10 Cara Memutihkan Gigi Kuning di Rumah yang Mudah Dilakukan

Biasakan menggosok gigi setelah makan, untuk gigi yang lebih putih dan sehat.
Memakan keju putih adalah salah satu cara memutihkan gigi yang kuning.

Memiliki gigi bersih tentunya memberikan rasa percaya diri yang tinggi. Bayangkan saja, apa jadinya kalau Anda punya gigi kuning? Mau bicara saja, pasti tidak pede. Maka dari itu, merawat gigi ialah hal penting yang harus Anda perhatikan. Termasuk di dalamnya, cara memutihkan gigi kuning.

Namun bagaimana jika Anda sekarang memiliki gigi kuning? Kalau sudah terlanjur memiliki gigi kuning, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memutihkannya. 

Cara memutihkan gigi kuning yang ampuh

Ada sejumlah bahan yang bisa digunakan untuk mengembalikan kilau gigi putih Anda. Mulai dari gosok gigi menggunakan baking soda, mengonsumsi cuka sari apel, buah dan sayuran, dan berkumur dengan kelapa, berikut ini cara kerja efektif memutihkan gigi kuning, yang patut Anda coba.

1. Gosok gigi dengan baking soda

Baking soda memiliki khasiat pemutih alami. Tidak heran, banyak pasta gigi yangmenggunakan baking soda sebagai salah satu bahan utamanya. Beberapa studi juga membuktikan kemampuan pasta gigi dengan baking soda dalam memutihkan gigi. 

Pasta gigi dengan baking soda dianggap lebih efektif dalam mengangkat noda kuning pada gigi, dibandingkan pasta gigi tanpa bahan tersebut. 

Baking soda dipercaya membantu mengangkat noda permukaan pada gigi. Selain itu, baking soda juga bisa menciptakan lingkungan alkali dalam mulut Anda, sehingga bakteri tidak tumbuh.

Perlu diingat, memutihkan gigi menggunakan baking soda juga membutuhkan waktu. Namun, ini menjadi salah satu cara mudah untuk memutihkan gigi Anda.

Namun, Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan baking soda terlalu sering, karena bisa merusak enamel gigi.

2. Mengonsumsi cuka sari apel

Percaya tak percaya, mengonsumsi cuka sari apel juga bisa jadi cara memutihkan gigi kuning dengan mudah. 

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan.

Asam asestat yang ada di dalam cuka sari apel, terbukti efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri itulah yang berguna membersihkan mulut serta memutihkan gigi.

Tidak hanya memutihkan gigi, ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa cuka sari apel juga bisa membuat permukaan gigi Anda jadi lembut.

Namun ingat, asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis enamel pada gigi. Maka dari itu, sebaiknya tidak menggunakan cuka sari apel setiap hari. Anda juga harus membatasi waktu bersentuhan cuka sari apel dengan gigi.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan agar Warna Gigi Putih

3. Rutin mengonsumsi buah dan sayuran

Tidak hanya membuat badan sehat, mengonsumsi buah dan sayur juga bermanfaat untuk gigi Anda. 

Walau buah dan sayur tidak bisa dijadikan pengganti bahan penyikat gigi, namun makanan-makanan sehat ini bisa menghilangkan plak saat Anda mengunyahnya. Dengan demikian, noda kuning pada gigi Anda bisa terangkat.

Ada buah-buah yang bisa meninggalkan noda pada gigi, seperti blueberry, blackberry, hingga bit, dan sebaiknya Anda hindari. Meski demikian, ada juga buah yang bisa mengangkat noda pada gigi, seperti stroberi dan nanas.

4. Mengurangi konsumsi gula

Jika Anda ingin gigi yang lebih putih, kurangi konsumsi gula sekarang juga. 

Gula membantu pertumbuhan bakteri Streptococcus yang menyebabkan plak dan radang gusi. Oleh karena itu, mengurangi gula bisa menjadi cara memutihkan gigi kuning yang manjur.

Setidaknya, jika ingin mengonsumsi makanan yang mengandung gula, segera sikat gigi Anda selesai makan. Langkah ini diperlukan untuk menghindari tumbuhnya bakteri Streptococcus.

Minuman seperti kopi, anggur merah, hingga soda, dikenal mampu menodai gigi Anda. Bukan berarti Anda harus menghindarinya. Hanya saja, jangan terlalu sering mengongsumi minuman-minuman tersebut. 

Jika memungkinkan, segera sikat gigi Anda setelah meminum minuman yang telah disebutkan di atas agar noda tidak menempel pada gigi.

5. Berkumur dengan minyak kelapa

Orang-orang Indian pada zaman dahulu, percaya bahwa berkumur dengan minyak kelapa bisa menjaga kebersihan mulut. Praktik ini dipercaya masih ampuh sampai sekarang.

Berkumurlah dengan minyak kelapa, yang dikenal mengandung lauric acid, untuk membunuh bakteri pada gigi, serta mengurangi peradangan.

Selain menjadi cara memutihkan gigi kuning, berkumur dengan satu sendok minyak kelapa, juga bisa mengangkat plak dan menghilangkan radang gusi.

Namun sayang, belum ada studi yang mampu membuktikan efektivitasnya. Walau demikian, berkumur dengan minyak kelapa dianggap aman. Banyak orang yang mengaku giginya lebih putih setelah melakukannya.

6. Memperbanyak asupan kalsium

Kalsium berguna untuk memperkuat enamel pada gigi. Kalau enamel tidak terjaga, jangan heran, gigi bisa ternodai dengan mudah. Maka dari itu, perbanyak makanan berkalsium tinggi, seperti, brokoli hingga susu. 

7. Stop merokok!

Tidak hanya merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya, merokok juga bisa membuat gigi Anda berwarna kuning. 

Apalagi, noda yang ditimbulkan oleh tembakau, dikenal mampu menembus permukaan enamel gigi. Selain itu, noda tembakau juga sulit dihilangkan, bahkan ketika digosok sekalipun. 

Semakin lama Anda merokok, semakin besar noda pada gigi Anda menyebar. Oleh karena itu, berhentilah merokok, agar gigi tidak semakin kuning.

8. Biasakan sikat gigi setelah mengonsumsi camilan

Mengonsumsi camilan adalah hal yang sering dilakukan untuk mengisi waktu senggang, sembari main game maupun menonton film. Namun, jangan lupa untuk langsung menyikat gigi Anda setelah mengonsumsi makan kecil. Kalau bisa, jadikan hal ini sebagai kebiasaan sehari-hari.

Satu strategi mudah dan sederhana sebagai cara memutihkan gigi kuning, adalah dengan membiasakan diri menyikat gigi setelah makan. Kemudian, membersihkan mulut dengan obat antiseptik juga bagus untuk merawat kesehatan mulut serta gigi Anda.

9. Memakai sikat gigi elektrik

Menggosok gigi memakai gigi elektrik dianggap lebih mampu mengangkat noda dan menjadi salah satu cara memutihkan gigi kuning. Sebab, sikat gigi elektrik memiliki pergerakan yang bisa menghancurkan plak pada gigi. 

Plak bisa mempercepat proses penodaan gigi. Dengan menggunakan sikat gigi elektrik, Anda bisa menghancurkan plak itu, dan menghindari gigi menjadi kuning.

10. Mengonsumsi keju

Mengonsumsi keju adalah cara lain untuk membersihkan serta memutihkan gigi. Sebab, keju mengandung mineral alami, yang bisa memperkuat enamel gigi. 

Tidak hanya itu, keju juga mengandung kalsium, yang sangat berguna untuk gigi. Akan tetapi, perlu diingat, keju yang bagus untuk gigi ialah keju putih, bukan keju lembut seperti keju bri atau keju biru.

Sepuluh langkah di atas mungkin terlihat sepele, tapi nyatanya memang menjadi cara memutihkan gigi kuning yang cukup efektif. Namun apabila tetap belum berhasil, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi, untuk menemukan cara memutihkan gigi kuning yang tepat. Jangan mudah tergiur dengan produk pemutih gigi, yang belum terjamin keamanannya.

Catatan dari SehatQ:

Memiliki gigi putih alami memang penting, maka dari itu, ikutilah tips-tips di atas agar Anda bisa memutihkan serta menyehatkan gigi. Jangan pernah bosan menyikat gigi setelah makan, karena hal itu bisa menjadi “penangkal” masuknya bakteri yang dapat menyebabkan noda menempel pada gigi. Selamat mencoba kesepuluh tips ini!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/whiten-teeth-naturally

Diakses pada 18 September 2019

 

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/whitening-home-remedies-do-they-work-1059410

Diakses pada 18 September 2019

 

Web MD. https://www.webmd.com/oral-health/ss/slideshow-10-secrets-to-whiter-teeth

Diakses pada 18 September 2019

 

The Healthy. https://www.thehealthy.com/dental/natural-teeth-whitening/

Diakses pada 18 September 2019

 

The Guardian. https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2019/sep/08/five-ways-to-get-whiter-teeth

Diakses pada 18 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed