Cara memilih alpukat matang memang gampang-gampang susah
Agar tidak kecewa saat membuka buah alpukat, simak cara memilih alpukat yang tepat ini

Cara memilih alpukat matang memang gampang-gampang susah lantaran tingkat kematangan buah ini yang terkadang sulit ditebak. Nah, agar tidak kecewa saat membuka buah alpukat karena belum matang atau justru terlalu matang, simak cara memilih alpukat yang matang selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara memilih alpukat yang matang dan siap dikonsumsi

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang lezat. Tetapi, Anda harus menunggu kematangannya setelah dipanen, bukan saat dipetik dari pohon.

Sesaat setelah dipetik dari pohon, buah alpukat akan menjalani serangkaian proses untuk mencapai tingkat kematangan yang tepat.

Oleh karena itu, Anda mungkin seringkali menemukan beberapa buah alpukat yang belum matang atau bahkan terlalu matang saat membelinya di toko buah ataupun supermarket.

Nah, agar tidak berakhir mengecewakan saat membuka buah alpukat, berikut adalah beberapa cara memilih alpukat yang matang dan siap dikonsumsi.

1. Mengecek batang alpukat

Cara memilih alpukat yang matang bisa dicek bagian batang buahnya
Batang alpukat berwarna cokelat menandakan bahwa alpukat sudah matang

Saat hendak membeli buah alpukat di toko buah atau supermarket, Anda bisa mengecek bagian batang alpukatnya. Caranya, Anda mungkin bisa sedikit menarik batang yang ada di ujung alpukat untuk memeriksa warnanya.

Ciri alpukat yang matang dan siap untuk dikonsumsi, batangnya akan berwarna hijau tua. Apabila batang alpukat berwarna cokelat, ini berarti buah alpukat sudah terlalu matang.

Sebaliknya, bila batang alpukat berwarna hijau terang atau muda maka menandakan bahwa buah alpukat Anda belum matang.

2. Memperhatikan warna kulit buah alpukat

Perhatikan warna kulitnya merupakan salah satu cara memilih alpukat yang tepat
Bila kulit buah berwarna hijau terang menandakan bahwa alpukat belum matang

Salah satu cara memilih alpukat yang matang adalah perhatikan warna kulitnya.

Jika alpukat memiliki warna kulit hijau yang lebih terang dibandingkan yang lainnya, mungkin alpukat tersebut masih belum mencapai tingkat kematangannya.

Ciri alpukat yang matang dan siap untuk dikonsumsi biasanya berwarna hijau tua, bahkan mendekati warna kehitaman.

3. Meraba tekstur kulit buah alpukat

Cara memilih alpukat berikutnya adalah perhatikan tekstur kulit buahnya
Ciri alpukat yang matang biasanya berwarna hijau kehitaman dengan tekstur kulit kasar

Saat memilih alpukat, perhatikan pula tekstur kulit buahnya. Selain berwarna hijau kehitaman, ciri alpukat yang matang dan siap dikonsumsi memiliki tekstur kulit yang sedikit kasar.

Sebaliknya, tekstur kulit yang halus biasanya menandakan bahwa buah alpukat belum matang. Oleh karena itu, cara memilih alpukat juga perlu meraba tekstur kulit buah alpukat.

4. Memeriksa kelunakan daging alpukat

Memeriksa kelunakan daging alpukat juga menjadi cara memilih alpukat yang tepat
Ciri alpukat yang matang biasanya akan terasa empuk atau lunak saat ditekan

Cara memilih alpukat yang matang berikutnya adalah dengan memeriksa kelunakan dagingnya. Anda bisa memeriksa kelunakannya dengan cara menggenggam buah alpukat, lalu menekannya secara lembut menggunakan telapak tangan.

Jangan menekan daging buah alpukat dari luar terlalu dalam dengan jari-jari tangan karena dapat meninggalkan lekukan atau membuatnya jadi lembek. Ciri alpukat yang matang biasanya akan terasa empuk atau lunak saat ditekan. 

Sedangkan, jika Anda mendapati lekukan atau cekungan pada daging buah alpukat sebelum Anda coba menggenggam untuk memeriksa kelunakannya, maka kemungkinan besar alpukat tersebut sudah terlalu matang, cenderung busuk, dan tidak bisa dimakan.

Namun apabila mendapatinya masih keras, mungkin ini tandanya Anda harus menunggu buah alpukat beberapa hari lagi sebelum siap mengonsumsinya.

Alangkah lebih baik, apabila Anda memilih alpukat yang daging alpukatnya sedikit keras dan mendiamkannya sampai alpukat matang dengan sempurna.

Tips membuat alpukat lebih cepat matang

Meski telah berupaya memilih alpukat dengan memeriksa ciri alpukat yang matang, tetapi kemungkinan untuk mendapatkan alpukat yang belum matang dan siap untuk dimakan bisa saja terjadi.

Jika Anda sudah telanjur membeli alpukat yang belum matang dan ingin segera mengonsumsinya, ada beberapa tips membuat alpukat cepat matang yang bisa dicoba.

Anda bisa meletakkan alpukat ke dalam kantong kertas tebal (paper bag) yang tertutup rapat. Kemudian, diamkan alpukat selama 1-2 hari pada suhu ruangan biasa agar alpukat dapat matang dengan sendirinya.

Alpukat bisa mengeluarkan gas etilen ketika sudah dipanen. Gas etilen berfungsi untuk membantu alpukat lebih cepat matang, terutama saat buahnya disimpan dalam kondisi tertutup.

Anda dapat meletakkan alpukat bersama dengan jenis buah-buahan lainnya yang juga dapat mengeluarkan gas etilen, seperti pisang, apel, mangga, atau kiwi. Cara ini juga dipercaya dapat membantu membuat alpukat lebih cepat matang.

Ketika alpukat disimpan dalam wadah tertutup, gas etilen tidak akan keluar dan dapat membantu proses pematangan alpukat. Dengan ini, Anda bisa mengonsumsi alpukat yang matang lebih cepat.

Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui

Setelah mengetahui cara memilih alpukat yang matang dan siap dikonsumsi, ada baiknya Anda mengenal manfaat alpukat untuk kesehatan. Beberapa manfaat alpukat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Meningkatkan kadar kolesterol baik
  • Menjaga kesehatan mata
  • Memperbaiki suasana hati (mood)
  • Menyehatkan sistem pencernaan
  • Memperkuat tulang
  • Menyehatkan jantung

Menentukan ciri alpukat yang matang dan siap dikonsumsi memang gampang-gampang susah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara memilih alpukat matang dengan tepat sehingga manfaat alpukat yang didapat bisa optimal.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/when-is-an-avocado-bad

Diakses pada 14 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406#benefits

Diakses pada 14 April 2020

Master Class. https://www.masterclass.com/articles/complete-guide-to-avocados-and-how-to-pick-a-ripe-avocado#how-to-quickly-ripen-an-avocado

Diakses pada 14 April 2020

The Kitchn. https://www.thekitchn.com/use-this-simple-trick-to-determine-whether-an-avocado-is-ripe-inside-tips-from-the-kitchn-172933

Diakses pada 14 April 2020

Pure Wow. https://www.purewow.com/food/how-to-ripen-an-avocado

Diakses pada 14 April 2020

Artikel Terkait