5 Cara Memilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Sensitif


Pemilihan sabun cuci muka untuk kulit sensitif memang tidak mudah. Sebab, jenis kulit ini cenderung mudah iritasi atau sensitif. Anda bisa pilih pembersih wajah untuk kulit sensitif yang kandungannya ringan dan tidak rentan menyebabkan alergi.

0,0
Sabun cuci muka untuk kulit sensitif disarankan digunakan oleh orang yang cenderung mudah alami iritasiSabun cuci muka untuk kulit sensitif bisa digunakan sehari sekali pada malam hari
Memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif memang cukup menantang. Pasalnya, kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah iritasi atau sensitif. Alih-alih membersihkan wajah, salah memilih sabun muka untuk kulit sensitif dapat memperburuk kondisi kulit Anda, lho.
Maka dari itu, penting untuk memilih produk pencuci muka untuk kulit sensitif dengan tepat. Simak panduannya dalam artikel berikut ini.

Kulit wajah sensitif itu seperti apa?

Sabun cuci muka untuk kulit sensitif cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif
Kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah iritasi
Kulit sensitif bukan merupakan penyakit, melainkan suatu tanda atau gejala kondisi kulit tertentu.Istilah kulit sensitif adalah suatu kondisi kulit yang mudah mengalami iritasi atau reaksi negatif terhadap penggunaan produk perawatan kulit, seperti sabun cuci muka, pelembap, hingga make up.Kadang-kadang, kulit sensitif dapat terjadi ketika terpapar sinar matahari dan suhu yang panas atau dingin secara berlebihan.Selain itu, penyakit kulit tertentu, seperti dermatitis kontak alergi, eksim, atau rosacea juga dapat menyebabkan kulit sensitif terjadi.Umumnya, ciri-ciri kulit sensitif yang muncul adalah kulit gatal dan terasa kencang, perih, dan memerah setelah menggunakan produk perawatan kulit tertentu atau terpapar zat iritan.Anda mungkin akan menyadari kalau memiliki tipe kulit sensitif bila melakukan pengecekan ke dokter spesialis kulit.Mengingat kulit sensitif mudah iritasi, maka pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati dalam memilih dan menggunakan facial wash untuk kulit sensitif.

Bagaimana cara memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif?

Sabun cuci muka untuk kulit sensitif harus mengandung zat melembapkan
Gunakan sabun cuci muka untuk kulit sensitif bertekstur gel
Untuk mencegah timbulnya iritasi, penggunaan sabun cuci muka untuk kulit sensitif sebagai langkah dasar membersihkan wajah perlu diperhatikan.Adapun cara memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif adalah sebagai berikut.

1. Pilih kandungan yang melembapkan

Salah satu cara memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif adalah pilih kandungan yang melembapkan. Misalnya, niacinamide, hyaluronic acid, dan ceramide.Ketiga kandungan tersebut diformulasikan untuk memperbaiki lapisan kulit secara alami, menenangkan kulit yang iritasi, serta menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

2. Pertimbangkan kandungan emolien

Saat memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif, pertimbangkan kandungan emolien di dalamnya.Emolien adalah agen pelembap yang berfungsi untuk meredakan rasa gatal dan gejala tidak nyaman pada kulit lainnya yang berkaitan dengan kondisi eksim.Emolien bekerja dengan mengisi celah-celah pada kulit kering, membentuk lapisan oklusif, meningkatkan kelembapan kulit, serta menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi dari zat iritan.Beberapa jenis emolien adalah urea, gliserin, dan lactic acid dapat membantu meningkatkan kadar air pada kulit.

3. Pilih produk yang kandungannya ringan

Anda disarankan untuk mempertimbangkan kandungan facial wash untuk kulit sensitif yang ringan di kulit.Misalnya, tidak mengandung minyak (oil free) dan tidak mengandung wewangian. Kandungan tersebut tidak dapat menyumbat pori-pori dan tidak terlalu keras di kulit serta tidak membuat kulit sensitif semakin terasa kering saat disentuh.

4. Cermati produk berlabel hypoallergenic

Sembarangan dalam memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif dapat membuatnya semakin parah.Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih produk berlabel hypoallergenic.Hypoallergenic berarti kandungan tersebut tidak rentan menyebabkan alergi dan sudah diuji secara dermatologi sehingga cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit sensitif sekali pun.Di samping itu, pencuci muka untuk kulit sensitif yang berlabel hypoallergenic biasanya tidak mengandung wewangian tertentu yang aman digunakan oleh kulit sensitif.

5. Pilih sabun cuci muka bertekstur krim atau lotion

Saat melihat berbagai produk sabun cuci muka untuk kulit sensitif di pasaran, pastikan Anda memilih pencuci muka yang teksturnya berupa krim atau lotion.Tekstur atau konsistensi pencuci muka untuk kulit sensitif berupa facial wash atau facial foam dapat membuat kulit semakin kering.

Kandungan produk pencuci muka untuk kulit sensitif yang sebaiknya dihindari

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemilik kulit sensitif disarankan untuk menghindari produk pembersih wajah yang keras dan dapat memicu iritasi.Beberapa kandungan produk pencuci muka untuk kulit sensitif yang sebaiknya dihindari adalah sebagai berikut.

1. Zat wewangian

Salah satu kandungan produk pencuci muka untuk kulit sensitif yang sebaiknya dihindari adalah mengandung zat wewangian.Food and Drugs Administration (FDA) mengemukakan bahwa beberapa zat yang digunakan sebagai pewangi berpotensi menimbulkan gejala iritasi atau reaksi alergi pada sebagian orang.Oleh karena itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari produk pembersih wajah untuk kulit sensitif yang mengandung pewangi atau berlabel fragrance-free.Jadi, selalu cek label sabun cuci muka atau produk skincare untuk kulit sensitif lainnya sebelum membeli, ya.

2. Alkohol

Hindari produk pencuci muka untuk kulit sensitif yang mengandung alkohol.Pasalnya, alkohol dapat membuat kulit terasa kering, bahkan menyebabkan kulit terbakar.

3. AHA atau alpha hydroxy acid

AHA atau alpha hydroxy acid mungkin cocok digunakan bagi sejumlah tipe kulit wajah.Sayang, tidak demikian halnya bagi pemilik kulit sensitif. Kandungan AHA justru dapat membuat kulit sensitif semakin iritasi dan alergi, bahkan meningkatkan risiko kulit menjadi sensitif terhadap paparan sinar matahari.Hal ini berlaku pula untuk golongan asam BHA atau beta hydroxy acid, seperti asam salisilat.Sebab, kandungan ini dapat membuat kulit semakin kering.

4. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida juga dapat menjadi kandungan yang tidak disarankan ada dalam produk pencuci muka untuk kulit sensitif.Penggunaan benzoil peroksida untuk kulit sensitif dapat membuat kulit terasa kering, kasar, dan perih.

5. SLS

Kandungan dalam pembersih wajah untuk kulit sensitif yang sebaiknya dihindari adalah SLS atau sodium lauryl sulfate.Meski umum ditemukan dalam produk sabun pembersih wajah atau perawatan tubuh, kandungan ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif. Sebab, SLS dapat membuat kulit sensitif semakin iritasi.Baca Juga: Cara Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Kulit Sensitif

Aturan mencuci muka untuk kulit sensitif

Sabun cuci muka untuk kulit sensitif bisa digunakan sehari sekali
Bilas wajah dengan air suam-suam kuku saat cuci muka
Walaupun sudah menemukan sabun cuci muka untuk kulit sensitif dengan kandungan tepat, pastikan Anda mengetahui aturan membersihkan wajah untuk kulit sensitif.Berikut adalah aturan mencuci muka untuk kulit sensitif yang tepat.

1. Gunakan air suam-suam kuku

Gunakan air suam-suam kuku untuk membilas kulit wajah sensitif saat cuci muka.Air yang terlalu dingin tidak dapat membersihkan permukaan wajah dengan tepat.Sedangkan, air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Alhasil, kulit bisa iritasi dan kering.

2. Pakai jari-jari tangan

Meski sudah banyak produk atau alat yang dapat membantu memaksimalkan proses pembersihan wajah, pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan jari-jari tangan saat mengoleskan dan membersihkan wajah.Ini karena jari-jari tangan cenderung lebih lembut dibandingkan alat pembersihan wajah yang kasar dan dapat meningkatkan risiko kulit iritasi dan kemerahan.

3. Cuci muka sehari sekali

Untuk kulit sensitif, dianjurkan untuk mencuci muka tidak lebih dari sekali sehari.Anda bisa mencuci muka hanya pada malam hari, atau tepatnya sebelum tidur, guna mengangkat minyak, kotoran, debu, atau make up yang menumpuk di kulit.

Kulit sensitif cenderung mudah mengalami iritasi atau reaksi negatif pada kulit lainnya.Oleh sebab itu, penting untuk melakukan tes pada kulit sebelum menggunakan pembersih wajah untuk kulit sensitif ataupun produk skincare lainnya.Caranya, oleskan pembersih wajah untuk kulit sensitif atau produk skincare lainnya pada area siku bagian dalam atau area kulit belakang telinga selama 7 hari.Jika tidak ada risiko iritasi atau reaksi negatif lainnya, maka Anda aman menggunakannya pada wajah.Sebaliknya, jika timbul iritasi atau reaksi kulit lainnya, hindari penggunaannya pada wajah.Jika merasa sulit atau bingung dalam memilih sabun cuci muka untuk kulit sensitif, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter guna mendapat rekomendasi yang tepat sesuai jenis kulit.Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar sabun cuci muka untuk kulit sensitif.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
alergikulit dan kecantikankulit sensitifmasalah kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin
Diakses pada 22 Desember 2020
Web Md. https://www.webmd.com/beauty/sensitive-skin-20-questions#1
Diakses pada 22 Desember 2020
Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/emollients-for-eczema/
Diakses pada 22 Desember 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/sensitive-skin
Diakses pada 22 Desember 2020
Derm Store. https://www.dermstore.com/blog/best-cleanser-for-sensitive-skin/
Diakses pada 22 Desember 2020
Derm Collective. https://dermcollective.com/best-skincare-for-sensitive-skin/
Diakses pada 22 Desember 2020
Byrdie. https://www.byrdie.com/properly-caring-for-your-sensitive-skin-4121689
Diakses pada 22 Desember 2020
Glamour. https://www.glamour.com/story/skin-care-for-sensitive-skin
Diakses pada 22 Desember 2020
US Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetic-ingredients/fragrances-cosmetics
Diakses pada 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait