Cara Memutihkan Penis dan Mencegah Warnanya Semakin Gelap


Warna kulit pada organ intim cenderung lebih gelap ketimbang kulit pada bagian tubuh lain. Hal inilah yang mendorong pria mencari cara memutihkan penis dan mencegah warnanya semakin gelap.

0,0
31 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara memutihkan penis adalah dengan teknik laserBukan sebuah masalah jika warna penis berubah seiring berjalannya waktu
Banyak hal yang berubah dalam tubuh seiring bertambahnya usia, seperti bertambahnya keriput, noda hitam, dan uban. Namun satu hal yang tidak terduga dari proses penuaan adalah berubahnya warna kulit di area sekitar alat kelamin. Perubahan ini biasanya terjadi secara bertahap sehingga Anda mungkin tidak langsung menyadarinya. Meskipun warna penis menggelap secara natural, mungkin Anda terganggu dengan warnanya dan ingin mengetahui cara memutihkan penis. 

Mengapa warna penis lebih gelap dari bagian tubuh lainnya?

Menurut dokter kulit, sangatlah normal jika kulit labia, skrotum, dan anus terlihat lebih gelap dari bagian tubuh lainnya. Penggelapan ini disebut hiperpigmentasiPada kebanyakan orang pasca pubertas, kulit di area genital akan lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya. Area penis dan daerah genital lainnya akan menggelap dipengaruhi oleh faktor berikut ini:
  • Hormon

Kulit memiliki sel yang disebut melanosit yaitu sel pembentuk melanin atau pigmen penghasil warna kulit. Di area genital, melanosit tersebut sensitif terhadap hormon. Hal ini bisa terjadi selama masa pubertas, kehamilan, atau penuaan secara umum. Area genital secara bertahap berubah menjadi lebih gelap sebagai respons tubuh terhadap perubahan hormon dari waktu ke waktu. Jika penggelapan terjadi di daerah ini, biasanya untuk mengembalikan warnanya seperti semula cukup sulit.
  • Gesekan dan peradangan

Gesekan dapat menyebabkan sel-sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin dan akhirnya menyebabkan hiperpigmentasi. Aktivitas sehari-hari seperti penggunaan celana ketat dan seks dapat meningkatkan gesekan ke area tersebut. Seks vaginal dan anal dapat menyebabkan gesekan semacam ini. Pada wanita, daerah labia dan paha atas, terutama di lipatan kulit di daerah selangkangan juga bisa menjadi gelap karena gesekan setiap hari dan trauma persalinan.Dengan aktivitas dan gesekan itu, kulit pun dapat mengalami keratinisasi atau proses yang mematangkan sel-sel menuju lapisan terluar kulit. Keratin memiliki melanin di dalamnya sehingga proses ini menghasilkan kulit yang lebih tebal dan lebih gelap. Mencukur dan mencabut bulu juga dapat menyebabkan penggelapan kulit karena alasan yang sama. Selain itu infeksi jamur, rambut tumbuh ke dalam, dan folikulitis juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Cara memutihkan penis

Sebenarnya tidak ada gejala medis apa pun yang ditunjukkan jika penis Anda menggelap sehingga tidak diperlukan terapi khusus. Bukan sebuah masalah jika warna penis berubah seiring berjalannya waktu. Namun jika Anda merasa terganggu dengan warnanya atau terpaksa ingin memutihkan penis, salah satu pilihannya yaitu dengan laser.Terapi laser yang digunakan adalah laser jenis tertentu. Laser ini bekerja dengan memancarkan gelombang laser pendek yang terkonsentrasi. Ini adalah perawatan umum untuk kondisi dermatologis terkait pigmen. Beberapa sesi dibutuhkan untuk menghilangkan bagian hitam pada penis sepenuhnya.Prosedur ini dapat meninggalkan bekas luka kecil, meskipun biasanya aman dan tidak memengaruhi kesehatan dan fungsi penis. Pastikan untuk mendiskusikan semua risiko dan manfaat prosedur sebelum melakukan proses memutihkan penis.

Cara mencegah penis semakin berwarna gelap

Anda dapat menghindari beberapa pemicu hiperpigmentasi pada kulit. Meskipun memang perubahan hormonal dan penuaan sulit dicegah namun Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
  • Hindari menggunakan pakaian dan pakaian dalam yang ketat
  • Menjaga kelembaban kulit sekitar area genital
  • Menghindari mencabut bulu kemaluan, seperti waxing atau mencukur. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan folikulitis dan peradangan.
  • Memakai pakaian yang menyerap keringat
Bila penis tidak menunjukkan gejala lain, warna yang menggelap merupakan sesuatu yang wajar. Pahami dulu risiko memutihkan penis sebelum Anda melakukannya.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang kesehatan organ intim, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan organ intimkulup penis
Healthline. https://www.healthline.com/health/why-is-my-private-area-dark#triggers-to-avoid
Diakses pada 18 Agustus 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/penile-melanosis#treatment
Diakses pada 18 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait