Cara Memilih Bra Remaja dan Teknik Mengukurnya


Saat anak perempuan beranjak remaja, payudaranya mulai tumbuh. Untuk itu ia memerlukan bra yang bisa menopang payudaranya agar tetap bergerak nyaman. Ada berbagai jenis bra yang bisa dipilih untuknya.

(0)
10 Feb 2021|Azelia Trifiana
Bra untuk anak remajaPenting untuk memilih bra remaja yang tepat untuk anak perempuan agar aktivitasnya tetap nyaman
Salah satu perubahan fisik remaja perempuan yang paling terlihat adalah tumbuhnya payudara. Tentu ketika bentuk tubuh bagian atas ini berubah, perlu ada bra remaja yang menopang dengan baik. Sangat wajar jika anak perempuan merasa bingung mana yang harus dipilih di tengah beragamnya pilihan.Di sinilah peran orangtua untuk membantu mencari bra untuk remaja yang tepat. Tidak bisa asal memilih karena harus disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, dan tentu saja bentuk payudara.

Cara memilih bra yang tepat untuk remaja

Sebagai gambaran, berikut ini cara memilih bra yang tepat untuk remaja berdasarkan jenis-jenisnya:

1. Training bra

Sesuai namanya, ini adalah bra yang digunakan dalam fase training atau latihan karena beralih dari sekadar mengenakan kaos dalam dan mulai mengenal bra. Umumnya, ini digunakan saat bentuk payudara belum terlalu menonjol.Fungsi training bra ini juga hanya menutup sedikit saja bagian payudara tanpa ada busa pelapisnya. Warna dan motifnya beragam sehingga membuat proses adaptasi menjadi menyenangkan. Oleh sebab itu, apabila payudara sudah bertumbuh makin besar, perlu berganti ke jenis bra lainnya.

2. Sport bra

Bra jenis ini ditujukan bagi remaja perempuan yang aktif atau ikut dalam klub olahraga. Bahannya menyerap keringat dan memberikan perlindungan agar puting tidak lecet karena gesekan.Sebagian besar remaja perempuan suka dengan jenis pelindung payudara ini karena tidak dilengkapi dengan tali khusus. Justru, bra semacam ini bekerja dengan menahan payudara pada tempatnya dengan stabil. Alhasil, mengenakannya pun terasa lebih nyaman.

3. Soft cup bra

Bagi remaja perempuan dengan ukuran payudara mungil, bisa memilih soft cup bra. Umumnya jenis bra ini tidak memiliki kawat di bagian bawahnya. Namun, ada busa tipis yang melapisi untuk melindungi payudara. Namun, jenis bra ini tidak disarankan bagi remaja perempuan dengan ukuran payudara lebih besar.

4. Bra kawat

Ini adalah jawaban bagi remaja perempuan dengan ukuran payudara besar. Di bagian bawahnya terdapat kawat fleksibel yang menopang payudara dari bawah dan juga samping.Memilih jenis bra kawat terkadang susah-susah gampang. Perlu beberapa kali percobaan karena rentan terasa tidak nyaman. Namun, merek bra kawat atau underwire bra yang baik pada akhirnya tetap akan terasa nyaman meski dipakai seharian.

5. Bra tanpa tali

Jenis strapless bra atau bra tanpa tali umumnya dipakai untuk acara-acara tertentu ketika harus mengenakan dress dengan bahu atau punggung terbuka. Bra tanpa tali ini bekerja dengan menahan payudara dengan bahan elastis. Biasanya, dijual juga dengan tambahan busa atau kawat.

6. Bra kaos

Terbuat dari bahan katun, ini adalah jenis bra dengan bahan nyaman. Biasanya, cotton bra juga hadir dalam berbagai warna dan desain. Busa pelapisnya tipis. Banyak yang suka mengenakan pakaian dalam jenis ini karena terasa nyaman meski dibawa beraktivitas seharian.

Cara mengukur payudara

Ada begitu banyak merek bra yang bisa dipilih remaja, bagaimana pun bentuk tubuh dan payudara mereka. Kombinasi nyaman dan menarik juga tidak mustahil diwujudkan.Untuk menemukan bra yang tepat, tentu harus diketahui dulu berapa ukurannya. Ada 2 hal yang harus diukur, yaitu:
  • Lingkar dada (band)
Ukur dengan menggunakan measuring tape di tulang rusuk, tepatnya di bagian bawah payudara. Lakukan pembulatan hingga mendekati angka 65, 70, 75, 80, dan 85.
  • Lingkar payudara (cup)
Ukur lingkar payudara hingga ke sisi paling luarnya untuk mendapatkan ukuran cup. Nantinya, ukuran cup ini akan disesuaikan dengan lingkar dada. Ada ukuran cup mulai dari A hingga F.Selain memilih bra, orangtua juga perlu menanamkan kepada remaja perempuannya bahwa seluruh perubahan bentuk tubuh hingga hormon yang fluktuatif memang fase yang terjadi secara alami.Perbedaan bentuk payudara antara anak Anda dan teman sebayanya pun bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Setiap orang memiliki bentuk tubuh hingga payudara yang berbeda. Itu wajar.

Akan jauh lebih baik apabila Anda menyampaikan kepada anak perempuan tentang apa saja perubahan yang mungkin terjadi, termasuk “peralatan tempur” yang diperlukan.Mulai dari bra remaja, pembalut, deodoran, sabun cuci muka, dan banyak lagi yang perlu dipersiapkan sehingga anak tidak akan terkejut ketika fase pubertas mereka tiba. Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar perubahan payudara di masa pubertas, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentingibu dan anakgaya parenting
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/girls-bras-and-puberty-3288403
Diakses pada 25 Januari 2021
Teen Vogue. https://www.teenvogue.com/story/how-to-find-your-bra-size
Diakses pada 25 Januari 2021
Becoming A Teen. http://www.becomingateen.co.uk/advice-blog/articles/when-should-i-buy-my-first-bra
Diakses pada 25 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait