Cara Membuat Semprotan Merica yang Efektif Menghalau Penjahat di Jalanan

Semprotan merica dapat menjadi pelindung diri yang efektif jika kita harus berhadapan dengan seseorang yang berniat jahat
Saat diserang penjahat, Anda dapat menyemprotkan pepper spray atau semprotan merica untuk melindungi diri

Aksi kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Oleh sebab itu, upaya untuk menjaga diri harus selalu dipersiapkan. Anda bisa membekali diri dengan semprotan merica setiap kali akan pergi ke luar rumah. 

Semprotan merica sudah banyak tersedia di pasaran dan bahkan Anda bisa membuatnya sendiri. Akan tetapi, seberapa efektifkah semprotan merica untuk melawan oknum penjahat? Simak ulasan berikut. 

Apa itu semprotan merica?

Semprotan merica atau pepper spray diciptakan pada akhir tahun 1970-an oleh kepolisian Amerika. Sejak saat itu, semprotan merica telah menjadi senjata kimia yang tidak mematikan dan digunakan sebagai salah satu alat pelindung diri oleh masyarakat luas. 

Semprotan merica termasuk ke dalam jenis gas air mata atau lachrymatory agent. Senyawa kimia yang terkandung pada lachrymatory agent dapat menyebabkan air mata keluar dan rasa sakit pada mata.

Bahan utama semprotan merica adalah suatu minyak yang disebut Oleoresin capsicum. Terkandung di dalamnya adalah capsaicin yang dapat menyebabkan inflamasi atau pembengkakan pada jaringan tubuh. Capsaicin secara alami ditemukan pada cabai dan bertanggung jawab atas rasa pedas khas yang timbul ketika kita memakan cabai.

Pada semprotan merica, kadar capsaicin dibuat jauh lebih tinggi dari kandungan cabai yang biasa kita makan. Tingkat kepedasan dan rasa panas pada semprotan merica yang digunakan masyarakat umum berukuran 2 juta unit Scoville (satuan perhitungan rasa pedas). Sedangkan semprotan merica untuk pihak kepolisian memiliki unit Scoville sekitar 5,3 juta unit. Sebagai perbandingan, paprika memiliki 0-unit Scoville sedangkan cabe rawit memiliki rentang Scoville antara 50.000 dan 100.000 unit.

Efek semprotan merica 

Ketika semprotan merica terkena mata seseorang maka ia akan otomatis menutup mata karena mengalami sensasi yang sangat perih seperti mendidih. Sensasi ini terjadi selama 30 hingga 45 menit, bergantung pada seberapa kuat kandungan capsaicin dalam semprotan merica.

Selain itu semprotan merica juga dapat mengakibatkan kondisi berikut:

  • Rasa terbakar di tenggorokan
  • Mengi
  • Batuk kering
  • Sesak napas
  • Tersedak
  • Terengah-engah
  • Ketidakmampuan untuk bernapas atau berbicara
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan sianosis yaitu terjadinya perubahan warna pada kulit menjadi kebiruan yang mengindikasikan kurangnya aliran darah dan oksigen. 
  • Apnea dan pernapasan terhenti juga dapat terjadi meskipun kasusnya jarang

Sebuah studi yang diterbitkan oleh North Carolina Medical Journal menemukan bahwa orang yang menghirup semprotan merica dapat mengalami hipertensi akut atau peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung. 

Bisakah membuat sendiri semprotan merica?

Karena efeknya yang sangat beragam pada tubuh, semprotan merica dapat menjadi pelindung diri yang efektif. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara berikut:

Alat dan bahan:

  • Cabai sebanyak 3-6 buah. Pilih cabai paling pedas yang bisa Anda temukan. Misalnya cabe domba, cabe gendot, atau cabe rawit merah.
  • Merica hitam atau lada putih sebanyak dua sendok untuk menghasilkan efek batuk
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumbuk cabai
  • Air untuk melarutkan
  • Panci untuk menyeduh larutan semprotan merica
  • Corong untuk memasukan larutan ke dalam wadah
  • Botol spray ukuran 60 ml atau 100 ml
  • Kacamata pelindung (agar larutan tidak terciprat ke mata saat proses pembuatan)

Cara membuat semprotan merica:

  • Campurkan cabe dengan sedikit minyak goreng, tumbuk cabe hingga hancur dan bijinya keluar.
  • Setelah cabe selesai ditumbuk, tambahkan lada/merica hitam atau putih, campurkan dengan air sebanyak 100-150 ml.
  • Rebus larutan cabe dan merica tersebut di dalam panci.
  • Gunakan corong untuk memasukan larutan tersebut ke dalam botol spray. 
  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun untuk menghilangkan rasa panas dan pedas yang mungkin menempel pada tangan.
  • Semprotan merica siap untuk digunakan.

Hal yang harus diperhatikan dari semprotan merica buatan sendiri

Semprotan merica buatan pabrik diproduksi dengan mesin dalam pengaturan yang terkontrol.  Karenanya, semprotan merica buatan pabrik bisa lebih kuat dan efektif dalam menjalankan fungsinya. 

Botol semprot buatan pabrik juga dirancang lebih baik menggunakan botol bertekanan sehingga semprotan dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. 

Sebaliknya, semprotan merica buatan sendiri mungkin tidak akan sekuat dan seefektif buatan pabrik. Oleh karena itu, pastikan kadar cabai dan merica yang dipakai cukup. Anda juga dapat mengganti air sebagai pelarut dengan alkohol atau cuka yang berfungsi menstabilkan kandungan minyak capsaicin dan memperpanjang masa kadaluarsanya.

Pastikan untuk memilih botol dengan daya semprot yang kuat, minimal semprotannya menjangkau jarak 1 meter. 

Catatan dari SehatQ

Semprotan merica dapat menjadi pelindung diri yang efektif jika kita harus berhadapan dengan seseorang yang berniat jahat. Suatu penelitian mengungkapkan bahwa petugas kepolisian yang dibekali semprotan merica memiliki angka cedera atau terluka yang lebih sedikit dibandingkan yang tidak membawa semprotan merica.

Meskipun termasuk ke dalam senjata yang tidak mematikan, efek semprotan merica bisa sangat fatal jika terlalu banyak disemprotkan. Potensinya untuk disalahgunakan pun sangat besar. Oleh karena itu, Anda harus tetap berhati-hati dalam menyimpan dan menggunakan benda ini. 

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10892855
Diakses pada 17 April 2020

NCBI.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK544263/
Diakses pada 17 April 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6092351/#CR3
Diakses pada 17 April 2020

NCBI.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16220469
Diakses pada 17 April 2020

Skilled Survival. https://www.skilledsurvival.com/how-to-make-pepper-spray/
Diakses pada 17 April 2020

Instructables. https://www.instructables.com/id/Homemade-pepper-spray/
Diakses pada 17 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/238262#physical-effects
Diakses pada 17 April 2020

NCJRS. https://www.ncjrs.gov/pdffiles1/nij/195739.pdf
Diakses pada 17 April 2020

Artikel Terkait