18 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami, Selamat Tinggal Bibir Hitam!


Cara memerahkan bibir secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami rumahan, misalnya, lemon, minyak kelapa, madu, buah stroberi, hingga aloe vera.

0,0
19 Nov 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara memerahkan bibir secara alami dapat dilakukan dengan berbagai langkahOleskan lip balm sebagai salah satu cara memerahkan bibir secara alami
Cara memerahkan bibir hitam diperlukan untuk menjaga warna bibir tetap sehat dan sesuai dengan warna aslinya. Beruntung, berbagai cara mencerahkan bibir hitam secara alami mudah dilakukan di rumah. Bibir hitam atau bibir gelap biasanya merupakan hasil dari hiperpigmentasi. Kondisi ini tidak membahayakan dan bisa disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih, yakni pigmen pemberi warna gelap pada kulit. Adapun penyebab bibir hitam adalah paparan sinar matahari secara berlebih, kurangnya hidrasi, reaksi alergi terhadap pasta gigi atau lipstik, terlalu banyak konsumsi kafein, hingga kebiasaan menjilat bibir dan merokok.Jika dibiarkan terus menerus, bibir hitam bisa menjadi kering dan pecah-pecah sehingga tampak kusam. Maka, penting untuk mengetahui cara membuat bibir merah alami.

Cara memerahkan bibir secara alami

Beberapa cara memerahkan bibir yang hitam untuk mengembalikan warna aslinya adalah sebagai berikut.

1. Lakukan eksfoliasi bibir

Lakukan eksfoliasi bibir sebagai cara memerahkan bibir secara alami
Gunakan lip balm sesaat sebelum tidur di malam hari
Salah satu cara memerahkan bibir gelap adalah dengan melakukan eksfoliasi bibir. Anda bisa melakukannya secara rutin sebelum tidur di malam hari. Caranya, oleskan lip balm sesaat sebelum tidur di malam hari. Kemudian, pada pagi harinya, gunakan waslap yang sudah dibasahi air, atau sikat gigi untuk mengangkat sel kulit mati atau kulit kering pada permukaan bibir. Langkah eksfoliasi ini baik untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area bibir sekaligus merangsang produksi kolagen.  

2. Oleskan scrub bibir

Cara memerahkan bibir gelap secara alami bisa pula dengan mengoleskan scrub bibir. Anda bisa membuat scrub bibir alami sendiri di rumah. Misalnya, menggunakan campuran gula pasir dan minyak almond atau madu yang baik untuk melembapkan kulit bibir.

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup sebagai cara memerahkan bibir secara alami
Minum air putih yang cukup bisa menjaga kelembapan bibir
Salah satu penyebab bibir hitam adalah kulit yang kering karena tidak terhidrasi dengan baik. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh minimal 8 gelas per hari. Cara memerahkan bibir hitam ini baik untuk membuat bibir menjadi lembap dan tampak lebih bervolume. 

4. Bersihkan make up sebelum tidur

Pastikan Anda membersihkan make up di wajah, tak terkecuali area bibir, sampai bersih sebelum tidur di malam hari. Tak ada salahnya Anda mengusap permukaan bibir dengan kapas yang telah dibasahi make up remover sebelum tidur, guna memastikan tidak ada produk kosmetik bibir yang masih tersisa.

5. Gunakan lip balm mengandung SPF

Cara memerahkan bibir hitam selanjutnya adalah rutin menggunakan lip balm. Pastikan Anda menggunakan lip balm dengan kandungan SPF yang tepat. Selain melembapkan bibir, langkah ini berguna untuk melindungi kulit bibir dari paparan sinar matahari.Sebuah studi yang dimuat dalam Dermatologic Surgery melaporkan, dari 299 orang partisipan penelitian yang menggunakan sunscreen atau tabir surya pada tubuhnya dengan benar, hanya sekitar 37% yang menggunakan produk pelindung bibir. 
cara memerahkan bibir secara alami adalah menggunakan lip balm
Gunakan lip balm yang mengandung minyak mineral dan ada SPF-nya
Anda bisa menggunakan lip balm yang mengandung gliserin, minyak mineral, aloe vera, lactic acid, dan sorbitol. Berbagai kandungan ini dapat membantu melembapkan kulit.Hindari lip balm yang mengandung zat perasa dan pemanis buatan karena dapat menimbulkan reaksi alergiBegitu pula dengan kandungan paraben dan zat wewangian yang berisiko membuat kulit jadi iritasi.

6. Jangan merokok

Kebiasaan merokok dapat membuat bibir menjadi hitam atau bibir gelap. Bahkan, studi menemukan kaitan antara merokok dan kemunculan tanda penuaan diniHal ini karena kebiasaan merokok dapat mempercepat kerusakan sel kulit dan hilangnya kolagen yang dapat memicu timbulnya kerutan. Maka dari itu, penting untuk mengurangi kebiasaan merokok sebagai cara alami memerahkan bibir yang hitam. 

7. Pakai vitamin E

Gunakan suplemen kapsul vitamin E sebagai cara memerahkan bibir yang hitam. Buka suplemen kapsul vitamin E, lalu oleskan langsung ke permukaan bibir. Cara untuk memerahkan bibir yang hitam ini berguna untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Cara alami mencerahkan bibir dengan bahan rumahan

Selain menerapkan berbagai cara memerahkan bibir hitam di atas, Anda juga dapat menerapkan cara alami mencerahkan bibir yang hitam di rumah dengan langkah berikut ini.

1. Lemon 

Salah satu cara mencerahkan bibir yang hitam dengan secara alami adalah dengan lemon. Sebuah laporan ilmiah yang dimuat dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin mengemukakan, buah-buahan sitrus, termasuk lemon, dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Untuk menggunakannya, Anda bisa menggosokkan potongan buah lemon pada permukaan bibir dengan lembut pada malam hari. 
Lemon bisa digunakan sebagai cara cara memerahkan bibir secara alami
Gosokkan irisan buah lemon pada permukaan bibir 
Kemudian keesokan paginya, bilas bibir dengan air dingin. Lakukan cara untuk memerahkan bibir ini setiap malam hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok teh madu dan ½ sendok teh air perasan lemon dalam sebuah mangkuk kecil. Setelah diaduk merata, oleskan campuran tersebut pada permukaan bibir dan diamkan selama 10-15 menit.Terakhir, bilas bibir menggunakan air hangat, lalu gunakan lip balm. Anda bisa melakukan cara memerahkan bibir dengan madu dan perasan air lemon  ini sesering mungkin. 

2. Jeruk nipis

Cara alami mencerahkan bibir dengan bahan rumahan juga bisa menggunakan campuran jeruk nipis.Jeruk nipis merupakan jenis buah sitrus lainnya. Sama seperti lemon, jeruk nipis juga baik untuk menghambat produksi melanin.Cara membuatnya, Anda bisa mencampurkan 1 ½ sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh gliserin. Aduk merata. Oleskan campuran tersebut pada permukaan bibir secara lembut sebelum tidur di malam hari. Kemudian, bilas bibir sampai bersih pada keesokan paginya. Jika digunakan secara rutin, cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir. 

3. Lemon dan gula pasir

Cara memerahkan bibir dengan lemon dan gula pasir bisa dilakukan untuk mengembalikan warna aslinya agar kembali merah merona.Caranya, iris potongan lemon dan celupkan ke dalam gula pasir. Gosok irisan lemon pada permukaan bibir dengan lembut, sesaat sebelum tidur di malam hari. Keesokan paginya, Anda bisa membilas bibir dengan air hangat sampai bersih. 

4. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya, sebagai cara untuk mencerahkan bibir dengan bahan alami.  Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Archives of Pharmacal Research menemukan, zat yang terkandung dalam aloe vera dapat menghambat produksi melanin. Sedangkan, kandungan hormon gibberellins dan auxin berfungsi sebagai anti peradangan sekaligus mengatasi bibir keringSelain itu, kandungan vitamin E di dalamnya mampu mengembalikan kelembapan alami bibir.
cara memerahkan bibir secara alami bisa dengan lidah buaya
Anda bisa mengoleskan lidah buaya yang berasal dari tanaman
Cara menggunakannya pun tidak sulit dilakukan. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya tipis-tipis ke permukaan kulit bibir.Diamkan sampai mengering, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara memerahkan bibir yang hitam ini setiap hari secara rutin. Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok gel lidah buaya segar dengan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa dalam sebuah mangkuk kecil.Aduk merata, lalu oleskan pada permukaan bibir seperti menggunakan lip balm.  

5. Kunyit 

Dikenal sebagai rempah penyedap wajib di Indonesia, kunyit dapat digunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Cell Biology and Toxicology, kunyit disebut-sebut ampuh sebagai penghambat produksi melanin penyebab hiperpigmentasi.Cara memerahkan bibir alami dengan kunyit, bisa dengan mencampurkan 1 sendok makan susu dan bubuk kunyit secukupnya. Kemudian, aduk merata sampai berbentuk pasta kental. Gosokkan scrub bibir alami ini pada permukaan bibir Anda secara merata.Bilas bibir dengan air dingin setelah 5 menit. Keringkan permukaan bibir, lalu oleskan pelembap bibir favorit Anda.

6. Buah delima

Sebuah hasil riset yang dipublikasikan dalam Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat dijadikan sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Anda bisa menerapkan cara alami memerahkan bibir hitam ini dengan mencampurkan 1 sendok makan biji buah delima, 1 sendok teh air mawar, dan 1 sendok makan krim susu segar.Aduk seluruh bahan tersebut hingga menyerupai pasta kental. Setelah itu, oleskan masker bibir dari biji buah delima dengan lembut pada permukaan bibir.Diamkan selama 3 menit, lalu bilas bibir dengan air dingin. Lakukan langkah ini setiap hari sebagai cara membuat bibir merah merona dengan maksimal. 

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami
Oleskan minyak kelapa sebelum tidur di malam hari
Manfaat minyak kelapa untuk bibir bisa digunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Oleskan sedikit minyak kelapa menggunakan jari tangan yang sudah dibersihkan, seraya memijat permukaan bibir secara perlahan.Tambahkan 1 sendok makan gula, bila perlu, untuk melakukan eksfoliasi bibir. Lalu, gosokkan bibir secara lembut dengan gerakan memutar.  Cara membuat bibir merah merona ini bisa dilakukan pada siang atau malam hari sebelum tidur. Tak hanya sebagai cara alami mencerahkan bibir, minyak kelapa juga dapat melembapkan bibir kering dan pecah-pecah.Selain minyak kelapa, Anda juga bisa mengganti bahan alami satu ini dengan minyak zaitun atau minyak almond. 

8. Stroberi

Jenis buah lain yang bisa digunakan sebagai pemerah bibir alami adalah stroberi. Buatlah pasta dari campuran 1 buah stroberi berukuran sedang yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok teh baking soda. Oleskan pada permukaan kulit bibir sebelum tidur di malam hari. Kemudian, bilas bibir dengan air dingin keesokan paginya. Anda juga bisa membuat pasta dari 1 buah stroberi yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok teh madu dan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan campurkan kedua bahan ini pada permukaan bibir menggunakan jari tangan yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10 menit. Terakhir, bersihkan bibir menggunakan kain lembap. Cara tradisional memerahkan bibir ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam seminggu.

9. Air mentimun

Cara alami memerahkan bibir menghitam adalah dengan air mentimun. Sebelum digunakan, masukkan air mentimun ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit. Jika sudah dingin, oleskan air mentimun pada permukaan bibir menggunakan kapas. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, bilas bibir dengan air dingin. 

10. Gula pasir

Cara memerahkan bibir dengan gula pasir merupakan langkah yang tak boleh Anda lewatkan. Anda bisa mencampurkan 3 sendok teh gula pasir dan 2 sendok teh butter. Aduk merata, lalu oleskan pada permukaan bibir yang sudah dibersihkan seraya memijatnya perlahan. Diamkan selama 3-4 menit. 

11. Buah bit

Gunakan buah bit sebagai cara memerahkan bibir secara alami
Buah bit bisa digunakan sebagai cara alami memerahkan bibir
Cara membuat bibir merah alami bisa pula dengan buah bit. Cukup haluskan beberapa potongan buah bit hingga menjadi pasta.Oleskan halusan buah bit pada permukaan bibir Anda sebanyak 2 kali seminggu. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas bibir sampai bersih.Saat bibir sudah bersih dan kering, oleskan petroleum jelly untuk melembapkan bibir. 

Sebelum menerapkan berbagai cara mencerahkan warna bibir di atas, pastikan permukaan kulit bibir Anda tidak dalam kondisi kering atau pecah-pecah.Pasalnya, bila kondisi tersebut terjadi maka dapat memperburuk kondisi bibir yang menghitam. Alangkah baiknya, Anda juga mengoleskan sedikit bahan alami yang dibuat untuk mencerahkan bibir pada area permukaan kulit tangan terlebih dahulu. Jika mengalami reaksi alergi, sebaiknya hentikan penggunaan pada permukaan bibir Anda. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter sebelum menerapkan berbagai cara membuat bibir merah alami.Sebagian besar penyebab bibir hitam dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari penyebabnya untuk membuat bibir menjadi warna merah merona kembali, sehat, tampak segar, serta tidak kering dan pecah-pecah.Jika sudah menerapkan berbagai cara membuat bibir merah alami seperti yang telah disampaikan di atas, tetapi kondisi bibir masih tak kunjung membaik, bahkan bibir jadi kering dan pecah-pecah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Sebab, bisa jadi kondisi bibir hitam yang Anda alami merupakan gejala dari kondisi medis tertentu. Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mencerahkan bibir hitam yang tepat.Pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanhiperpigmentasi bibirbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-lips
Diakses pada 19 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-lips-pink
Diakses pada 19 November 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10403123
Diakses pada 19 November 2019
Springer Link. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs10565-009-9121-2
Diakses pada 19 November 2019
Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/beautiful-lips
Diakses pada 16 Desember 2020
Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1271/bbb.69.2368
Diakses pada 16 Desember 2020
Biological and Pharmaceutical Bulletin. https://www.jstage.jst.go.jp/article/bpb/25/6/25_6_806/_article
Diakses pada 16 Desember 2020
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15762210/
Diakses pada 16 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait