Aneka Cara Memerahkan Bibir yang Menghitam dengan Mudah

Bahan alami seperti lemon, madu, dan lidah buaya dapat membantu mencerahkan bibir hitam
Memerahkan bibir dan mengembalikan warna aslinya dapat dilakukan dengan mengoleskan beragam bahan alami

Beberapa orang tentu menjaga warna bibirnya tetap sehat dan sensuai dengan warna aslinya. Namun karena berbagai faktor, bibir yang sehat dapat menjadi hitam.

Bibir menghitam dapat dipicu oleh hiperpigmentasi, sebuah kondisi yang disebabkan terlalu banyaknya melanin di kulit. Hiperpigmentasi tersebut sebagian besar dipicu oleh gaya hidup. Misalnya, konsumsi kafein terlalu banyak, merokok, kurang asupan air putih, hingga paparan sinar matahari dalam waktu lama.

Beruntung, ada beberapa cara memerahkan bibir yang bisa diterapkan jika Anda dihadapkan pada masalah bibir yang menghitam. Bahan-bahannya pun tak sulit dicari, seperti jeruk nipis dan kunyit.

Cara memerahkan bibir yang menghitam agar kembali terlihat segar dan sehat

Berikut ini cara memerahkan bibir dan mengembalikan warna aslinya:

1. Oleskan lemon

Para ahli menyimpulkan bahwa buah-buahan sitrus, termasuk lemon, dapat menjadi penghambat melanin. Melanin dalam kadar berlebih dapat memicu bibir yang menggelap.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengoleskan bagian buah lemon yang berair dan gosok dengan lembut pada permukaan bibir. Keesokan paginya, bilas bibir dengan air dingin. Lakukan cara ini dengan telaten.

2. Aplikasikan campuran jeruk nipis, madu, dan gliserin

Jeruk nipis, buah sitrus lainnya, barangkali menjadi bahan alami yang lebih mudah untuk dicari. Seperti lemon, jeruk nipis juga berpotensi untuk menghambat melanin.

Anda dapat mencampurkan satu setengah sendok teh jus jeruk nipis, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh gliserin. Aplikasikan dengan lembut pada permukaan bibir sebelum tidur dan bilas setelah bangun.

3. Gunakan lemon dan gula

Lemon masih menjadi bahan untuk memerahkan bibir dan mengembalikan warna aslinya. Anda dapat mengiris buah sitrus ini dan mencelupkannya ke gula. Kemudian, gosok dengan lembut sesaat sebelum tidur. Setelah bangun tidur, bilas bibir dengan air hangat.

4. Oleskan lidah buaya

Lidah buaya banyak digunakan untuk kesehatan rambut. Tanaman ini juga disebutkan ahli di Seoul Journal Korea membantu memerahkan bibir yang menghitam karena hiperpigmentasi.

Caranya pun tak sulit. Anda cukup mengoles tipis gel lidah buaya ke permukaan kulit bibir. Setelah kering, bilas dengan air hangat.

5. Oleskan bubuk kunyit dan susu

Kunyit dan bubuk kunyit mungkin menjadi penyedap wajib di Indonesia. Gunakan juga rempah ini untuk memerahkan bibir Anda yang menghitam. Dalam studi yang dimuat di Cell Biology and Toxicology, kunyit disebutkan berpotensi ampuh sebagai penghambat melanin penyebab hiperpigmentasi.

Untuk menerapkan cara memerahkan bibir ini, Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan susu dan bubuk kunyit secukupnya. Kemudian aduk sampai berbentuk pasta, gosokkan adonan tersebut pada bibir, dan bilas dengan air dingin setelah lima menit. Setelah kering, oleskan pelembap bibir favorit Anda.

6. Gunakan biji buah delima

Biji buah delima telah dikenal menyehatkan. Pakar pun menyimpulkan bahwa ekstrak buah delima dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi kulit.

Anda bisa membuat bahan untuk memerahkan bibir dengan mencampurkan satu sendok makan biji buah delima, satu sendok teh air mawar, dan satu sendok makan krim susu segar. Aduk bahan tersebut sehingga menyerupai pasta.

Setelah itu, gosokan pasta biji buah delima tersebut dengan lembut pada bibir selama kurang lebih tiga menit. Bilas bibir dengan air dingin. Terapkan langkah ini setiap harinya.

Cara lain untuk memerahkan bibir

Selain menggunakan bahan alami di atas, cara memerahkan bibir berikut juga bisa Anda terapkan:

  • Eksfoliasi bibir secara lembut setelah bangun tidur dengan menggunakan sikat gigi. Di malam sebelumnya, pastikan Anda mengoleskan lip balm sesaat akan tidur.
  • Selalu terhidrasi dengan konsumsi air putih.
  • Oleskan suplemen kapsul vitamin E dengan membukanya dan menerapkan langsung ke bibir, untuk membantu menggantikan sel kulit dengan yang baru.
  • Bersihkan kosmetik sebelum tidur.
  • Sebisa mungkin hindari paparan zat beracun, termasuk asap rokok dan polusi udara.

Sebagian besar kasus bibir menghitam disebabkan oleh faktor gaya hidup. Hindari faktor di atas, agar bibir Anda senantiasa merah, sehat, dan terlihat segar.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-lips
Diakses pada 19 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-lips-pink
Diakses pada 19 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10403123
Diakses pada 19 November 2019

Springer Link. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs10565-009-9121-2
Diakses pada 19 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed