Cara Membuat Salad Buah yang Sehat dan Rendah Kalori

(0)
21 Jun 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara membuat salad buah sangat mudahIlustrasi salad buah yang menyegarkan
Apakah Anda menyukai salad? Meski terbukti menyehatkan, tidak semua orang menyukainya karena bahan dasar hidangan ini adalah sayur-mayur. Banyak orang yang tidak suka makan sayur karena rasanya yang hambar atau pahit. Bagi Anda yang termasuk dalam golongan ini, Anda bisa mencoba salad buah sebagai alternatif dari salad sayur.
Salad buah merupakan campuran buah potong pilihan dengan saus khusus untuk menambah kenikmatannya, seperti saus keju mayonnaise atau saus lainnya yang rendah lemak. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, Anda perlu mengetahui pilihan buah yang tepat dan cara membuat salad buah yang mudah dan enak.

Pilihan buah untuk salad

Semangkuk salad buah dapat mengandung banyak nutrisi, mulai dari mineral seperti kalium sampai antioksidan dalam bentuk vitamin seperti vitamin A dan C. Sebelum Anda mempelajari cara membuatnya, berikut ini adalah beberapa buah yang umumnya disertakan ke dalam salad dan kandungan nutrisinya.

1. Apel

Apel merupakan buah yang tinggi serat dan rendah kalori. Sebuah apel setidaknya mengandung 5,4 gram serat dan hanya 116 kalori. Kedua kandungan inilah yang membuat apel layak digolongkan sebagai buah yang dapat membantu menurunkan berat badan dan cocok dimasukkan ke dalam salad buah.Tak hanya itu, apel juga termasuk buah yang kaya akan fitokimia, seperti quercetin, asam klorogenik, antosianin, dan katekin. Tak hanya itu apel juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh Anda.

2. Pepaya

Salah satu buah-buahan tropis yang sering disertakan dalam salad buah adalah pepaya. Buah ini mengandung asam folat sekaligus vitamin A dan C yang cukup tinggi.Tidak hanya itu, buah pepaya juga mengandung ragam nutrisi lainnya yang sama baiknya untuk kesehatan tubuh dan pencernaan Anda, seperti, kalsium, magnesium, kalium, zinc, vitamin E dan K.Buah tropis ini bahkan juga termasuk ke dalam buah yang rendah kalori dan kaya serat. Secangkir pepaya hanya memiliki 68 kalori dan dilengkapi dengan 2,7 gram serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. 

3. Kiwi

Buah yang populer di Selandia Baru ini juga sering digunakan dalam hidangan salad buah. Selain enak, alasan lain untuk menyertakan buah kiwi dalam salad adalah banyaknya kandungan vitamin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan pencernaan, dan penyembuhan luka.Sebuah kiwi hanya mengandung sekitar 42 kalori dengan jumlah serat yang hampir sama dengan pepaya, yakni 2 gram. Selain itu, kiwi juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya, seperti kalsium, fosfor, kalium, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.Selain beberapa buah di atas, Anda juga dapat menyertakan stroberi, jeruk, semangka, anggur, dan nanas dalam salad buah Anda. Buah-buahan ini umumnya mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, contohnya vitamin C, vitamin A, dan asam folat. 

Cara membuat salad buah

Sudahkah menentukan buah yang Anda ingin masukkan ke dalam salad? Sekarang saatnya Anda mempelajari cara membuat salad buah yang menyehatkan.Berikut adalah resep salad buah dengan saus citrus mint yang menyegarkan dan rendah kalori.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 70 gram pepaya potong dadu
  • 25 gram anggur dibelah dua
  • 155 gram nanas potong dadu
  • 100 gram stroberi potong
  • Air perasan satu jeruk lemon dan satu jeruk nipis
  • 20 daun mint cincang.

Cara membuatnya:

  1. Tuangkan semua buah ke dalam satu mangkuk
  2. Campuran air perasan jeruk lemon dan jeruk nipis dengan daun mint yang sudah dicincang
  3. Tuangkan saus ke dalam mangkuk berisikan buah, lalu aduk rata.
Setelah selesai, Anda bisa langsung menyantapnya atau menyimpannya di dalam kulkas untuk disantap di lain waktu. Selain mudah dibuat, resep salad buah ini juga hanya mengandung 58 kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam program diet.
makanan sehatbuah dan sayuran
Sumber:
Webmd
https://www.webmd.com/food-recipes/features/fruit-salad-magic#1
Diakses 7 Juni.
Verywell fit
https://www.verywellfit.com/easy-fruit-salad-with-citrus-dressing-4141254
Diakses 7 Juni
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits#section8
Diakses 7 Juni
Harvard
https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/apples/#:~:text=One%20serving%2C%20or%20one%20medium,)%2C%20and%203%20grams%20fiber.
Diakses 7 Juni
Everydayhealth
https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/papayas-nutrition-benefits-risks-how-eat-more/#nutritionfacts
Diakses 7 Juni
Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/271232
Diakses 7 Juni
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Mengenal 11 Manfaat Buncis, Sayuran Lezat yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat buncis sangatlah beragam; dilengkapi banyak vitamin, zat mineral, hingga baik untuk kesehatan jantung. Beberapa dari Anda mungkin tidak menyangka, ternyata makanan kaki lima ini memiliki manfaat bintang lima.
23 Feb 2020|Fadli Adzani
Baca selengkapnya
Mengenal 11 Manfaat Buncis, Sayuran Lezat yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Tahukah Anda Manfaat Daging Ayam yang Sering Dikonsumsi?

Manfaat daging ayam untuk kesehatan sebenarnya jauh lebih beragam dari yang banyak orang tahu. Tidak hanya sebagai sumber protein, daging ayam juga mengandung gizi lainnya.
02 Apr 2020|Nina Hertiwi Putri
Baca selengkapnya
Tahukah Anda Manfaat Daging Ayam yang Sering Dikonsumsi?

Jangan Kaget, Ini Manfaat Pete untuk Kesehatan yang Berlimpah

Manfaat pete untuk kesehatan adalah mengobati asam lambung hingga menyehatkan organ penting di dalam tubuh. Selain itu, masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari makanan ini. Apa saja manfaat tersebut?
12 Feb 2020|Asni Harismi
Baca selengkapnya
Jangan Kaget, Ini Manfaat Pete untuk Kesehatan yang Berlimpah