Cara memutihkan selangkangan bisa dilakukan dengan alami maupun obat dokter
Selangkangan hitam bisa saja membuat Anda tidak percarya diri, khususnya wanita

Kulit yang menjadi lebih gelap di bagian-bagian tubuh tertentu, bisa dialami oleh siapa saja dengan warna kulit apapun. Dalam dunia medis, kulit menggelap ini dikenal juga dengan istilah hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi biasa terjadi di bagian-bagian lipatan, seperti selangkangan. Kondisi ini sejatinya tak berbahaya dan tak butuh pengobatan. Tetapi bila dirasa mengganggu, ada beberapa cara memutihkan selangkangan yang bisa Anda coba.

Namun sebelum membahas lebih dalam mengenai langkah jitu untuk memutihkan selangkangan, ada baiknya kita ketahui dulu penyebab di balik hiperpigmentasi yang mungkin Anda alami. 

Apa saja yang memicu hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi adalah produksi melanin (pigmen pemberi warna kulit) yang terlampau banyak, sehingga warna kulit menjadi lebih gelap. Beberapa faktor di bawah ini bisa memicu munculnya hipermigmentasi di area paha dalam dan selangkangan:

  • Sering lecet atau iritasi

Kondisi ini bisa terjadi karena kedua paha sering bergesekan saat berjalan. Bisa juga karena penggunaan pakaian yang terlalu ketat di daerah selangkangan, sehingga kulit sering lecet.

Pada area yang sering mengalami iritasi dan bergesekan tersebut, kulit biasanya akan menjadi lebih gelap dari bagian kulit lainnya.

  • Ketidakseimbangan hormon

Penyebab ini sering terjadi pada perempuan yang sedang hamil atau masih dalam masa menyusui. Sebagian perempuan hamil mengalami bagian kulit yang bertambah gelap di selangkangan, ketiak, bahkan leher. 

  • Sindrom polikistik ovarium

Banyak dari perempuan penderita sindrom polikistik ovarium yang mengalami kegemukan. Akibatnya, kedua paha selalu bergesekan saat berjalanan.

Kegemukan juga merupakan faktor risiko diabetes, yang salah satu gejalanya adalah bagian-bagian kulit menjadi lebih gelap. Misalnya, di ketiak, selangkangan dan leher di sekitar letak kerah baju. 

  • Penggunaan obat-obatan

Obat hormonal, seperti pil kontrasepsi, bisa memicu munculnya bintik-bintik hitam di kulit atau hiperpigmentasi di beberapa area kulit. Orang yang menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapi juga kerap mengalami warna kulit yang menjadi lebih gelap.

Cara memutihkan selangkangan dengan alami

Seandainya Anda merasa kurang nyaman untuk berkonsultasi ke dokter, beberapa cara memutihkan selangkangan dengan bahan alami ini bisa Anda coba sendiri di rumah:

   1. Scrub oatmeal dan yogurt

Oatmeal bisa digunakan untuk membantu dalam mengatasi eksim dan masalah kulit lainnya. Sebagai bahan untuk scrub dan eksfoliasi kulit, oatmeal lebih halus dibandingkan dengan gula pasir.

Sedangkan produk yogurt mengandung asam laktat. Bahan ini akan membantu dalam memperbaiki kondisi kulit. 

Untuk membuat adonan scrub, campurkan oatmeal dengan yogurt tanpa pemanis dalam jumlah berimbang. Misalnya, 2 sendok oatmeal dan 2 sendok makan yogurt. Ingat, oatmeal di sini berarti yang telah dicampur dengan air.

Setelah tercampur rata, gunakan adonan tersebut dengan cara menggosok-gosokkannya di area kulit hiperpigmentasi. Setelah membiarkannya beberapa saat, bersihkan adonan yang menempel dengan air hingga bersih. 

   2. Minyak kelapa dan jus lemon

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jus lemon dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi kulit. Sementara minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap agar kulit selangkangan tetap lembut dan halus. 

Untuk membuat ramuannya, Anda bisa mencampurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan air perasan dari setengah buah lemon. Oleskan ramuan ini pada area kulit di paha dalam dan selangkangan yang mengalami hiperpigmentasi.

Jangan lupa untuk memijat bagian kulit yang diolesi ramuan selama minimal 10 menit. Setelah itu, bilas area kulit tersebut hingga bersih. 

   3. Lidah buaya

Gel lidah buaya (aloe vera) atau produk-produk perawatan kulit lain yang berbahan dasar lidah buaya berfungsi mendinginkan kulit dan meredakan iritasi. Tanaman ini mengandung aloin yang bisa membantu untuk mencerahkan kulit. 

Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang mengalami hiperpigmentasi dan membiarkannya hingga meresap. Anda juga tidak perlu membilasnya. Mudah, bukan? 

   4. Potongan kentang

Konon, rajin menggosok kulit menggunakan kentang bisa membuatnya lebih cerah. Cara ini diyakini bisa membantu karena kentang mengandung katekolase, yaitu enzim yang bisa mencerahkan kulit.

Cara memutihkan selangkangan yang satu ini pun cukup mudah. Potonglah kentang dan gunakan potongan tersebut untuk menggosok area kulit hipermigmentasi selama 15 menit atau lebih. Setelah itu, bilas hingga bersih. 

Cara memutihkan selangkangan dengan bahan-bahan alami umumnya butuh waktu cukup lama sampai efeknya benar-benar terlihat. Cara yang lebih ampuh memang menggunakan obat-obatan dari dokter spesialis kulit atau menjalani prosedur tertentu. 

Obat-obatan untuk mencerahkan kulit

Beberapa jenis obat oles yang bisa diresepkan oleh dokter untuk mencerahkan kulit meliputi:

  • Krim retinoid

Bahan aktif krim ini berfungsi mengatur pertumbuhan sel-sel kulit dan mengendalikan hiperpigmentasi, sehingga bisa mencerahkan kulit. Biasanya hasil penggunaan krim retinoid akan terlihat dalam waktu beberapa bulan setelah penggunaan.

  • Krim hydroquinone

Krim ini memang biasa diresepkan dengan tujuan mencerahkan kulit. Hasilnya akan tampak dalam waktu sekitar satu bulan penggunaan. 

  • Krim calcipotriene

Krim ini berbahan dasar vitamin D, yang bisa digunakan untuk mengurangi hiperpigmentasi kulit. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, cara memutihkan selangkangan mungkin memerlukan prosedur seperti chemical peeling menggunakan trichloroacetic acid (TCA). Prosedur medis ini bertujuan mengelupas lapisan kulit berwarna gelap.

Pilihan lainnya adalah perawatan laser yang mampu mengurangi ketebalan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. 

Apapun cara memutihkan selangkangan yang dipilih, Anda disarankan untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter kulit. Langkah ini akan memastikan bahwa cara yang Anda pilih benar-benar aman dan cocok untuk kulit Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kulit area tersebut. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan jaga berat badan ideal guna menghindari terjadinya gesekan antar dua paha saat berjalan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-inner-thighs#home-remedies
Diakses pada 9 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322860.php
Diakses pada 9 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed