7 Cara Memelihara Organ Pencernaan Demi Kesehatan Perut


Terganggunya kesehatan pencernaan bisa jadi musuh besar karena menghambat aktivitas. Oleh sebab itu, penting menerapkan cara memelihara organ pencernaan mulai dari makan perlahan hingga mengelola stres dengan baik.

0,0
07 Jul 2021|Azelia Trifiana
Terganggunya kesehatan pencernaan bisa jadi musuh besar karena menghambat aktivitas. Oleh sebab itu, penting menerapkan cara memelihara organ pencernaan mulai dari makan perlahan hingga mengelola stres dengan baik.Sebab jika tidak, terganggunya kesehatan perut akan ditandai dengan berbagai gejala kurang nyaman. Mulai dari iritasi kulit, tidur tidak nyenyak, perubahan berat badan, dan tentu saja sakit perut.

Cara memelihara organ pencernaan

Dulunya, organ pencernaan dianggap sebagai satu sistem tubuh yang sederhana yaitu organ tempat makanan masuk, dicerna, kemudian dikeluarkan. Namun kini, menarik sekali mengulik bagaimana kesehatan pencernaan juga berkaitan dengan banyak hal seperti adanya bakteri baik hingga kaitannya dengan stres.Jadi, apa saja cara memelihara organ pencernaan yang bisa Anda mulai lakukan hari ini?

1. Kelola stres

Pernahkah merasa stres kemudian disusul dengan rasa tidak nyaman di perut? Tentu sering, sebab keduanya sangat berkaitan. Stres kronis akan berdampak pada seluruh tubuh, termasuk kesehatan perut.Oleh sebab itu, lakukan beberapa cara mengelola stres seperti:

2. Tidur cukup

tidur nyenyak
Usahakan tidur 7-8 jam sehari
Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk juga bisa berdampak serius terhadap kesehatan pencernaan. Akibatnya, bisa saja terjadi gangguan tidur karena rasa tidak nyaman di perut. Idealnya, waktu tidur malam hari adalah selama 7-8 jam.

3. Makan perlahan

Mengunyah makanan hingga benar-benar lumat serta makan perlahan adalah cara memelihara organ pencernaan yang direkomendasikan. Jadi, sebaiknya hilangkan kebiasaan makan ngebut dan mengunyah terlalu cepat. Bukan hanya baik untuk pencernaan, makan perlahan juga mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

4. Tetap terhidrasi

minum air putih
Minum air putih dengan cukup
Mengonsumsi cukup cairan berupa air putih akan berdampak sangat baik untuk dinding mukosa usus. Selain itu, cukup minum air juga menyeimbangkan jumlah bakteri baik di pencernaan. Tak perlu mahal-mahal atau mengalokasikan waktu khusus, cara ini paling sederhana namun nyata manfaatnya.

5. Asupan prebiotik dan probiotik

Prebiotik adalah makanan tinggi serat yang dapat menunjang pertumbuhan bakteri baik atau probiotik. Jika tidak yakin asupan serat dari makanan sehari-hari mencukupi, maka suplemen bisa jadi alternatif. Intinya adalah memberikan lingkungan paling nyaman untuk bakteri baik di pencernaan.Namun, jangan sembarangan mengonsumsi suplemen karena belum tentu semua orang cocok. Sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menyesuaikan dengan kondisi masing-masing.

6. Kenali makanan pemicu alergi

Cara memelihara organ pencernaan juga bisa dilakukan dengan mengenali apa saja makanan pemicu alergi. Mudah mengenalinya, yaitu ketika muncul gejala seperti kram, kembung, sakit perut, diare, ruam, mual, atau asam lambung naik maka itu berarti ada intoleransi terhadap makanan tertentu.Jadi, coba kurangi mengonsumsi makanan pemicu alergi dan lihat apakah gejala membaik. Ketika ini sudah berhasil, akan ada perubahan positif pada kesehatan pencernaan hanya dengan mengubah pola makan.

7. Mengubah pola makan

Masih sering mengonsumsi makanan yang diproses berlebih, tinggi gula, dan juga tinggi lemak jenuh? Itu adalah musuh utama kesehatan perut. Justru untuk menerapkan cara memelihara organ pencernaan, sebaiknya kurangi konsumsi makanan semacam itu.Alternatifnya, ganti dengan makanan plant-based dan juga protein rendah lemak. Dampaknya sangat positif untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, diet tinggi serat juga berdampak sangat baik untuk kondisi pencernaan.Selain itu, tambahkan pula konsumsi bawang, makanan fermentasi, serta makanan kaya kolagen seperti kaldu dan salmon. Stimulasi produksi kolagen dari makanan juga bisa diperoleh dari makanan seperti produk olahan susu, daging tertentu, dan juga jamur.

Catatan dari SehatQ

Pencernaan manusia adalah sistem organ yang kompleks dan dampaknya sangat signifikan bagi kesehatan seluruh tubuh. Oleh sebab itu, jika belum, segera lakukan beberapa cara menjaga organ pencernaan.Bukan hanya membuat tubuh lebih sehat, ini juga mengusir jauh-jauh gejala gangguan pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas.Bahkan, kesehatan pencernaan juga berdampak pada imunitas, kesehatan otak, kesehatan jantung, tidur berkualitas, hingga mood yang jadi jauh lebih baik.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar perubahan gaya hidup bisa dimulai dari mana, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/gut-health
Diakses pada 22 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325293
Diakses pada 22 Juni 2021
BBC. https://www.bbc.co.uk/food/articles/what_should_you_eat_for_a_healthy_gut
Diakses pada 22 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait