Cara Memijat Perut agar Lancar BAB yang Mudah Dilakukan

(0)
20 Jan 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara memijat perut agar lancar BAB dapat Anda lakukan sendiri di rumahAnda bisa memijat perut sendiri untuk membantu melancarkan BAB
Pernahkah Anda mengalami masalah susah buang air besar alias sembelit? Rasanya pasti sungguh tidak menyenangkan dan mengganggu. Bayangkan saja ketika perut terasa penuh, Anda malah kesulitan untuk membuang 'limbah' yang menumpuk di dalam saluran pencernaan.Jika Anda tengah menghadapi masalah ini, ada tindakan pertolongan pertama yang relatif mudah dilakukan lewat pijatan. Bagaimana cara memijat perut agar lancar BAB?

Berbagai cara memijat perut agar lancar BAB yang bisa Anda lakukan

Memijat perut dapat membantu meredakan BAB tidak lancar atau konstipasi dalam berbagai cara, seperti menstimulasi otot-otot yang terlibat dalam proses buang air besar dan meredakan stres kronis yang sering dikaitkan dengan berbagai masalah pencernaan.Metode pijat ini juga bisa membantu menangani berbagai kondisi yang menyertai atau mendasari masalah pencernaan ini, seperti mengurangi stres yang Anda alami dan meredakan rasa sakit yang disebabkan irritable bowel syndrome (IBS).Anda bisa menggunakan minyak jarak, minyak argan, minyak kelapa, atau berbagai minyak esensial lainnya untuk melakukan pijat perut. Berikut adalah langkah-langkah cara memijat perut agar lancar BAB.
  • Mulai dengan berbaring dan gunakan kedua tangan Anda untuk memberikan tekanan lembut di perut.
  • Awali pijatan di bagian kanan bawah perut Anda. Buat lingkaran secara perlahan searah jarum jam dengan tekanan lembut dari jari-jemari Anda.
  • Gunakan telapak tangan kanan Anda untuk memberikan tekanan ke bagian dalam tulang pinggul Anda.
  • Lepaskan dan berikan tekanan ke sisi kanan, ke bawah bagian tengah tulang rusuk, dan ke sisi kiri.
  • Ganti ke tangan kiri Anda untuk memberikan tekanan ke bagian dalam tulang pinggu kiri Anda.
  • Gunakan ujung jari pada kedua tangan untuk menekan perut.
  • Sekali lagi, mulailah dari kanan bawah dan lakukan gerakan searah jarum jam.
  • Anda bisa mengulangi langkah-langkah ini beberapa kali, tapi sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Khusus untuk bayi, cara memijat perut agar lancar BAB juga bisa dilakukan untuk meredakan konstipasi. Namun, langkah-langkah yang perlu dilakukan lebih sederhana. Anda dapat memijat perut dan bagian bawahnya searah jarum jam. Lakukan hal ini sebanyak beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaatnya.Jika bayi belum lama menyusu, tunggu setidaknya 45 menit sebelum memberikan mereka pijatan. Apabila bayi Anda punya kondisi-kondisi tertentu yang mendasari konstipasi yang dialaminya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum memijatnya.

Teknik pijat lainnya untuk melancarkan BAB

Selain memijat perut, sebenarnya ada beberapa jenis pijatan lainnya yang juga dianggap mampu meredakan konstipasi. Anda juga bisa mengombinasikan teknik-teknik pijatan ini dengan pijat perut.

1. Pijat punggung

Memijat punggung atau seluruh tubuh dapat membantu tubuh menjadi rileks. Pijatan ini juga dapat membantu meningkatkan pencernaan, meredakan stres, dan meredakan otot yang tegang. Semua hal ini dapat membantu dalam menangani konstipasi.Meski bermanfaat, Anda tidak bisa melakukan pijatan ini sendirian. Mintalah bantuan pasangan atau terapis pijat profesional untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Pijat refleksi

Pijat telapak kaki alias pijat refleksi dikenal bisa membantu menangani konstipasi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang mengalami konstipasi menunjukkan perbaikan gejala setelah menerima pijatan ini.Mereka sebelumnya melakukan enam sesi pijat refleksi selama 30 menit selama enam minggu. Teknik pijat ini juga dianggap meredakan enkopresis, yakni kondisi yang menyebabkan anak secara tidak sengaja mengeluarkan feses.

Cara lain untuk melancarkan BAB

Anda juga bisa mengombinasikan cara memijat perut agar lancar BAB di atas dengan metode-metode rumahan berikut ini supaya hasilnya lebih efektif.
  • Mengonsumsi lebih banyak serat dan makanan yang mengandung probiotik
  • Minum air putih setidaknya delapan gelas setiap hari
  • Mencoba minum kopi
  • Berolahraga secara rutin.
Jadikan poin-poin di atas sebagai kebiasaan supaya susah BAB tidak terjadi lagi. BAB yang lancar menandakan sistem pencernaan yang sehat dan bermanfaat untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.Jika Anda punya pertanyaan seputar konstipasi atau sembelit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
sembelitpijat
Healthline. https://www.healthline.com/health/massage-for-constipation-relief#additional-tips
Diakses pada 6 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318694#avoid-dairy
Diakses pada 6 Januari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/abdominal-massage-for-constipation-relief-4064670
Diakses pada 6 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait