Cara Memutihkan Kulit Tangan dengan Bahan Alami


Cara memutihkan kulit tangan dengan bahan alami dinilai lebih aman dibanding penggunaan krim pemutih kimia. Mulai dari lemon, hingga yogurt bisa Anda gunakan.

(0)
21 May 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara memutihkan kulit tangan dengan lotionPenggunaan lotion pada tangan
Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, warna kulit di bagian tangan seringkali lebih gelap dari bagian tubuh lain alias belang. Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba cara memutihkan kulit tangan terlebih dahulu dengan bahan-bahan alami yang relatif aman bagi kulit.Warna kulit Anda dipengaruhi oleh melanin, yaitu pigmen warna yang diproduksi oleh sel-sel di lapisan kulit. Ketika kulit membuat terlalu banyak melanin, salah satunya karena terlalu sering terpapar sinar matahari, warna kulit akan menjadi gelap.Kadang kala, warna kulit yang gelap hanya bersifat sementara dan akan kembali putih ketika Anda mengurangi paparan sinar matahari. Namun, tidak sedikit yang menempuh cara-cara memutihkan kulit tertentu untuk mempercepat proses ini.

Cara memutihkan kulit tangan dengan bahan alami

Banyak sekali jenis krim pemutih kulit yang beredar di pasaran. Mayoritas produk tersebut biasanya mengandung hidrokuinon 2 persen, asam azelaic, asam glikolik, retinoid, vitamin C, maupun asam kojic.Krim pemutih tersebut umumnya aman digunakan, apalagi bila dengan panduan dari dokter. Namun, risiko munculnya efek samping tetap ada, mulai dari reaksi alergi, warna kulit belang (terutama pada pemakaian krim pemutih yang mengandung hidrokuinon), hingga penuaan dini.Oleh karena itu, banyak wanita yang kini beralih menggunakan cara memutihkan kulit tangan dengan bahan dari alam. Berikut beberapa bahan alami untuk memutihkan kulit beserta cara penggunaannya:

1. Jus lemon

Menurut penelitian, lemon dikenal luas memiliki efek dapat menghilangkan bercak kehitaman sekaligus mencerahkan warna kulit. Untuk merasakan manfaat ini, Anda dapat memeras lemon segar, kemudian membasuhkannya pada area tangan dengan kapas, lalu bilas dengan air bersih.Anda juga dapat menjadikan kulit bekas perasan lemon untuk digosok-gosokkan ke tangan, lalu bilas dengan air bersih.

2. Mandi susu

Cara memutihkan kulit tangan ini juga sudah dikenal sejak lama, bahkan dianggap sebagai perawatan mewah untuk mencerahkan kulit. Hanya saja, cara ini kurang praktis karena mengharuskan Anda berendam di campuran air hangat dengan susu full-fat selama kurang-lebih satu jam, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat mencerahkan warna kulit karena bersifat eksfoliator dan membersihkan bakteri penyebab jerawat.Anda dapat menggunakan sabun yang mengandung pepaya atau membuat sendiri jus pepaya dengan menghancurkan daging buah pepaya, mengaplikasikannya ke kulit tangan, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Lidah buaya

Dilansir dari NCBI, lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat mengeksfoliasi kulit dan melunturkan radikal bebas yang melekat pada kulit. Selain mengoleskan langsung gel lidah buaya ke tangan, Anda juga bisa mencampurnya dengan sari lemon, biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

5. Yogurt

Prinsip cara memutihkan kulit tangan dengan yogurt ini mirip dengan susu, yakni mengandalkan kandungan asam lactic yang terdapat di dalamnya. Yogurt cocok diaplikasikan pada semua jenis kulit dan sekaligus diyakini dapat melembapkan kulit sehingga membuat tangan Anda terlihat lebih sehat.Belum terdapat satu pun penelitian berskala besar yang mampu membuktikan bahan-bahan alami diatas efektif untuk memutihkan kulit tangan. Bukti-bukti yang ada masih bersifat studi terbatas dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Adakah cara lain untuk memutihkan kulit tangan?

Selain menggunakan krim atau losion serta memanfaatkan bahan-bahan alami, cara memutihkan kulit tangan yang sempat populer adalah dengan chemical peeling. Perawatan ini dilakukan dengan mengoleskan cairan peeling khusus yang kemudian akan mengikis serta membuat kulit di tangan Anda terkelupas.Saat kulit sudah terkelupas, Anda akan melihat lapisan kulit baru yang muncul dengan warna lebih cerah, bahkan lebih halus dan tidak berkerut. Prosedur chemical peeling bisa dilakukan sendiri di rumah, hanya saja Anda sangat disarankan untuk mengikuti anjuran dokter untuk menghindari efek samping penggunaan chemical peeling.
perawatan kulit
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/skin-lightening-products
Diakses pada 5 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326261
Diakses pada 5 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-even-skin
Diakses pada 5 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/chemical-peels
Diakses pada 5 Mei 2020
Biomedical Health and News. https://biomedj.org/skin-care/12-natural-ways-lighten-skin-tone/
Diakses pada 5 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait