8 Cara Memilih Teman yang Baik dan Pentingnya untuk Kesehatan


Beberapa alasan kenapa Anda perlu memilih teman, karena teman dapat memengaruhi kemampuan mengontrol diri, kondisi finansial, dan kesehatan secara keseluruhan.

0,0
17 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Memilih teman yang baik bagus untuk kesehatan mentalMemilih teman yang baik sangat bermanfaat untuk kehidupan dan kesehatan
Cara memilih teman yang baik penting untuk diketahui bahkan bagi orang dewasa. Pasalnya, teman juga dapat memberikan pengaruh terhadap perasaan, pemikiran bahkan perilaku seseorang walaupun telah memasuki usia dewasa.
Saat beranjak dewasa, seringkali seseorang kehilangan kontak dengan teman-teman lamanya. Meskipun tidak mudah, kesempatan untuk membentuk pertemanan baru setelah dewasa selalu ada. Namun sebaiknya Anda harus memilih orang-orang yang layak mendapatkan investasi waktu dan perhatian lebih banyak dari Anda sebagai teman.

Pentingnya memilih teman yang tepat

Memiliki teman yang baik bisa berpengaruh pada kesehatan
Memilih teman yang tepat bisa berpengaruh baik pada kesehatan
Selain keluarga, individu yang biasanya akan sering kita temui dan ajak untuk berkomunikasi adalah teman, sehingga tidak bisa dipungkiri, kalau sampai memilih teman yang salah, maka akan memberikan pengaruh yang signifikan pada kehidupan sehari-hari.Memiliki teman yang baik adalah hal yang penting karena teman bisa memengaruhi berbagai aspek kehidupan dan kesehatan, terutama kesehatan mental.Berikut ini beberapa alasan Anda perlu memilih-milih teman:

1. Teman dapat mempengaruhi kemampuan mengontrol diri

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang sulit mengontrol diri, cenderung meminta bantuan dari teman dengan kepribadian lebih disiplin untuk menguatkan tekad mereka. Teman yang lebih mampu mengontrol diri akan dapat membantu Anda menjalankan kebiasan yang baik.

2. Teman dapat memengaruhi kondisi finansial

Saat merasa kesepian atau ditolak, seseorang akan cenderung lebih boros dalam menghabiskan uang. Emosi negatif akan meningkatkan peluang Anda membuang-buang uang untuk membuat diri Anda merasa lebih baik.Memiliki teman baik yang dapat menjadi tempat curhat dan memberikan energi positif, dapat menyelamatkan keuangan Anda dari pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

3. Jumlah teman online dapat mempengaruhi tingkat stres

Memiliki banyak teman online tidak selalu berarti lebih menyenangkan, malahan bisa jadi lebih banyak tekanan. Maka dari itu, sebaiknya terapkan cara memilih teman yang baik walaupun hanya di media sosial.Terlalu banyak teman di media sosial membuat seseorang sering khawatir akan menyinggung orang lain. Sehingga Anda cenderung berpura-pura menjadi orang lain agar dapat diterima semua pihak.

4. Teman dapat memengaruhi kesehatan dan meningkatkan peluang umur panjang

Memiliki teman baik memiliki manfaat bagi kesehatan meliputi:
  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
  • Mengurangi risiko berbagai penyakit dan cedera
  • Mengurangi stress
  • Pemulihan dari sakit yang lebih cepat.
  • Peningkatkan peluang memiliki umur panjang
Sebuah studi di Flinders University Australia mengungkapkan bahwa orang yang menua bersama teman dekat cenderung berumur lebih panjang. Bahkan, studi lainnya menunjukkan bahwa penderita kanker dapat hidup lebih lama saat bergabung dalam komunitas dukungan.

5. Teman dapat memengaruhi pilihan

Hidup seringkali menghadapkan Anda pada berbagai pilihan. Penelitian menunjukkan bahwa teman juga dapat saling mempengaruhi untuk memilih melakukan hal positif maupun negatif. Anda dan teman dapat saling menguatkan untuk menahan godaan, atau malahan melakukan hal yang tidak baik bersama-sama.Baca Juga: Ciri-ciri Teman yang Baik dan Cara Mendapatkannya

Cara memilih teman yang baik

Cara memilih teman yang baik sesuaikan dengan sifat kita
Cara memilih teman yang baik perlu memiliki sikap positif dan proaktif
Setelah mengetahui pentingnya memilih teman, mari kita simak bagaimana cara memilih teman yang baik.

1. Bersikap positif dan proaktif

Kemungkinan bertemu dengan teman yang baik akan lebih besar apabila Anda membuka diri memperbanyak jaringan.Bersikaplah positif dan proaktif dengan selalu terbuka dan menjadi diri sendiri. Jika memungkinkan, penuhi berbagai undangan dan berkenalan lah dengan banyak teman baru. Dengan demikian Anda dapat bertemu banyak kenalan.Semakin banyak kenalan, semakin banyak kemungkinan Anda dapat bertemu dengan seseorang untuk dipilih menjadi teman baik. Pilihlah beberapa orang untuk Anda undang menghabiskan waktu bersama sehingga dapat terjalin pertemanan yang dalam.

2. Pilih yang menghargai pertemanan Anda

Mungkin banyak orang yang membuat Anda ingin berteman dengan mereka. Tetapi pertemanan yang baik harus memiliki hubungan yang seimbang. Maka pilihlah teman yang dapat menerima dan menghargai pertemanan yang Anda tawarkan.

3. Memiliki sifat tulus dan bisa dipercaya

Kepercayaan adalah hal penting dalam membangun pertemanan. Seseorang yang bersifat terbuka dan apa adanya, dapat lebih dipercaya dibandingkan dengan orang yang memiliki kepribadian penuh pencitraan atau kepura-puraan.Jangan pula berteman dengan orang-orang yang memiliki motif tertentu di dalam berteman.

4. Dapat membantu Anda berkembang

Teman memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk dapat memberikan dorongan bagi kemajuan Anda. Jangan memilih teman yang kerap cemburu atas keberhasilan Anda atau selalu menampakkan sikap pesimis terhadap Anda.

5. Memiliki kecocokan karakter

Pertemanan bukan hanya sekedar bertemu di pesta atau kantor. Anda mungkin bisa bergaul dengan siapa saja, tetapi untuk menjalin pertemanan mendalam pilihlah mereka yang memiliki kecocokan karakter.Pertemanan mendalam akan dapat memberikan rasa aman secara emosional. Menjalin komunikasi yang baik, interaksi yang terjaga, serta ada untuk Anda saat dibutuhkan adalah hal-hal yang dapat membentuk hubungan pertemanan yang baik. Hal ini hanya dapat tercipta saat ada kecocokan karakter antara Anda dan teman.

6. Pilih teman yang punya sifat baik

Ini mungkin adalah hal yang terdengar sangat klise. Namun, kalau Anda ingin mendapatkan teman yang bisa membuat hidup menuju ke arah yang lebih positif atau setidaknya tidak bergeser ke hal-hal negatif, maka hal paling dasar yang harus dilihat adalah baik atau tidaknya orang tersebut.Memiliki teman yang baik akan memengaruhi Anda, membuat hari-hari yang dijalani menjadi lebih positif. Hal baik yang dimaksud pun tidak perlu sesuatu yang besar. Sifat baik bisa dilihat dari hal-hal sederhana seperti kebiasaan mengucapkan terima kasih dan cara seseorang memperlakukan orang lain.

7. Cari pendengar yang baik

Hampir sebagian besar waktu yang dihabiskan bersama teman adalah dengan berbicara atau ngobrol. Untuk bisa membangun pertemanan yang baik, maka Anda perlu mencari pendengar yang baik dan menjadi pendengar yang baik pula.Dengan saling menjadi pendengar yang baik untuk satu sama lain, maka Anda bisa menciptakan ruang aman untuk saling bercerita. Ini bisa membantu meringankan beban pikiran, meski perbincangan yang terjadi tidak harus selalu berbuah solusi.Menerima dan memberikan empati ketika didengar dan mendengarkan bisa membuat hidup menjadi lebih tenang.

8. Sesuaikan ekspektasi

Dalam memilih teman yang baik, Anda juga perlu mengendalikan ekspektasi karena apa yang Anda berikan, biasanya itulah yang akan Anda dapatkan. Jika Anda berharap mendapatkan teman yang baik dan bisa memberikan dampak positif di hidup Anda, maka Anda juga perlu melakukan hal yang sama.Berekspektasi mendapatkan teman yang baik padahal Anda tidak menjadi teman yang baik bagi orang lain, biasanya akan membuat Anda kecewa.Itulah alasan kenapa harus memilih teman dan cara memilih teman yang baik. Pilihan yang tepat akan dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta meningkatkan kualitas pada banyak aspek kehidupan.
percintaanmenjalin hubunganputus cinta
Forbes. https://www.forbes.com/sites/amymorin/2014/10/17/5-scientific-reasons-you-should-choose-your-friends-carefully/?sh=9f93b3061819
Diakses 3 November 2021
Better Humans. https://betterhumans.pub/how-to-choose-the-right-people-to-be-in-your-life-997737ca4288
Diakses 3 November 2021
Very Well Mind. https://verywellmind.com/how-to-make-friends-as-an-adult-4769076
Diakses 2 November 2021
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/11-secrets-to-choosing-th_b_6038658
Diakses pada 3 November 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/friendships/art-20044860
Diakses pada 3 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait