Cara Memilih Skincare untuk Fungal Acne Sesuai dengan Kandungannya

(0)
Kandungan skincare untuk fungal acne adalah mengandung asam salisilat, sulfur, dan tea tree oilOleskan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat untuk mengobati fungal acne
Fungal acne adalah infeksi jamur yang terjadi pada folikel rambut. Meski namanya mengandung kata acne yang berarti jerawat, ini merupakan masalah kulit yang berbeda dengan jerawat. Maka dari itu, memilih produk skincare untuk fungal acne pun tidak bisa sembarangan.Pasalnya, fungal acne berbeda dengan kondisi jerawat pada umumnya. Lantas, bagaimana cara memilih skincare untuk fungal acne yang tepat?

Sekilas mengenai fungal acne

Fungal acne adalah “jerawat” yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur Malassezia secara berlebihan pada folikel rambut.Fungal acne disebut pula sebagai jerawat jamur atau Pityrosporum folikulitis atau Malassezia folikulitis. Selain di wajah, jerawat jamur juga dapat muncul di kulit kepala, bahu, dada, dan punggung.Bentuk fungal acne pada kulit menyerupai jerawat pada umumnya, yakni berukuran kecil seperti komedo putih disertai dengan rasa gatal.Mengingat penyebab fungal acne berbeda dengan penyebab jerawat pada umumnya. Maka, cara mengatasi fungal acne tidaklah sama.Jika Anda menggunakan pengobatan jerawat yang lazim dilakukan untuk mengatasi fungal acne, kondisi jerawat jamur bukan tidak mungkin akan semakin parah.Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk skincare untuk fungal acne yang tepat agar jerawat jamur dapat hilang sepenuhnya.

Kandungan skincare untuk fungal acne yang aman digunakan

Kandungan skincare untuk fungal acne yang aman adalah mengandung asam salisilat
Krim skincare untuk fungal acne dapat membantu meringankan rasa gatal
Sebelum menggunakan produk skincare untuk fungal acne, penting mengetahui kandungan zat apa saja yang sebaiknya harus ada di dalamnya.Pastikan kandungan bahan aktif dalam skincare untuk fungal acne dapat mengatasi penyebab jerawat jamur, meringankan rasa gatal, hingga menjaga keseimbangan pertumbuhan bakteri dan jamur di kulit.Untuk mengobati jerawat jamur, berikut adalah pilihan kandungan skincare untuk fungal acne yang aman digunakan.

1. Asam salisilat

Salah satu kandungan skincare untuk fungal acne adalah asam salisilat.Asam salisilat atau salicylic acid mengandung antijamur yang baik untuk mengobati jerawat jamur.Skincare untuk fungal acne mengandung asam salisilat juga dapat membantu mengurangi penumpukan folikel rambut yang rentan jadi penyebab munculnya jerawat.Anda bisa menemukan kandungan asam salisilat dalam sabun pembersih muka, sabun mandi, krim oles, atau produk perawatan kulit lainnya.Jika penggunaan produk skincare untuk fungal acne yang mengandung asam salisilat ini tidak kunjung berhasil mengobati jerawat jamur yang Anda alami, sebaiknya segera temui dokter spesialis kulit.

2. Sulfur

Kandungan skincare untuk fungal acne berikutnya adalah sulfur. Ya, sulfur memang dikenal ampuh dalam mengobati jerawat yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.Anda dapat menemukan kandungan sulfur pada sabun pembersih muka, sabun mandi, krim oles, atau produk perawatan kulit lainnya.

3. Pelembap bebas minyak

Meski mengalami fungal acne, Anda tetap perlu menggunakan pelembap wajah.Biasanya, orang yang mengalami jerawat jamur akan menggunakan obat oles fungal acne, baik yang didapat dari dokter atau tanpa resep dari apotek.Sayang, penggunaan obat oles untuk mengobati fungal acne dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Inilah yang membuat penggunaan pelembap wajah menjadi penting.Namun, sebaiknya pilihlah pelembap tanpa kandungan minyak untuk mencegah kemunculan jerawat jamur di kemudian hari.

4. Tea tree oil dan witch hazel

Ada kandungan bahan alami pada skincare untuk fungal acne yang dapat memberi efek baik pada kulit, yakni tea tree oil atau minyak pohon teh dan witch hazel.Kedua kandungan tersebut memiliki sifat antibakteri dan antimikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan jamur yang tak terkendali pada kulit.Untuk tea tree oil, Anda dapat melarutkan 2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak pembawa (seperti minyak zaitun), lalu aduk merata. Selanjutnya, oleskan pada area kulit yang terdapat fungal acne.Akan tetapi, penting untuk mengetahui kecocokan tea tree oil dengan kulit Anda. Sebab, bisa jadi kulit Anda cukup sensitif terhadap tea tree oil.Sebaiknya, lakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan tea tree oil pada area kulit yang lain, seperti area di belakang telinga atau pergelangan tangan, guna menghindari reaksi alergi yang mungkin terjadi.Tak hanya tea tree oil dan witch hazel, ekstrak madu dan teh hijau juga diyakini memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab fungal acne.

5. Skincare yang lembut untuk kulit

Kandungan skincare untuk fungal acne yang tak kalah penting adalah harus lembut di kulit. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi kulit yang mengalami infeksi jamur.Selain itu, penting pula untuk memilih produk perawatan kulit yang dapat menjaga keseimbangan mikrobiota (seluruh mikroba yang hidup tubuh manusia, seperti jamur, bakteri, dan virus) di kulit sehingga mampu meningkatkan bakteri baik.Dengan demikian, pertumbuhan jamur penyebab fungal acne dapat terhindarkan.

6. Hypoallergenic

Salah satu ciri fungal acne adalah dapat menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini berbeda dengan jerawat bakteri pada umumnya yang jarang sekali menyebabkan gatal.Untuk mengurangi rasa gatal akibat kemunculan fungal acne, pilihlah kandungan skincare untuk fungal acne yang berlabel hypoallergenic atau tidak rentan menyebabkan reaksi alergi.Produk perawatan kulit hypoallergenic juga mampu menenangkan kulit yang gatal dan kemerahan akibat kemunculan jerawat jamur.

7. Pyrithione zinc atau selenium sulfide

Anda juga bisa menggunakan skincare untuk fungal acne yang mengandung pyrithione zinc atau selenium sulfide.Meski umumnya kandungan ini dapat ditemukan pada sampo antiketombe, Anda dapat menggunakannya sebagai sabun mandi.Gunakan produk dengan kandungan ini seminggu sekali guna menjaga keseimbangan pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit sehingga mencegah kemunculan fungal acne.

8. Hindari kandungan benzoil peroksida

Jika jerawat bakteri umumnya dapat diobati dengan skincare yang mengandung benzoil peroksida, tidak demikian halnya dengan fungal acne.Sebaliknya, Anda justru perlu menghindari skincare untuk fungal acne yang mengandung benzoil peroksida serta asam lemak (asam laurat, asam linoleat, minyak kelapa) karena rentan menyebabkan kulit menjadi kering.

Obat untuk mengatasi fungal acne

Di samping menggunakan skincare untuk fungal acne, pengobatan jerawat jamur perlu diiringi dengan penggunaan obat topikal atau obat oles agar hasilnya optimal.Akan tetapi, penggunaan obat oles fungal acne tidak dapat sembarangan. Pasalnya, Anda sangat disarankan untuk menemui dokter spesialis kulit terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi obat fungal acne yang tepat.Adapun obat topikal untuk fungal acne biasanya mengandung ketoconazole, butenafine, dan clotrimazole.Sementara, dokter mungkin akan memberikan obat minum berupa itraconazole atau fluconazole untuk menghilangkan infeksi serta membersihkan folikel rambut.Sebaiknya, jangan menggunakan obat antibiotik yang dipakai untuk mengobati jerawat pada umumnya.Sebab, obat antibiotik justru dapat memperparah kondisi fungal acne dengan cara membunuh mikrobiota baik yang ada di kulit.

Catatan dari SehatQ

Memilih dan menggunakan skincare untuk fungal acne memang tidak dapat sembarangan.Alih-alih mengobati, jerawat jamur yang Anda alami dapat semakin memburuk apabila menggunakan produk perawatan kulit yang tidak aman.Jadi, penting untuk mempertimbangkan kandungan bahan aktif dalam skincare untuk fungal acne di atas sebelum menggunakannya.Jika Anda masih ragu, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui cara memilih dan mendapatkan rekomendasi produk skincare untuk fungal acne yang aman.
jerawatpengobatan jerawatinfeksi jamur
Healthline. https://www.healthline.com/health/all-about-fungal-acne#treatment
Diakses pada 11 September 2020
Skinkraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/fungal-acne#how-can-you-get-rid-of-fungal-acne
Diakses pada 11 September 2020
The Zoe Report. https://www.thezoereport.com/p/how-to-treat-fungal-acne-on-your-face-when-nothing-else-works-22947639
Diakses pada 11 September 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/fungal-acne-4843813
Diakses pada 11 September 2020
Glamour Magazine. https://www.glamourmagazine.co.uk/gallery/fungal-acne
Diakses pada 11 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait