

1. Minum air dan rutin berolahraga

Meminum air yang cukup dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air sehari. Sementara itu, rutin berolahraga membantu membuka pori-pori kulit.

2. Membersihkan wajah setelah beraktivitas

Rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas akan membantu memutihkan wajah secara alami
Menghapus riasan dapat membantu menjaga kebersihan kulit wajah
Setelah lelah seharian melakukan aktivitas, jangan lupa untuk menghapus riasan menggunakan pembersih yang lembut untuk kulit wajah. Setelah itu, gunakan minyak atau krim yang memiliki kemampuan untuk melembapkan wajah. Anda juga bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk menjaga kulit wajah tetap lembap.

3. Melakukan proses eksfoliasi secara rutin

Rutin melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub wajah dapat membantu memutihkan wajah Anda. Melalui proses eksfoliasi, sel-sel kulit mati pada wajah nantinya akan terangkat sehingga kulit menjadi terlihat lebih cerah dan putih dari sebelumnya.

Bisakah perubahan warna kulit menjadi gelap dicegah?

Agar wajah tidak belang, Anda sebaiknya menghindari paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet dapat mengubah warna kulit menjadi lebih gelap.Berikut ini sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi potensi perubahan warna kulit akibat paparan sinar matahari:
  • Menghindari paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama
  • Mencari tempat teduh ketika berada di luar ruangan
  • Mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 tiap 2 jam sekali
  • Menggunakan topi untuk mencegah paparan langsung sinar matahari
  • Rutin membersihkan dan melakukan perawatan kulit

Catatan dari SehatQ

Beragam cara bisa Anda lakukan untuk memutihkan wajah, mulai dari menggunakan bahan alami hingga menerapkan pola hidup sehat. Namun, Anda perlu berhati-hati karena bahan-bahan tertentu mungkin dapat memicu reaksi alergi pada wajah.Jika penggunaan bahan tertentu menimbulkan reaksi alergi, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter. Untuk berdiskusi lebih lanjut soal cara memutihkan wajah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanpencerah kulitmasker wajahperawatan wajah
eMediHealth. https://www.emedihealth.com/skin-lightening.html
Diakses pada 26 Oktober 2020
Medindia. https://www.medindia.net/beauty/how-to-get-fair-skin-naturally.asp
Diakses pada 26 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait