Cara Memotong Rambut Sendiri yang Bisa Dilakukan di Rumah

(0)
10 Mar 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara memotong rambut sendiri dapat dilakukan di rumahCara memotong rambut sendiri tidak begitu sulit dilakukan
Kondisi pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Sehingga, keperluan-keperluan di luar rumah yang sifatnya tidak esensial perlu dikurangi untuk meminimalisir risiko tertular virus Corona. Untuk urusan potong rambut, Anda bisa menyiasatinya dengan mempelajari cara memotong rambut sendiri.Memotong rambut sendiri tentunya bukan yang perkara mudah dan harus dilakukan dengan hati-hati agar hasil akhirnya bisa memuaskan. Oleh karena itu, berikut adalah peralatan yang harus disiapkan dan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sebagai cara memotong rambut sendiri.

Siapkan peralatan ini sebelum melakukan cara memotong rambut sendiri

Sebelum mulai mempraktikkan cara memotong rambut sendiri, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu alat-alat berikut ini.

1. Gunting rambut

Gunting rambut adalah peralatan yang paling penting untuk memotong rambut. Gunakan gunting khusus untuk memangkas rambut, bukan gunting kertas atau gunting dapur. Jangan lupa untuk memastikan gunting rambut yang Anda gunakan tajam agar hasil pemotongan sesuai harapan.

2. Pelembap rambut

Pelembap rambut diperlukan untuk memudahkan rambut disisir dan mendapatkan potongan yang rapi. Anda juga bisa menggantinya dengan air yang dimasukkan ke dalam semprotan.

3. Sisir

Siapkan sisir untuk memisahkan dan merapikan rambut sebelum dan setelah dipotong. Sisir panjang bergigi kecil dengan pegangan lancip direkomendasikan karena dapat digunakan untuk memisahkan bagian-bagian rambut.

4. Jepit rambut

Jepit rambut diperlukan untuk membagi rambut menjadi beberapa bagian agar mempermudah pemotongan rambut Anda.

5. Cermin

Sebaiknya sediakan dua cermin untuk di bagian depan dan belakang sehingga Anda dapat melihat tampilan rambut secara keseluruhan.

6. Kain penutup

Kain diperlukan untuk menutup pakaian dan lantai untuk meminimalisir mengotori ruangan dengan bekas potongan rambut. Anda juga dapat menggunakan lembaran koran untuk menutupi lantai.

7. Botol semprotan

Botol semprotan berisi air diperlukan jika Anda perlu membasahi bagian rambut yang akan dipotong.

8. Hair dryer

Anda juga dapat mempersiapkanĀ hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan rambut setelah pemotongan.Saat hendak melakukan cara memotong rambut sendiri, pastikan Anda berada di tempat yang cukup terang dan tidak banyak angin sehingga proses memotong rambut dapat berjalan dengan baik.

Cara memotong rambut sendiri

Potong poni sendiri
Poni biasanya dipotong belakangan
Sebelum dipotong, pastikan bahwa rambut dalam keadaan bersih. Berikut adalah cara memotong rambut sendiri yang dapat Anda praktikkan di rumah.

1. Gunakan pelembap rambut

Sebelum mulai dipotong, pastikan rambut Anda terlindungi dengan pelembap. Pelembap juga akan membuat rambut lebih mudah disisir dan hasil potongan lebih rapi. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan semprotan air untuk membasahi rambut.

2. Sesuaikan kondisi rambut saat dipotong dengan tekstur alaminya

Jika Anda memiliki rambut lurus, memotong rambut dalam kondisi basah merupakan pilihan terbaik. Di sisi lain, jika Anda memiliki rambut bergelombang dan keriting, sebaiknya potong rambut dalam kondisi kering sehingga Anda bisa memiliki gambaran hasil akhir potongan rambut Anda.

3. Ratakan panjang rambut

Cara memotong rambut sendiri dimulai dengan meratakan panjang rambut pada setiap sisi. Bagi rambut dari bagian tengah, ke sebelah kiri, dan kanan wajah secara rata.

4. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

Setelah rambut terlihat rata pada kedua belah sisi wajah, selanjutnya bagi rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan sisir dan penjepit. Hanya gerai bagian rambut yang akan dipotong.

5. Potong rambut lebih sedikit dari yang diinginkan

Jika Anda menginginkan panjang rambut sebatas rahang, Anda dapat memotong setidaknya 2 cm di bawah rahang. Karena setelah dipotong, rambut mungkin akan terlihat lebih pendek atau masih harus dipotong lagi untuk merapikannya. Khususnya, jika Anda memiliki tipe rambut ikal atau keriting.

6. Potong per bagian

Potong rambut per bagian (sekitar 2 cm), lalu gerai satu per satu bagian yang belum dipotong.
  • Mulai dari bagian lapisan rambut paling bawah.
  • Jepit bagian rambut yang akan dipotong dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.
  • Potong pada batas rambut yang terletak di atas jari.
  • Bagian rambut yang dipotong belakangan harus mengikuti panjang yang sesuai dengan rambut yang dipotong lebih awal.
  • Pastikan beberapa kali bahwa rambut terpotong rata dengan melihatnya melalui cermin.
  • Jika masih ada bagian yang tidak rata, Anda dapat melakukan penyesuaian hingga panjang rambut rata dan rapi.

7. Pilih model poni yang sesuai

Memotong poni biasanya dilakukan terakhir kali. Untuk mendapatkan tampilan terbaik, sesuaikan model poni yang kamu inginkan dengan bentuk wajah.Cara memotong rambut sendiri hanya disarankan jika Anda akan memotong rambut bergaris lurus. Misalnya, untuk merapikan poni atau ujung rambut bercabang atau panjang.Jika Anda ingin memotong rambut dengan model yang lebih berlapis-lapis atau lebih rumit, sebaiknya serahkan hal tersebut pada ahlinya. Sebagai alternatif lain, Anda dapat melakukannya perlahan-lahan sambil mengikuti tutorial video yang banyak dibagikan di YouTube.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan rambut, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Health. https://www.health.com/beauty/how-to-cut-your-own-hair
Diakses 19 Februari 2021
Good Housekeeping. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/hair/g23602022/how-to-cut-your-own-hair/
Diakses 19 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait