6 Cara Memutihkan Kuku Kuning yang Bisa Dicoba di Rumah

(0)
07 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara memutihkan kuku kuning di rumah cukup mudah, coba saja pakai soda kue!Tea tree oil adalah minyak atsiri yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan kuku kuning.
Cara memutihkan kuku kuning yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah, ternyata sangat beragam! Ada banyak bahan dapur untuk dicoba, ataupun obat-obatan yang bisa dibeli di apotek.Jangan fokus terhadap cara memutihkan kuku saja, tapi pahami juga mengapa kuku bisa menguning. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya hal yang sama di masa depan.

Cara memutihkan kuku kuning yang mudah dilakukan

Sebelum mengetahui berbagai metode untuk memutihkan kuku kuning, penting untuk diingat bahwa berbagai cara memutihkan kuku ini tidak selalu efektif. Terkadang, datang ke dokter dan meminta obat-obatan adalah jalan yang harus ditempuh untuk mendapatkan hasil maksimal.Namun tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui cara memutihkan kuku kuning yang dapat dilakukan di rumah, dengan bahan-bahan berikut ini.

1. Tea tree oil

Jika kuku kuning yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur, minyak atsiri tea tree oil dapat dicoba. Campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan minyak zaitun atau minyak kelapa, kemudian celupkan kuku Anda ke dalamnya. Sebuah riset membuktikan, tea tree oil memiliki komponen yang ampuh mencegah pertumbuhan jamur kuku.

2. Soda kue

Merendam kuku tangan atau kaki yang menguning di dalam air hangat berisikan soda kue, dapat membantu Anda memutihkan kembali kuku yang kusam. Sebab, soda kue dapat menciptakan alkali, sehingga kuku yang terpapar olehnya dapat kembali bersih.

3. Minyak oregano

Sebuah riset membuktikan bahwa minyak oregano memiliki komponen antimikroba yang ampuh melawan jamur dan bakteri. Jika keduanya terbukti menjadi “dalang” di balik menguningnya kuku Anda, maka minyak oregano bisa menjadi cara memutihkan kuku yang patut dicoba.Cara menggunakannya juga mudah, campurkan dulu minyak oregano dengan carrier oil seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya ke kuku.

4. Hidrogen peroksida

Berbagai penelitian telah membuktikan kalau hidrogen peroksida sangat ampuh dalam memutihkan gigi. Tidak heran banyak produk pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida!Itulah sebabnya, hidrogen peroksida juga dipercaya bisa memutihkan kuku yang kuning.Hidrogen peroksida juga memiliki kemampuan “oksidasi”, sehingga mampu menghilangkan noda. Namun, hidrogen peroksida dianggap lebih ampuh untuk memutihkan kuku kuning yang disebabkan oleh produk kosmetik atau pewarna kuku.Campurkan dulu hidrogen peroksida ke dalam air hangat, kemudian celupkan kuku kuning Anda. Jika Anda menambahkan soda kue ke dalamnya, maka hasilnya dianggap akan lebih maksimal.

5. Vitamin E

Untuk kuku kuning yang disebabkan oleh sindrom kuku kuning, vitamin E bisa dijadikan sebagai penyelamat. Berbagai riset juga telah membuktikan efektivitas vitamin E sebagai pengobatan sindrom kuku kuning, lho.Selain mengonsumsinya lewat suplemen, cobalah berbagai makanan yang mengandung vitamin E seperti biji bunga matahari, selai kacang, asparagus (sayuran), mangga, alpukat, kacang almond, hingga paprika merah.

6. Obat resep dari dokter

Jangan anggap bahwa berbagai cara memutihkan kuku di atas akan selalu efektif. Sebab, tidak akan ada hasil penyembuhan yang maksimal tanpa bantuan dokter!Maka dari itu, berbagai obat resep dari dokter masih tetap dibutuhkan. Contohnya, kuku kuning yang disebabkan oleh jamur dapat diobati dengan terbinafine atau itraconazole. Keduanya memang dianggap efektif, tapi memiliki efek samping berupa diare dan sakit perut.Selain itu, obat-obatan ciclopirox juga dapat diberikan oleh dokter. Obat ini dapat dioleskan ke kuku kuning, layaknya pewarna kuku yang dijual di pasaran.

Penyebab kuku kuning

Kuku
Penyebab kuku kuning cukup beragam
Ada banyak penyebab kuku kuning yang harus diwaspadai, termasuk kekurangan vitamin atau zat mineral. Jangan salah, minimnya nutrisi dalam tubuh pun bisa menyebabkan warna kuku berubah!Selain itu, berbagai macam penyakit seperti diabetes, psoriasis, hingga masalah tiroid juga bisa menyebabkan kuku kuning. Dalam kasus yang langka, kuku kuning pun dapat menandakan kanker kulit.Terdapat satu penyakit spesifik yang menyebabkan kuku kuning, yakni sindrom kuku kuning atau yellow nail syndrome (YNS). Selain ditandai dengan kuku berwarna kuning, kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah pada sistem pernapasan dan limfatik.Selain itu, cedera ataupun penggunaan produk kecantikan kuku, juga bisa menyebabkan kuku kuning.

Cara mencegah kuku kuning

Kuku
Cegah kuku kuning sebelum terlambat
Kuku kuning dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan kuku. Selain itu, berhati-hatilah saat datang ke salon meni-pedi, dan pastikan peralatan yang digunakan bersih.Perlu diingat juga, jangan menggunakan penghapus cat kuku (nail polish remover) lebih dari sekali dalam seminggu. Pilihlah penghapus cat kuku yang tidak mengandung aseton.Dalam seminggu, cobalah bersihkan segala kotoran yang mengendap di bawah kuku Anda. Hal ini dapat mencegah perkembangan bakteri atau jamur yang bisa membuat kuku kuning!
kulit dan kecantikankukujamur kuku
Healthline. https://www.healthline.com/health/yellow-nails#treatment
Diakses pada 28 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326148#is-it-effective
Diakses pada 28 Juli 2020
Harvard. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-e/
Diakses pada 28 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait