10 Cara Meminta Maaf kepada Pacar yang Tulus Agar Si Dia Luluh Kembali

(0)
Cara meminta maaf kepada pacar perlu dilakukan apabila Anda telah melakukan kesalahan yang menyakiti hati Si DiaCara meminta maaf kepada pacar adalah dengan tulus dan benar sepenuh hati
Cara meminta maaf memang tak semudah mengucapkannya. Apalagi kalau harus minta maaf kepada pacar atau pasangan. Padahal, cara meminta maaf kepada pacar harus segera dilakukan jika Anda telah melakukan kesalahan.Sayang, ego yang kelewat batas seringkali membuat Anda merasa gengsi untuk minta maaf kepada pacar lebih dulu.Akibatnya, masalah yang Anda dan pacar hadapi bisa semakin parah sehingga kalian berdua makin bertengkar hebat lantaran tidak ada yang mau mengalah.Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara meminta maaf kepada pacar yang tulus dan benar agar permasalahan yang sedang dihadapi bisa cepat selesai dan Si Dia bisa luluh kembali.

Cara meminta maaf kepada pacar dengan tulus dan benar

Cara meminta maaf kepada pacar merupakan langkah yang perlu dilakukan sebagai upaya untuk memperbaiki hubungan dengan pasangan.Meski demikian, tidak semua orang tahu bagaimana cara meminta maaf kepada pacar dengan tulus dan benar.Bahkan, beberapa orang merasa gengsi hanya sekadar mengucapkan kata maaf. Apakah Anda salah satunya?Pada dasarnya, cara meminta maaf kepada pacar dengan tulus dan benar mudah dilakukan jika Anda tahu cara menerapkannya.Berikut adalah beberapa cara meminta maaf kepada pacar dengan tulus dan benar:

1. Beri waktu kepada pacar agar emosinya mereda lebih dulu

Cara meminta maaf kepada pacar perlu dilakukan jika Anda bersalah
Beri waktu sampai emosi Si Dia mereda
Sebelum menerapkan cara meminta maaf kepada pacar, tak ada salahnya Anda memberi waktu agar emosi Si Dia mereda lebih dahulu.Pasalnya, percuma saja Anda melakukan cara meminta maaf kepada pacar kalau emosinya masih menggebu-gebu.Alih-alih mendengarkan permintaan maaf Anda, pacar bisa saja balik mengomeli dan tidak mau berbicara dengan Anda.Sama halnya seperti Anda yang mungkin membutuhkan waktu saat mengetahui pasangan berbuat kesalahan, maka sebaiknya tunggu sampai Si Dia merasa lebih tenang.Lalu, ajak bicara baik-baik Si Dia di waktu yang tepat dan ajukan permintaan maaf.

2. Perhatikan nada bicara

Saat melakukan cara meminta maaf kepada pacar, perhatikan nada bicara Anda.Sebaiknya, pastikan tetap tenang dan jangan buat nada bicara Anda menjadi tinggi. Nada bicara yang tinggi justru dapat memperburuk masalah Anda dan Si Dia.Jika Anda masih dirundung emosi dan belum siap untuk meminta maaf kepada pacar, sebaiknya beri waktu untuk diri sendiri terlebih dahulu dibandingkan kondisi ini dapat memengaruhi nada bicara saat Anda melakukan cara meminta maaf kepada pacar.

3. Akui kesalahan Anda kepada pacar

Cara meminta maaf kepada pacar dengan tulus dan benar adalah dengan mengakui kesalahan sendiri dengan lapang dada.Ucapkan permintaan maaf atas kesalahan yang Anda perbuat yang membuatnya marah atau ngambek.Misalnya, apakah karena Anda tidak memberi kabar padanya selama seharian, membatalkan janji untuk pergi kencan, atau hal lainnya.Mengakui kesalahan lebih dulu kepada pacar menunjukkan bahwa Anda menghargai hubungan yang dijalani dengan Si Dia daripada ego Anda sendiri.Jadi, ini bukanlah perihal menang atau kalah dalam menghadapi masalah.Baca Juga: Pacar Sibuk Kerja? Jangan Kesal Dulu, Ini Cara Menghadapinya

4. Cara meminta maaf kepada pacar harus tulus

Cara meminta maaf kepada pacar harus dilakukan dengan tulus
Ucapkan permintaan maaf dengan tulus dan benar
Cara meminta maaf kepada pacar harus dilakukan secara tulus. Misalnya, “Maaf ya karena nggak memberi kabar ke kamu kemarin."Cara meminta maaf kepada pacar seraya berkata, “Aku minta maaf ya kalau kemarin melakukan kesalahan yang bikin kamu kesal," menunjukkan Anda tidak benar-benar menyadari kesalahan dan hanya mengucapkan permintaan maaf semata.Sebaiknya, ucapkan permintaan maaf dengan tulus, benar, dan sadar akan perbuatan yang telah dilakukan.

5. Sampaikan permintaan maaf langsung ke akar masalahnya

Selain tulus, cara meminta maaf kepada pacar harus dilakukan dengan benar dan langsung ke akar masalahnya.Apakah benar, misalnya, Si Dia marah atau ngambek hanya karena Anda tidak memberinya kabar atau membatalkan janji kencan?Sebab, bisa jadi Si Dia berpikir akar masalahnya bahwa Anda tak lagi memprioritaskan hubungan yang Anda jalani berdua.
Cara meminta maaf harus sampai ke akar masalahnya
Jika raut wajah Si Dia masih tak bersahabat, tanyakan baik-baik apa kesalahan Anda
Jadi, sebaiknya jangan hanya meminta maaf pada permukaan masalah saja (tidak memberi kabar atau membatalkan janji kencan), melainkan juga sampai ke masalah Anda dan Si Dia yang paling dalam.Inilah perbedaan cara meminta maaf kepada pacar yang hanya sekadar minta maaf dan meminta maaf untuk menyelesaikan masalah yang sesungguhnya.Jika Anda tidak tahu persis apa kesalahan yang Anda lakukan kepada Si Dia, tak ada salahnya untuk menanyakannya dengan baik-baik.Terlebih jika Anda sudah meminta maaf kepada pacar, tetapi raut wajah dan nada bicara Si Dia masih terasa kurang bersahabat.

6. Jangan menyalahkan situasi atau orang lain

Cara meminta maaf yang benar adalah tidak membenkarkan kesalahan yang diperbuat
Menyalahkan situasi atau orang lain saat meminta maaf tidak bisa menyelesaikan masalah
Cara meminta maaf kepada pacar yang seringkali salah dilakukan adalah mencoba untuk membenarkan kesalahan yang Anda perbuat.Jadi, jangan jadikan kesalahan tersebut sebagai cara untuk membenarkan diri saat meminta maaf kepada pacar. Ini artinya, Anda tidak bersungguh-sungguh meminta maaf dan tidak bertanggung jawab karenanya.Menurut seorang terapis asal New York, Amerika Serikat, cara meminta maaf dengan tulus dan baik adalah dengan tidak membenarkan kesalahan yang sudah diperbuat.

7. Tunjukkan rasa penyesalan

Cara meminta maaf kepada pacar yang benar juga perlu menunjukkan rasa penyesalan.Sampaikan permintaan maaf kepada pacar seraya menunjukkan penyesalan atas perbuatan yang telah dilakukan. Dengan ini, niscaya Si Dia akan segera memaafkan Anda.Terkadang, cara meminta maaf kepada pacar ini cukup membantu Si Dia untuk mengetahui apakah Anda benar-benar menyesal atas perbuatan yang telah dilakukan atau tidak.

8. Beri tahu Si Dia bahwa Anda akan berubah

Cara meminta maaf kepada pacar harus disertai dengan perubahan tindakan
Anda perlu berjanji agar tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari
Cara meminta maaf kepada pacar yang tulus dan benar juga harus disertai dengan keinginan untuk berubah dari diri Anda.Ya, terkadang meminta maaf saja tidak cukup sehingga Anda juga perlu menerangkan kepada Si Dia bahwa Anda akan berubah menjadi lebih baik dengan menerapkan hal-hal tertentu serta tidak mengulangi kesalahan yang sama.Langkah ini juga membuat Si Dia yakin bahwa Anda meminta maaf dengan sungguh-sungguh dan tidak akan mengulanginya di kemudian hari.

9. Meminta maaf berulang kali, jika perlu

Jangan kecewa bila mulanya pacar Anda mungkin tampak tidak mempedulikan permintaan maaf Anda.Pasalnya, kadang-kadang memang dibutuhkan lebih banyak ucapan maaf untuk “menebus” kesalahan yang sudah tergolong fatal.Jadi, tak ada salahnya jika Anda menerapkan cara meminta maaf kepada pacar sampai Si Dia merasa luluh.Tapi ingat, cara meminta maaf kepada pacar jangan terkesan memaksa. Anda tetap harus melakukannya dengan benar dan tulus dari dalam hatiCara meminta maaf kepada pacar satu ini akan membuat Si Dia melihat seberapa jauh penyesalan dan keseriusan Anda. Dengan demikian, kepercayaan akan kembali tumbuh di antara Anda dan berdua.

10. Katakan Anda masih mencintainya

Setelah Anda menyakiti hatinya atas perbuatan yang dilakukan, Si Dia mungkin saja jadi meragukan rasa cinta Anda padanya.Jadi, cobalah katakan bahwa Anda masih mencintainya.Anda bisa juga melakukan gestur yang tulus dan romantis, seperti memeluk atau merangkulnya dengan erat, memegang tangan, atau menciumnya untuk menunjukkan bahwa Anda masih menginginkannya.Baca Juga: Cemburu Tanda Sayang, Benarkah Demikian?

Bagaimana jika pacar tetap tidak menerima permintaan maaf Anda?

Dalam beberapa kasus, cara meminta maaf kepada pacar dengan tulus dan benar di atas tidak cukup untuk membuat Si Dia luluh dan memaafkan Anda.Jika demikian hal yang Anda alami, sebaiknya beri waktu kepada pasangan untuk berpikir dan menenangkan diri.Anda bisa mengatakan, “Aku tahu kesalahanku kemarin memang fatal untukmu. Kalau kamu ingin menyendiri dulu, aku paham. Tapi, aku boleh ya telepon atau ketemu kamu minggu depan, bagaimana?”
Cara meminta maaf kepada pacar mungkin perlu dilakukan berulang kali
Beri Si Dia waktu untuk sendiri kalau Anda sudah minta maaf
Kadang-kadang, Si Dia jadi ragu-ragu untuk menerima permintaan maaf Anda karena penjelasan yang Anda berikan tidaklah cukup.Nah, pada kasus seperti itu, Anda bisa mengajak Si Dia untuk mencari solusinya bersama. Cara ini menunjukkan bahwa Anda bersedia melakukan apa pun untuk menebus kesalahan yang diperbuat.Pada kasus lainnya, Si Dia mungkin menolak permintaan maaf Anda dengan tegas dan tidak peduli dengan cara meminta maaf kepada pacar yang Anda lakukan tulus sepenuh hati.Jika hal tersebut yang Anda alami, cobalah untuk menyatakan keinginan Anda untuk tetap menjaga hubungan Anda berdua.Misalnya, “Aku mengerti kamu lagi nggak mau ngomong sama aku dulu sekarang. Aku menyesal sudah menyakiti kamu. Tapi, aku nggak ingin hubungan kita berakhir begitu saja. Kalau kamu memaafkan aku, aku mau kita tetap bisa melanjutkan hubungan ini bersama."Setelah itu, Anda tetap harus membiarkan Si Dia sendiri terlebih dahulu. Jika Si Dia sudah menunjukkan tanda-tanda ingin berdamai, Anda boleh kembali mendekatinya.
percintaanmenjalin hubungan
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-apologize-more-sincerely-3144467
Diakses pada 28 September 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/valley-girl-brain/201709/7-ways-truly-say-youre-sorry
Diakses pada 28 September 2020
Bustle. https://www.bustle.com/articles/140469-how-to-apologize-to-your-partner-in-a-real-meaningful-way
Diakses pada 28 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait