6 Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sensitif yang Aman

(0)
Memilih bedak untuk kulit sensitif memang perlu hati-hati agar tidak menimbulkan iritasiBedak untuk kulit sensitif sebaiknya tidak mengandung wewangian dan pengawet
Bagi pemilik kulit sensitif, mungkin butuh perawatan dan perhatian yang ekstra. Anda juga perlu berhati-hati memilih produk kosmetik, termasuk bedak, agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Lalu, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang aman? 

Hal yang perlu diketahui mengenai kulit sensitif

Kulit sensitif bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu tanda atau gejala kondisi kulit tertentu. Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang dapat menimbulkan reaksi terhadap faktor pencetusnya, seperti produk perawatan atau kecantikan kulit, bahan kimia tertentu, atau faktor lingkungan, seperti cuaca atau panas matahari. Umumnya, ciri-ciri kulit sensitif, yakni kulit kemerahan, gatal, mengelupas, sensasi rasa terbakar, atau timbul bintil-bintil kecil saat menggunakan atau terpapar dengan faktor-faktor pemicunya tersebut. Kulit sensitif paling banyak berada di bagian wajah, kelopak mata, ketiak, selangkangan, atau bahkan kulit kelamin. Bagian-bagian tersebut memiliki area kulit yang lebih tipis sehingga cenderung lebih sensitif terhadap paparan lingkungan atau penggunaan produk perawatan atau kecantikan kulit. 

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang aman

Untuk mencegah timbulnya iritasi, pemilik kulit sensitif perlu tahu cara memilih produk perawatan kulit atau kecantikan yang aman. Tak terkecuali saat memilih bedak untuk kulit sensitif guna mempercantik diri. Lantas, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang aman? Simak tipsnya berikut ini untuk Anda. 

1. Pilih bedak untuk kulit sensitif yang tidak mengandung wewangian

Salah satu tips memilih bedak untuk kulit sensitif yang aman adalah tidak mengandung wewangian atau fragrance-freePewangi adalah bahan kimia yang seringkali ditemukan dalam produk kosmetik, termasuk bedak. Food and Drugs Administration (FDA) mengemukakan bahwa beberapa zat yang digunakan sebagai pewangi berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.  Maka dari itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari bedak untuk kulit sensitif yang mengandung pewangi. Selalu cek label bedak atau produk kosmetik lain yang akan dibeli dan pilihlah bedak untuk kulit sensitif yang berlabel fragrance-free atau bebas kandungan pewangi. 

2. Hindari bedak untuk kulit sensitif yang mengandung pengawet

Cara memilih bedak untuk kulit sensitif berikutnya adalah yang tidak mengandung pengawet. Pengawet atau preservatives mungkin dimasukkan dalam produk kosmetik, termasuk bedak, untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri dan jamur. Adapun salah satu zat pengawet yang biasa digunakan dalam produk kosmetik adalah kelompok paraben. Bagi pemilik kulit sensitif, Anda perlu memilih bedak untuk kulit sensitif yang tidak mengandung paraben. Hal ini karena paraben berbahaya bagi kulit karena rentan menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, selalu cek label bedak yang akan Anda beli dan pilihlah bedak untuk kulit sensitif yang tidak mengandung paraben. Pada label bedak, paraben yang umum digunakan biasanya tertulis metil, etil, propil, isopropil, butil, dan isobutilparaben. 

3. Cari bedak berbahan dasar mineral

Bagi pemilik kulit sensitif disarankan untuk memilih bedak yang mengandung mineral. Inilah cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang aman selanjutnya. Menurut seorang dokter spesialis kulit di New York, Amerika Serikat, bedak yang mengandung mineral biasanya sangat sedikit mengandung zat alergen, seperti wewangian dan pengawet. Bedak berbasis mineral memiliki kandungan titanium dioxide, zinc, dan zat besi. Selain itu, mineral yang terkandung dalam bedak untuk kulit sensitif umumnya juga bersifat noncomedogenic atau tidak dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Jadi, alangkah baiknya Anda menggunakan bedak untuk kulit sensitif yang mengandung mineral. 

4. Pilih bedak yang berlabel hypoallergenic

Pemilik kulit sensitif umumnya mempunyai jenis kulit yang kering. Jika Anda memulaskan bedak yang salah, kondisi kulit sensitif dapat semakin parah. Maka dari itu, saat memilih bedak untuk kulit sensitif, pilihlah produk yang berlabel hypoallergenicHypoallergenic berarti kandungan tersebut tidak rentan menyebabkan alergi dan sudah diuji secara dermatologi sehingga cocok untuk kulit yang sensitif sekalipun. Selain itu, umumnya produk kosmetik yang berlabel hypoallergenic tidak mengandung wewangian tertentu yang aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif. 

5. Uji terlebih dahulu

Saat memilih bedak untuk kulit sensitif, mengecek label adalah suatu keharusan. Jadi, tak hanya melihat kandungan-kandungan di atas, Anda pun perlu mengecek apakah ada zat tertentu lainnya yang mungkin membuat kulit iritasi atau menimbulkan alergi. Apabila merasa ragu atau tidak yakin, Anda dapat mengujinya terlebih dahulu pada bagian kulit lainnya, sebelum digunakan langsung ke seluruh wajah. Uji bedak tersebut di bagian tangan Anda. Jika tidak menimbulkan reaksi alergi, Anda mungkin bisa menggunakannya di wajah. 

6. Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit

Jika Anda masih ragu dan merasa kesulitan memilih bedak untuk kulit sensitif yang tepat, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan memberi rekomendasi cara memilih bedak untuk kulit sensitif yang tepat bagi Anda. Selain itu, dokter mungkin juga akan membantu menyarankan produk kecantikan kulit yang boleh dan tidak boleh digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Memiliki kulit sensitif memang perlu berhati-hati, apalagi jika Anda gemar memulaskan bedak pada wajah. Perlu diingat bahwa satu merek bedak yang cocok pada kulit orang lain belum tentu cocok di kulit Anda. Jadi, Anda harus mencoba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kulit sensitif Anda cocok dengan bedak tersebut atau tidak. Jika Anda masih merasa bingung atau kesulitan memilih dan menggunakan bedak untuk kulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi bedak untuk kulit sensitif yang tepat untuk Anda.
makeupkulit sensitifproduk kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/sensitive-skin#pictures
Diakses pada 17 Agustus 2020
Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/sensitive-skin/
Diakses pada 17 Agustus 2020
US Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetic-ingredients/fragrances-cosmetics
Diakses pada 17 Agustus 2020
EWG. https://www.ewg.org/californiacosmetics/parabens
Diakses pada 17 Agustus 2020
Well and Good. https://www.wellandgood.com/mineral-foundation-sensitive-skin/
Diakses pada 17 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait