logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

5 Cara Membuat Wanita Mencapai Puncak Orgasme

3.26

(19)

30 Jan 2021

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara membuat wanita mencapai puncak orgasme bukanlah perkara mudah

Orgasme pada wanita dapat dipengaruhi kondisi fisik dan mental

Table of Content

  • Cara membuat wanita mencapai puncak orgasme
  • Mengapa wanita lebih sulit orgasme dibandingkan pria?
  • Catatan dari SehatQ

Orgasme adalah keinginan banyak orang saat melakukan hubungan seks. Masalahnya, keinginan ini tidak selalu bisa dicapai ketika berhubungan seksual, terutama bagi wanita. Sebuah studi di Finlandia yang melibatkan 8000 wanita menunjukkan bahwa 14 persen wanita berusia di bawah 35 tahun tidak mengalami orgasme saat berhubungan seksual.

Advertisement

Tidak sedikit wanita yang kesulitan mencapai orgasme saat berhubungan badan, dan bahkan harus memalsukannya demi pasangan atau dirinya sendiri. Untuk membantu mengatasi masalah ini, ada beberapa cara membuat wanita mencapai puncak orgasme yang bisa dilakukan.

Cara membuat wanita mencapai puncak orgasme

Orgasme pada wanita dapat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental. Oleh karena itu, diperlukan kombinasi berbagai cara membuat wanita mencapai puncak orgasme yang perlu dilakukan.

1. Meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri secara seksual

Kemampuan wanita mencapai orgasme dipengaruhi dengan pandangan mereka terhadap harga diri seksual yang dimilikinya. Semakin baik anggapan seorang wanita terhadap keterampilan dan performa seksualnya, semakin mudah bagi dirinya untuk mencapai orgasme.

Ketiadaan harga diri dan kepercayaan diri ini dapat membuat Anda lebih sulit dalam mencapai orgasme. Peran pasangan juga dibutuhkan di sini dalam membantu memberikan pujian atau rayuan untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda saat berhubungan seksual.

2. Rileks dan tenangkan pikiran

Jika Anda kehilangan gairah seksual atau tidak merasakan orgasme saat berhubungan badan belakangan ini, mungkin saja Anda sedang stres. Kelelahan dan stres merupakan salah satu faktor yang paling sering mencegah wanita mencapai orgasme.

Kecemasan atau depresi juga dapat memengaruhi kemampuan Anda dalam berkonsentrasi dan menikmati suasana saat melakukan aktivitas seksual. Selain itu, pikiran-pikiran negatif dan ketidakmampuan memikirkan hal erotis ternyata turut memberikan pengaruh buruk terhadap kepuasaan seksual.

Buatlah diri Anda rileks dan nyaman terlebih dahulu sebagai cara membuat wanita mencapai puncak orgasme. Hal sederhana seperti pijatan di kulit kepala dapat membantu meningkatkan aliran darah dan relaksasi.

Baca Juga

  • Perbedaan Obat Perangsang Wanita dan Obat "Tidur"
  • Kenali Fakta di Balik Klitoris Wanita yang Penuh Misteri
  • Cara Mencapai Berbagai Tipe Orgasme

3. Coba stimulasi klitoris dan area tubuh lain yang berbeda

Cara membuat wanita mencapai puncak orgasme ternyata tidak hanya terpaku pada penetrasi vagina. Sebuah studi mengungkapkan bahwa 36,6 persen wanita membutuhkan rangsangan klitoris untuk mencapai orgasme selama hubungan seksual.

Di sisi lain, 36 persen wanita lainnya tidak membutuhkan rangsangan klitoris untuk mencapai orgasme, tapi rangsangan tersebut diakui dapat meningkatkan pengalaman seksualnya.

Selain stimulasi klitoris, Anda juga dapat mencoba menstimulasi area tubuh lainnya seperti puting payudara. Setiap wanita mungkin memiliki area sensitif yang berbeda. Jika salah satu cara tidak berhasil, cobalah lakukan cara yang berbeda atau kombinasikan beberapa cara.

4. Kenali tindakan yang disukainya

Bagi para pria yang ingin mencari cara untuk membuat wanita mencapai orgasme, cobalah perlakukan pasangan Anda dengan tindakan-tindakan yang membuatnya tergoda. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 1.046 wanita di Indiana, Amerika Serikat, beberapa perilaku yang dianggap sangat menarik oleh wanita adalah:

  • Penetrasi vagina - 69,9 persen
  • Berpelukan lebih sering - 62,8 persen
  • Berciuman lebih sering saat berhubungan seks - 49,3 persen
  • Rayuan serta kata manis dan romantis saat berhubungan seks - 46,6 persen
  • Pijat sebelum berhubungan seks - 45,9 persen
  • Berhubungan seks dengan lembut - 45,4 persen

Selain itu, membangun sensualitas di luar tempat tidur juga dianggap hal yang menarik bagi wanita. Sensualitas ini dapat dibangun dengan menonton film romantis, membuat suasana ruangan terasa lebih romantis, dan mengenakan pakaian seksi atau lingerie.

5. Berkomunikasi secara terbuka

Tahukah Anda kalau wanita yang kesulitan berbicara mengenai masalah seksual dengan pasangan cenderung memiliki dorongan seks rendah? Oleh karena itu, komunikasi terbuka dengan pasangan merupakan hal yang sangat penting karena inilah yang kerap menjadi masalah.

Bicarakan bagaimana cara membuat wanita mencapai puncak orgasme yang paling sesuai dengan pasangan. Setiap wanita dapat memiliki bagian sensitif yang berbeda dan menginginkan perilaku yang berlainan.

Maka dari itu, buatlah wanita merasa nyaman dengan preferensi seksualnya, serta jadilah pasangan yang dapat berbagi dan menghargai keinginannya.

Mengapa wanita lebih sulit orgasme dibandingkan pria?

Meski tidak semua, penelitian yang dimuat dalam Journal of Sexual Medicine menunjukkan bahwa pria lebih sering orgasme dibandingkan dengan wanita. Dengan kata lain, wanita umumnya memang lebih sulit mencapai orgasme ketimbang pria.

Wanita umumnya akan lebih mudah orgasme jika diberi rangsangan pada klitorisnya. Belum ada penjelasan yang secara gamblang menjelaskan penyebab wanita lebih sulit orgasme dibandingkan laki-laki.

Akan tetapi penelitian yang dimuat dalam jurnal sama menyebutkan bahwa sulitnya wanita mencapai orgasme mungkin juga dipengaruhi oleh anatomi vagina. Dalam hal ini jarak antara klitoris dengan meatus urinarius (ujung saluran kencing). Namun, teori ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Itu sebabnya, beberapa posisi seks yang bisa sekaligus merangsang klitoris dan penetrasi vagina akan meningkatkan peluang wanita mengalami orgasme saat berhubungan seksual.

Catatan dari SehatQ

Meski begitu, Anda mungkin perlu waspada jika masalah wanita sulit orgasme ini sampai mengganggu keharmonisan Anda dengan pasangan. Ini bisa menjadi salah satu tanda disfungsi seksual.

Jika Anda merasa membutuhkan bantuan ahli untuk berkonsultasi mengenai gangguan orgasme, Anda dan pasangan dapat mengunjungi konselor pernikahan yang profesional.

Apabila Anda punya pertanyaan seputar masalah seks, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

hubungan seksorgasmehubungan seksual

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved