8 Cara Meminta Maaf kepada Orangtua dengan Baik dan Tulus

(0)
26 Apr 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara meminta maaf kepada orangtua harus dilakukan dengan tulusAnak harus meminta maaf kepada orangtua dengan tulus
Ketika Anda melakukan kesalahan pada orangtua, sebaiknya segeralah meminta maaf. Baik kesalahan itu sengaja maupun tidak disengaja, keduanya tetap bisa menyakiti hati mereka. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara meminta maaf kepada orangtua dengan tepat.Menyampaikan permintaan maaf memang bukan hal yang mudah, tapi melakukannya bisa jadi salah satu bentuk bakti Anda sebagai anak kepada orangtua. Lantas, bagaimana caranya?

Cara meminta maaf kepada orangtua

Membiarkan perselisihan tanpa penyelesaian hanya akan menyebabkan hubungan Anda dengan orangtua menjadi semakin buruk. Sebagai solusinya, berikut adalah cara meminta maaf kepada orangtua yang bisa Anda lakukan.

1. Minta maaf dengan santun dan tulus

Cara meminta maaf kepada orangtua harus dilakukan dengan santun dan tulus. Gunakan nada bicara yang lembut, tutur kata yang baik, dan jaga emosi agar tidak semakin menyakiti hati mereka. Sampaikan permintaan maaf Anda dengan tulus dari lubuk hati yang terdalam. Menggunakan nada bicara yang tinggi hanya akan memperkeruh suasana. Selain itu, hubungan Anda dan orangtua juga bisa semakin renggang.

2. Akui kesalahan 

anak sedih
Akui kesalahan yang telah diperbuat
Sebagai anak, Anda mungkin memiliki ego dan gengsi dalam mengakui kesalahan. Jika ingin minta maaf kepada orangtua, lupakan dulu hal tersebut. Dengan berbesar hati, akuilah kesalahan yang telah Anda buat. Hal ini akan membuat orangtua merasa luluh dengan ketulusan yang Anda miliki.

3. Jangan menyalahkan orang lain

Anda tidak boleh melimpahkan kesalahan yang diperbuat kepada orang lain. Anda harus bertanggung jawab terhadap kesalahan yang Anda buat. Hal ini akan membuktikan pada orangtua bahwa Anda memiliki tanggung jawab yang besar.

4. Ungkapkan rasa penyesalan

ungkapkan penyesalan
Ungkapkan rasa penyesalan dengan sungguh-sungguh
Cara meminta maaf kepada orangtua berikutnya adalah mengungkapkan penyesalan atas kesalahan yang telah Anda buat, apalagi jika sampai menyakiti hati orangtua. Cobalah perbaiki keadaan sebisa mungkin. Jangan sampai hubungan Anda dengan orangtua malah semakin buruk karena Anda tidak menyesal. 

5. Jujur dengan apa yang diucapkan

Sebagai anak, Anda juga harus berkata jujur agar masalah tidak semakin memburuk. Jujurlah terhadap kesalahan yang pernah Anda lakukan dan segeralah meminta maaf.Dengan begitu, orangtua dapat mencoba memahami perasaan Anda sebagai anak. Utarakan rasa sayang dan cinta yang Anda miliki untuk orangtua sehingga mereka merasa dihormati.

6. Mendengarkan ketika orangtua berbicara

Ketika orangtua berbicara dan menasihati, sebaiknya Anda dengarkan dengan baik. Diam dan jangan membantah. Orangtua akan lebih mudah memaafkan jika Anda mendengarkan dan memahaminya. Apabila Anda membantah, ini tentunya akan berujung pada perdebatan sehingga masalah yang ada tidak kunjung usai. Ini tentu bukanlah cara minta maaf kepada orangtua yang baik.

7. Pahami perasaan orangtua

memahami perasaan orangtua
Pahami perasaan orangtua dengan baik
Cara meminta maaf kepada orangtua yang dapat Anda terapkan selanjutnya adalah pahamilah perasaan orangtua dengan baik. Hal ini akan membuat Anda menyadari bahwa kesalahan yang telah dilakukan benar-benar keliru. Selain itu, perasaan orangtua juga bisa membaik jika Anda bisa memahami kesalahan mereka.

8. Berjanji tidak akan mengulangi kesalahan

Berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat. Cara minta maaf kepada orangtua ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Jangan hanya sekadar omong kosong belaka. Jika Anda kembali mengulangi kesalahan setelah meminta maaf kepada orangtua, maka kepercayaan orangtua kepada Anda bisa hilang.Cara meminta maaf yang baik kepada orangtua sebetulnya tidaklah sulit. Namun, Anda memerlukan kebesaran hati dan niat yang tulus agar bisa dimaafkan.

Kesalahan anak yang bisa menyakiti orangtua

Di samping, cara meminta maaf kepada orangtua, Anda juga harus memahami berbagai kesalahan yang bisa menyakiti hati orangtua. Apalagi kadang-kadang Anda mungkin tidak menyadari kesalahan tersebut. Berikut kesalahan anak yang bisa menyakit orangtua.
  • Mengabaikan dan tidak memiliki waktu untuk orangtua
  • Membentak atau memarahi orangtua
  • Tidak menuruti nasihat baiknya
  • Berbohong dan menipu orangtua
  • Merendahkan orangtua
  • Tidak pernah menghargai pendapatnya
  • Tidak membantu orangtua ketika mereka memerlukan pertolongan.
Jangan sampai kesalahan-kesalahan tersebut membuat hubungan Anda dan orangtua tidak semakin buruk. Hubungan yang buruk tentunya dapat berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga.Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentingibu dan anakgaya parenting
Mind Tools. https://www.mindtools.com/pages/article/how-to-apologize.htm
Diakses pada 12 April 2021
Bustle. https://www.bustle.com/p/11-things-every-person-should-consider-apologizing-to-their-parents-for-sooner-rather-than-later-68222
Diakses pada 12 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait