Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras yang Populer di Korea Selatan dan Jepang

(0)
06 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara memutihkan kulit dengan tepung beras dapat dilakukan dengan mudahTepung beras dipercaya punya sejumlah manfaat untuk kulit
Tepung beras merupakan salah satu bahan yang sering dimanfaatkan untuk memutihkan kulit. Meski cukup populer di kalangan masyarakat, bukti ilmiah mengenai efektivitas cara memutihkan kulit dengan tepung beras masih terbilang sangat terbatas.Tidak hanya untuk memutihkan kulit, perawatan tepung beras telah dipercaya secara turun temurun untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara keseluruhan. Cara memutihkan kulit dengan tepung beras ini paling populer di negara-negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Cara memutihkan kulit dengan tepung beras

Cara memutihkan kulit dengan tepung beras dapat dilakukan dengan diolah menjadi masker wajah atau larutan pembersih tubuh alias lulur. Berikut cara melakukan kedua metode ini.

1. Membuat masker wajah

Tepung beras dapat dimanfaatkan menjadi masker wajah. Cara membuatnya pun tidak sulit dan bahan-bahannya relatif mudah didapatkan. Berikut langkah-langkah membuat masker wajah tepung beras.Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
  • Tepung beras
  • Susu bubuk
  • Minyak zaitun
  • Air mawar.
Langkah-langkah membuat masker tepung beras:
  • Campurkan 5 sendok makan (sdm) tepung beras dengan 3 sdm susu bubuk.
  • Masukkan 1 sdm minyak zaitun.
  • Tambahkan air mawar secukupnya, aduk hingga adonan berbentuk pasta kental.
  • Oleskan adonan masker pada wajah dengan menggunakan kuas secara merata.
  • Biarkan adonan hingga mengering sekitar 10-15 menit.
  • Setelah mengering, oleskan sedikit air pada masker dan gosok perlahan hingga terkelupas.
  • Bilas wajah hingga bersih.

2. Menggunakan tepung beras untuk tubuh

Selain digunakan sebagai masker, Anda juga bisa memanfaatkan tepung beras untuk lulur. Cara memutihkan kulit dengan tepung beras dengan metode lulur adalah:
  • Basahi tepung beras dengan menggunakan air.
  • Gosokkan ke seluruh tubuh untuk membersihkan kulit saat mandi.
  • Gunakan air bersih untuk membilasnya.
Tepung beras berfungsi mengelupas kotoran dan sel kulit mati di permukaan kulit sehingga kulit dapat terlihat lebih bersih dan sehat.

Manfaat tepung beras untuk kulit

Berbagai senyawa pada beras telah banyak digunakan pada produk kosmetik atau perawatan kulit. Penggunaan beras bukan tanpa alasan, di dalam bahan ini terkandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Mengandung asam fitat

Tepung beras mengandung asam fitat yang merupakan antioksidan asam alfa hidroksi (AHA). AHA telah banyak digunakan dalam kosmetik perawatan kulit untuk membantu menghilangkan sel kulit mati. SAsam fitat bahkan terbukti secara ilmiah memiliki efektivitas yang sama dengan asam glikolat dan asam salisilat bagi kulit. Asam ini bahkan juga memiliki efek yang lebih lembut pada kulit.Manfaat asam fitat untuk kulit meliputi:
  • Mengatasi hiperpigmentasi
  • Meredakan jerawat yang meradang
  • Membantu memperbaiki peradangan dan luka pada bekas jerawat
  • Mencegah tanda-tanda penuaan.

2. Mengandung PABA

Cara memutihkan kulit dengan tepung beras juga dianggap efektif karena kandungan asam para-aminobenzoic (PABA) atau vitamin B10. PABA merupakan salah satu bahan yang sering digunakan pada produk tabir surya. Selain melindungi kulit dari sinar UV matahari, PABA juga dapat mendorong pertumbuhan sel kulit baru.

3. Mengandung asam ferulat

Kandungan lainnya pada tepung beras yang bermanfaat bagi kulit adalah asam ferulat (ferulic acid). Senyawa ini memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antimikroba yang dapat menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.Selain dimanfaatkan sebagai anti-penuaan, asam ferulat membantu melindungi kulit dari kerusakan radiasi sinar UV, terutama jika dikombinasikan dengan vitamin C dan vitamin A.

4. Mengandung allantoin

Tepung beras mengandung allantoin yang juga bermanfaat bagi kulit. Allantoin terbukti secara ilmiah bermanfaat dalam menenangkan dan meredakan peradangan, serta membantu penyembuhan luka pada kulit.Cara memutihkan kulit dengan tepung beras mungkin akan memberikan hasil beragam pada masing-masing individu. Meskipun secara umum tidak ada risiko bahaya, sebaiknya Anda lakukan uji alergi sebelum menggunakan tepung beras.Hal ini perlu dilakukan karena kandungan PABA pada tepung beras berpotensi menyebabkan alergi pada sebagian orang.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan kulit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kulit sehatperawatan kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skincare/rice-flour-for-skin
Diakses 22 Januari 2021
Very Well Health, https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-ferulic-acid-89607
Diakses 22 Januari 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/phytic-acid
Diakses 22 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait