Cara Memilih Push-up Bra, Penopang Payudara bagi Perempuan Aktif

Push-up bra dirancang sehingga bisa menopang payudara lebih maksimal terutama bagi mereka yang aktif bergerak seharian
Pilih bahan push-up bra yang benar-benar nyaman dan bisa menyerap keringat ketika dipakai beraktivitas seharian

Sudah bukan rahasia lagi bahwa push-up bra bisa membuat payudara tampak lebih besar dan terangkat. Artinya, ukuran payudara bisa tampak naik satu tingkat ketika memakai push-up bra. Perempuan yang memiliki ukuran payudara cup A hingga D bisa memakai push-up bra, asal tahu cara memilih yang tepat.

Kelebihan push-up bra

Salah jika ditarik kesimpulan bahwa push-up bra hanya bermanfaat membuat payudara tampak lebih besar. Ada beberapa kelebihan lain seperti:

  • Menopang dengan baik

Push-up bra dirancang sehingga bisa menopang payudara lebih maksimal sepanjang hari. Tak hanya itu, push-up bra juga cocok bagi mereka yang aktif bergerak seharian atau berolahraga karena bisa memberikan topangan yang diperlukan.

  • Terasa nyaman

Adanya tambahan busa di push-up bra membuat BH yang satu ini terasa lebih nyaman ketimbang bra klasik yang tidak memiliki busa tambahan.

  • Payudara lebih berbentuk

Kelebihan lain dari push-up bra adalah membuat payudara tertopang secara maksimal sehingga lebih berbentuk. Hal ini terutama jika seseorang memakai push-up bra dengan model pakaian tertentu.

  • Bisa digunakan dengan outfit apa pun

Push-up bra juga bisa digunakan bersamaan dengan pakaian apapun mulai dari yang kasual seperti kaos hingga yang formal. Meskipun memiliki busa tambahan, push-up bra juga tidak terlihat terlalu penuh di bagian dada.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Push-up bra juga membantu memaksimalkan penampilan sehingga kepercayaan diri ikut meningkat. Tak perlu merasa tidak nyaman dengan bra yang dikenakan atau merasa tidak percaya diri.

Cara memilih push-up bra yang tepat

Sebelum memutuskan membeli push-up bra, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti:

  • Kaitan bra

Pilih push-up bra yang masih terasa nyaman ketika dikaitkan di lubang pengait kedua. Dari waktu ke waktu, push-up bra akan meregang seiring dengan frekuensi dipakai. Jadi, hindari membeli push-up bra yang hanya bisa dipakai di lubang pengait terkecil.

  • Bahan

Pilih bahan yang benar-benar nyaman dan bisa menyerap keringat ketika dipakai beraktivitas seharian. Sesuaikan jenis bra dengan kegiatan Anda sehari-hari, apakah di dalam ruangan atau lebih banyak di luar ruangan.

  • Ukuran

Penting juga untuk tahu cara mengukur bra yang tepat, baik untuk cup maupun ukurannya. Berbeda merek, bisa berbeda panduan ukuran yang digunakan. Jadi, cari yang paling pas saat menjajal sebelum membeli.

  • Berkawat atau tidak?

Pertimbangan lain sebelum membeli push-up bra adalah menentukan yang memakai kawat atau tidak. Apabila Anda merasa lebih percaya diri dengan push-up bra berkawat yang membuat payudara terangkat, maka pilihlah yang seperti itu. Namun jika merasa lebih nyaman beraktivitas mengenakan bra tanpa kawat, bisa jadi pertimbangan.

  • Payudara tertutup sempurna

Ketika mencoba push-up bra, pastikan posisinya tepat dan tidak ada bagian payudara yang “keluar” dari bra. Jika masih ada yang terlihat keluar, artinya ukurannya terlalu kecil.

Jika sudah mempertimbangkan beberapa hal di atas saat memilih push-up bra, tak perlu ragu lagi untuk mendapatkan manfaat dari push-up bra. Apalagi, bra ini bisa digunakan dengan pakaian santai atau formal. Payudara yang tersokong dengan optimal juga baik untuk postur tubuh seseorang.

Selama push-up bra yang digunakan terasa nyaman dan ukurannya tepat, maka push-up bra aman digunakan. Namun jika dalam kondisi tertentu seperti perubahan payudara saat hamil atau push-up bra sudah mulai longgar, saatnya mencari yang baru.

Ingat pula bahwa ukuran payudara perempuan bisa berubah karena banyak faktor. Jangan memaksakan menggunakan bra yang tidak lagi terasa nyaman jika tidak lagi memungkinkan. 

The Better Fit. https://thebetterfit.com/how-to-wear-push-up-bra/
Diakses 24 Februari 2020

Her Style Code. https://www.herstylecode.com/clothing/how-to-choose-best-push-up-bra/
Diakses 24 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/bra-size-guide
Diakses 24 Februari 2020

Artikel Terkait