Cara Memilih Sabun Pembersih Wajah Pria Sesuai Jenis Kulitnya

(0)
Memilih pembersih wajah pria yang tepat harus sesuai jenis kulit.Produk pembersih wajah pria tersedia dalam jenis facial foam, facial wash, dan lainnya
Produk pembersih wajah pria yang hadir di pasaran memang tidak sebanyak produk pembersih wajah wanita. Namun, bukan berarti merawat wajah hanya menjadi urusan kaum hawa. Pria juga perlu membersihkan wajahnya dengan tepat menggunakan produk pembersih wajah pria yang sesuai jenis kulit wajah. 

Cara memilih sabun pembersih wajah pria sesuai jenis kulit

Membersihkan wajah dengan sabun pembersih merupakan hal yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan oleh para pria, baik pada pagi dan malam hari setelah beraktivitas. Nah, agar hasil membersihkan wajah dapat maksimal, pastikan Anda menggunakan produk pembersih wajah pria sesuai jenis kulit. Masih bingung menentukan mana produk pembersih wajah yang sesuai jenis kulit wajah Anda? Berikut adalah cara memilih produk pembersih wajah pria sesuai jenis kulit. 

1. Kulit wajah normal

Pria dengan kulit wajah normal terbilang cukup beruntung. Sebab, jenis kulit wajah ini tidak memiliki masalah kulit atau bisa dibilang mempunyai kulit yang sehat dan bersih. Selain itu, kulit wajah normal umumnya tidak sensitif, tidak terlalu kering, tidak terlalu berminyak, pori-pori wajah hampir tidak terlihat, dan kulit tampak cerah. Anda bisa memilah-milih mana jenis pembersih wajah pria yang cocok di kulit Anda. Apakah itu produk jenis facial wash atau facial foam? Yang paling penting, hindari produk pembersih wajah pria yang mengandung bahan-bahan kimia, seperti paraben dan surfaktan. 

2. Kulit wajah berminyak

Kulit wajah berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum berlebih yang berasal dari kelenjar minyak. Anda mungkin akan mengenali kulit wajah berminyak melalui produksi kelenjar minyak yang berlebih pada area T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Anda bisa memilih produk pembersih wajah pria berjenis facial foam (yang dapat menimbulkan busa). Jenis sabun pembersih wajah pria ini cenderung ringan serta tidak dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan pada kulit. 

3. Kulit wajah kering

Kulit wajah kering umumnya hanya memiliki sedikit kelembapan di lapisan kulit terluar. Tipe kulit wajah kering ditandai dengan pori-pori dan garis-garis kulit wajah yang terlihat jelas. Tak hanya itu, kulit kering cenderung kasar, bersisik, kemerahan, dan terasa gatal. Anda membutuhkan kandungan pembersih wajah pria bertekstur krim yang dapat melembapkan dan menutrisi kulit, seperti lanolin, petroleum, dan minyak mineral. Hindari sabun pembersih wajah pria berjenis foam serta produk yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat. Sebab, dapat berisiko membuat kulit semakin kering dan mengelupas. 

4. Kulit wajah kombinasi

Kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara jenis kulit wajah kering atau normal di beberapa area, termasuk pipi. Sedangkan, area wajah lainnya akan berminyak, terutama daerah T wajah. Kulit wajah kombinasi juga memiliki pori-pori yang besar, komedo, serta tampak berkilau di bagian wajah yang berminyak. Pastikan Anda memilih produk pembersih wajah pria yang tidak mengandung alkohol dan wewangian serta berlabel hypoallergenic (menyebabkan sedikit reaksi alergi). Anda juga bisa menggunakan produk pembersih wajah, seperti micellar water, yang kandungannya cenderung ringan dan lembut di kulit. 

5. Kulit wajah sensitif

Kulit wajah sensitif adalah jenis kulit yang ditandai dengan kemerahan, terasa gatal, kering, dan sensasi seperti terbakar. Solusinya, pilihlah produk pembersih wajah pria yang kandungannya ringan di kulit, tidak mengandung wewangian, serta tidak mengandung alkohol. Dengan ini, kulit Anda tidak iritasi dan tidak semakin kering. Meski demikian, pemilik kulit sensitif juga perlu berhati-hati dengan sabun pembersih wajah pria yang tidak mengandung wewangian sekalipun. Pasalnya, bisa saja produk tersebut masih berisiko menyebabkan iritasi di kulit. Penting pula untuk menggunakan sabun pembersih wajah pria yang berlabel hypoallergenic dan bebas kandungan paraben. 

6. Kulit wajah berjerawat

Jika Anda memiliki kulit wajah berjerawat, gunakan sabun pembersih wajah pria yang berlabel noncomedogenic, yakni tidak dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat. Anda juga perlu mencari kandungan asam salisilat atau tea tree oil di dalamnya yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat. 

Bolehkah pria menggunakan sabun pembersih wajah wanita?

Ketika bicara soal produk pembersih wajah, pria biasanya memilih produk yang sederhana dan praktis sesuai fungsinya. Bahkan, mungkin tak sedikit pria yang memilih untuk menggunakan sabun pembersih wajah wanita yang lebih mudah didapat. Padahal, langkah ini tidak disarankan, lho. Faktanya, pria memiliki jenis kulit yang berbeda dibandingkan wanita. Stimulasi hormon testosteron (androgen) pada pria yang menyebabkan kulit wajah pria lebih tebal sebesar 25% daripada wanita. Hal ini pula yang menyebabkan tekstur kulit wajah pria menjadi lebih keras. Perbedaan kulit wajah pria juga terlihat dari tingkat dan produksi minyaknya. Setelah mengalami pubertas, produksi minyak (sebum) pada pria cenderung lebih banyak dibandingkan wanita karena berkaitan dengan sekresi hormon testosteron pada pria. Itu sebabnya, pria cenderung lebih mudah mengalami jerawat. Selain itu, pria juga lebih banyak memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak pada kulit wajah. Akibatnya, kulit wajah pria lebih berminyak dibandingkan wanita. Kemudian, tanpa memandang usia, pria memiliki kulit wajah dengan kepadatan kolagen yang lebih tinggi daripada wanita. Kandungan kolagen berhubungan dengan tanda-tanda penuaan kulit sehingga dapat dikatakan bahwa kulit wanita cenderung 15 tahun lebih tua dibandingkan pria. Maka dari itu, kaum Adam penting menggunakan sabun pembersih wajah khusus untuk pria yang sesuai jenis kulit wajah. Jika merasa kesulitan atau kebingungan dalam menentukan produk pembersih wajah pria yang tepat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter spesialis kulit akan memberikan rekomendasi produk sabun pembersih wajah pria yang tepat sesuai kulit Anda. 
perawatan kulitperawatan wajah
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type#1-2
Diakses pada 28 Mei 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/whats-my-skin-type.aspx
Diakses pada 28 Mei 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/skin-care-for-men
Diakses pada 28 Mei 2020
Mens XP. https://www.mensxp.com/grooming/skincare/48217-the-indian-man-s-guide-to-choosing-the-right-face-wash.html
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait